• Home
  • News
  • Pengelolaan Sampah di Medan Mesti Melibatkan Masyarakat
KSP Makmur Mandiri
Senin, 16 Juli 2018 14:25:00

Pengelolaan Sampah di Medan Mesti Melibatkan Masyarakat

BAGIKAN:
IST|pelitabatak

Medan (Pelita Batak):

Paradigma pengelolaan sampah selama ini yang cenderung mengacu pada standar teknis pelayanan, mendasarkan perhitungan terhadap jumlah penduduk sudah tidak relevan, sudah saatnya paradigma ini diubah dengan menempatkan masyarakat sebagai subyek, sedangkan Pemerintah sebagai fasilitator. Hal ini disampaikan Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S. MSi yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Hukum Sulaiman Harahap, SH, M.Sp dalam membuka kegiatan Rapat Akhir Pembahasan Master Plan Manajemen Pengelolaan Persampahan Kota Medan di Ruang Rapat III Kantor Wali Kota Medan Jalan Kapten Maulana Lubis No 2, Senin (16/7).

Disampaikan Wali Kota, bahwa tantangan dalam mengelola sampah semakin berat. Mengingat semakin bertambahnya jumlah sampah di perkotaan sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk. Untuk itu pengelolaan sampah berbasis masyarakat akan menjadi prioritas utama Pemko Medan. Wali Kota yakin jika masyarakat dibangun kesadarannya dalam mengelola sampah secara mandiri tentu permasalahan sampah di kota ini akan tuntas.

"Tentunya kita semua menginginkan hunian yang bersih dan asri, kesadaran akan mengelola sampah yang baik dan benar harus terus dibangkitkan dalam pemikiran dan jiwa masyarakat Kota Medan demi terwujudnya Medan Zero Waste 2020," ujar Wali Kota.

Untuk itu, Pemko Medan menggandeng Lembaga asal Jepang, Institute For Global Environmental Strategies (IGES) dalam hal pengelolaan sampah di Kota Medan. Rencananya Iges akan membantu menyusun master plan terkait pengelolaan persampahan ini.

"Kita bersyukur IGES mau membantu kita dalam mengelolah persampahan dikota Medan, ini harus kita tindak lanjuti sehingga nantinya kita dapat mengelolah sampah secara sistemik dan terpadu," ujar Wali Kota.

Semantara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, H.M. Husni saat memimpin rapat mengatakan Master Plan ini nantinya, akan dibangun bersama dengan stakeholder terkait sehingga menjadi aksi nyata baik dari segi sarana dan prasarana, SDM dan kawasan yang menjadi titik-titik pengelolaan sampah.

"Ini akan menjadi strategi kita bersama dalam mewujudkan langkah yang kuat demi mewujudkan kota Medan yang bersih," ujar M.Husni.

Rapat ini juga dihadiri oleh Deputi Konsulat Jenderal Jepang di Medan Takeshi Aoki, Tim Institute For Global Environmental Strategies (IGES), Kepala OPD dan Camat, Para Akademisi dan praktisi lingkungan. (RF|TAp)

  BeritaTerkait
  • Warga Medan Harus Peduli dan Jaga Kelestarian Lingkungan

    2 tahun lalu

    "Menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan, dibutuhkan peran serta seluruh masyarakat dan stakeholder pembangunan. Buanglah jauh-jauh anggapan bahwa pengelolaan lingkungan hidup adalah sebuah beban. Justru mari tumbuhkan menjadi suatu inisiatif

  • Lomba Kebersihan Desa di Danau Toba Masuki Tahap Akhir

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Setelah sebelumnya pada bulan Februari 2017 yang lalu dilaksanakan penilaian lomba kebersihan, keindahan, dan kerapian antar Desa di pinggiran Danau Toba tahap pertama, lomba ter

  • Wali Kota Serahkan Pengelolaan Sampah Kepada Camat

    11 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi melimpahkan sebagian kewenangannya kepada camat dalam pelaksanaan urusan pemerintahan di bidang pengelolaan sampah. Dengan pelimpahan ya

  • Gubernur: Kerja Bersama Wujudkan Medan Bebas Sampah 2020

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyebutkan peringatan Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, jangan lagi hanya menjadi kegiatan seremonial belaka."Semoga

  • Toga Silitonga Orang Batak Warga Negara Jerman Berbagi Pengalaman di YPDT

    tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Membangun Sumberdaya Manusia (SDM) di Kawasan Danau Toba (KDT) mesti dimulai dengan membangun kesadaran. Hal tersebut adalah rekomendasi yang diungkap dan dikemas dalam Disku

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet