KSP Makmur Mandiri
Rabu, 22 Mei 2019 16:02:00

Pemko Medan Raih Opini WDP

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2018 di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (22/5). Laporan tersebut diserahkan langsung Kepala BPK RI Perwakilan Sumut Dra Ambar Wahyuni MM.

LHP yang diserahkan tersebut merupakan hasil audit yang dilakukan auditor BPK  terhadap laporan keuangan Pemko Medan Tahun Anggaran 2018 usai diserahkan Wali Kota, Rabu (27/3) lalu. Dalam LHP ini, Pemko Medan menerima predikat penilaian opini wajar dengan pengecualian (WDP).

Selain Kota Medan, ada sejumlah daerah lain di Sumut yang juga menerima LHP dari BPK Perwakilan Sumut diantaranya Kabupaten Langkat, Labuhan Batu, Nias, Tapanuli Tengah, Padang Lawas serta Nias Utara. Sebelum menerima LHP, Wali Kota, Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Ramli dan Kepala BPK RI Perwakilan Sumut terlebih dahulu menandatangani berita acara penyerahan laporan keuangan.

Mewakili kepala daerah yang hadir untuk menerima LHK, Wali Kota dalam sambutannya mengatakan, Pemko Medan telah menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018 secara optimal sehingga dapat menjadi refleksi tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel.



"Hampir 3 bulan Tim Auditor BPK RI Perwakilan Sumut melakukan pemeriksaan atas LKPD di Sumut, termasuk di Kota Medan. Tentunya kami menyambut baik atas pemeriksaan yang dilakukan," kata Wali Kota.

Selanjutnya dokumen LHP yang diterima tersebut, jelas Wali Kota, akan menjadi rekomendasi dan pedoman bagi Pemko Medan  maupun kabupaten/kota lainnya dalam rangka menyajikan dan mengelola keuangan daerah yang sesuai standar penyusunan dan pengelolaan.

"Dokumen (LHP) ini menjadi rekomendasi bagi setiap daerah untuk menyajikan LKPD yang sesuai standar akuntasi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta efektivitas sistem pengendalian internal," ungkapnya.

Menyikapi predikat WDP yang diterima Pemko Medan, Wali Kota selanjutnya mengatakan hal tersebut menjadikan semangat bagi Pemko Medan dan seluruh jajaran untuk lebih bersinergi dalam mewujudkan tata kelola keuangan yang lebih baik, transparan dan akuntabel. Dengan harapan meningkatnya mutu pelayanan publik yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat Sumut, khususnya Kota Medan.

Di kesempatan itu Wali Kota menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kinerja BPK RI Perwakilan Sumut yang telah melakukan audit pada keuangan setiap daerah di Sumut, termasuk Pemko Medan. Dikatakannya, predikat maupun opini yang diterima bukanlah tujuan akhir dalam menyajikan laporan.

"Opini merupakan awal konsistensi setiap pemerintah daerah dalam menunjukkan tradisi transparansi dan akuntabilitas yang harus dipertahankan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera," pungkasnya.

Sedangkan Kepala BPK RI Perwakilan Sumut Dra Ambar Wahyuni MM minta kepada seluruh kepala daerah di Sumut untuk menindaklanjuti dokumen LHP sebagai acuan dan rekomendasi dalam mengelola keuangan daerah masing-masing agar  lebih baik lagi sehingga dapat memperoleh penilaian WTP.

"Kami berharap, segala saran dan rekomendasi yang terdapat dalam LHP dapat menjadi pedoman bagi setiap daerah dalam mengelola serta menyajikan laporan keuangan yang lebih baik lagi. Dengan demikian, LKPD pada tahun- tahun mendatang dapat meraih predikat WTP," harapnya Ambar. (KU|TAp).
  BeritaTerkait
  • Pemko Medan Raih Opini WDP

    11 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Pemko  Medan mendapat penilaian opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Sumut atas hasil pemeriksaan Laporan K

  • Gubernur Sumut Pesan Agar Siswa Raih Prestasi dan Jaga Nama Baik Sumut

    3 tahun lalu

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi berpesan, atlet yang mewakili Sumut ke ajang Olimpiade Olahraga Nasional (O2SN) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tidak hanya berlomba mengukir prestasi, tetapi juga sekaligus menjaga nama baik Sum

  • Kelima Kalinya, Taput Raih Opini WTP dibawah Kepemimpinan Bupati Nikson Nababan

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Bupati Taput Drs Nikson, M. Si bersama Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara Poltak Pakpahan dan seluruh Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Utara didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten

  • Ir Ronald Naibaho : Pemanfaatan Jalan di Kota Medan Harus Pada Fungsinya

    3 tahun lalu

    Kesadaran masyarakat perkotaan, khususnya Kota Medan dalam memanfaatkan jalan dan trotoar masih butuh perhatian. Pengembalian fungsi jalan perlu dilakukan untuk mengurangi tingkat kemacetan di inti kota. Saat ini, masih ada yang memanfaatkan badan jalan u

  • Oktober, Pembangunan Underpass Katamso Dimulai

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Direncanakan pembangunan Underpass Katamso akan dimulai Oktober 2016. Kemudian diikuti dengan perbaikan simpang Jalan Karya Jaya dan rigid pavement (pembetonan) Jalan Sisingamangaraja Medan mulai Simpang Marindal sampai batas kota.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb