• Home
  • News
  • Pemprov Sumut Dinilai Tak Punya Komitmen Soal Nasib Kaldera Toba
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 29 November 2016 15:37:00

Tanggapi Sikap Kelompok Pakar GKT

Pemprov Sumut Dinilai Tak Punya Komitmen Soal Nasib Kaldera Toba

BAGIKAN:
Int|PelitaBatak
Prof Dr Polin LR Pospos

Medan (Pelita Batak) :
Pemprov Sumut termasuk Gubsu HT Erry Nuradi dinilai tidak memiliki komitmen yang jelas soal nasib Geopark Kaldera Toba, terkait pengajuan kembali menjadi anggota Taman Bumi (Global Geopark Network) GGN UNESCO.

"Semua hanya lips service. Segala macam lembaga dibentuk, tetapi anggaran tidak ada, kantor pun tak jelas. Itu maksudnya apa?” kata anggota Kelompok Pakar Geopark Kaldera Toba, Prof Dr Polin LR Pospos, kepada wartawan, Selasa (29/11/2016), ketika diminta tanggapan soal hasil pertemuan kelompok pakar, sehari sebelumnya.

Pakar ekonomi itu tampak tidak bisa menyembunyikan kekesalannya. “Saya sudah lama menyuarakan kekesalan ini. Sudah berulangkali kita ingatkan, sebuah lembaga tidak bisa melakukan apa-apa jika hanya bermodalkan SK pembentukan. Ada badan pelaksana, ada kelompok pakar segala macam? Kalau memang keberadaan kita di sana hanya untuk kosmetik, mempercantik komposisi, lebih baik saya mengundurkan diri,” ujarnya sembari menegaskan dirinya tak lagi berani berharap di era kepempinan Gubsu saat ini.

Polin LR Pospos mengakui, awalnya dirinya sangat antusias ketika diminta bergabung dalam kelompok pajar. “Saat itu saya mengapresiasi, bahwa pembentukkan badan pelaksana dan kelompok pakar merupakan sebuah langkah maju dan strategis dari Pemprov Sumut dalam upaya menjadikan Danau Toba diakui sebagai salah satu dari jaringan Taman Dunia atau Global Geoprak Network (GGN) UNESCO,” ujarnya.

Namun hari berganti bulan, bulan berganti tahun, SK tingal SK, tak ada tindak lanjut yang nyata. Namun kehadiran mereka, harus didukung dengan pendanaan dan fasilitas yang memadai untuk meyakinkan lembaga PBB tersebut. "Sampai detik ini, tak ada anggaran, tak ada kantor. Bagaimana bisa diharapkan lembaga ini bisa berbuat sesuatu, sementara tugas yang dibebankan berskala internasional, harus berhadapan dengan lembaga dunia seperti UNESCO. Ini kan tragis," katanya.

] Baca : Jangan Paksakan Pengajuan Dossier Geopark Kaldera Toba ke Unesco>>>

Polin mengatakan, sejak awal dirinya memang sudah menyimpan kecemasan karena memperoleh informasi, belum ada gambaran jelas dan terukur dari instansi seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Badan Lingkungan Hidup. Menurutnya, pertanggungjawaban gubernur yang mengeluarkan SK, sangat besar. Mengingat Danau Toba kini menjadi perhatian Pemerintah Pusat.

Ketika ditanya bagaimana dengan kabupaten di kawasan Danau Toba, Polin menyebut situasinya setali tiga uang. "Sama saja. Tidak jelas komitmen anggarannya. Kita tidak tahu, apakah persoalan Kaldera Toba ini masih mereka pikirkan atau tidak. Sejujurnya, saya sudah tidak bersemangat lagi. Saya memang serius mempertimbangkan untuk mengundurkan diri,” pungkasnya. (TAp/TN)

  BeritaTerkait
  • Dihadapan Jemaat HKBP Pearaja Tarutung, Ini Cerita Gubernur Tentang Kondisi Sumut

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bercerita tentang kondisi Sumatera Utara kepada Ephorus HKBP  Pdt Dr Darwin Lumban Tobing dan para jemaat HKBP di kantor P

  • Effendi Simbolon Silaturahmi ke Kelompok Cipayung Plus Sumut

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Anggota Komisi I DPR RI, Effendi Muara Sakti Simbolon bersilaturahmi dengan para pimpinan kelompok Cipayung Plus Sumatera Utara (Sumut) di Medan, Kamis (31/8/2017).Effendi Simbolo

  • Sarma Hutajulu : Kembalikan Air Danau Toba Sampai Airnya Layak Konsumsi

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRDSU) Sarma Hutajulu SH berpendapat, Pemerintah tidak bisa setengah hati dalam upaya

  • Seleksi Beasiswa Ke AS, Diminta Prioritaskan Siswa Berprestasi yang Kurang Mampu

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyambut baik kelanjutan program kerjasama beasiswa dari San Matteo Colleges of Silicon Valley, Amerika Serikat.  

  • Saut Situmorang Ajak Mahasiswa Tanamkan Kejujuran dan Integritas

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wakil Ketua Komisi Pemerantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang bersama Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menghadiri Seminar Nasional Fakultas Hukum Universitas Pe

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb