• Home
  • News
  • Pemko Medan Ajak Masyarakat Karo Aktif Dukug Pembangunan
Senin, 18 Juli 2016 15:41:00

Pemko Medan Ajak Masyarakat Karo Aktif Dukug Pembangunan

BAGIKAN:
Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution menghadiri Pesta Rakyat Merga Silima dalam rangka HUT Kota Medan di Komplek Citra Garden Medan.

Medan (Pelita Batak)
Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak seluruh masyarakat Karo di Kota Medan untuk terlibat  aktif dalam pembangunan . Eldin dan seluruh jajaran Pemko Medan minta didukung penuh dalam rangka menata ibu kota Provinsi Sumatera Urara ini agar mejadi lebih baik lagi ke depannya. Sebab, mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu telah berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi kota yang memiliki luas lebih dari 26 ribu hektar tersebut.

Ajakan ini disampaikan Wali Kota melalui Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi ketika menghadiri pesta rakyat yang digelar Dewan Pimpinan Daerah Pemuda Merga Silima (DPD PMS) Kota Medan di di Komplek Citra Garden Jalan Jamin Ginting Medan, Sabtu (16/7) malam. Pesta rakyat ini digelar dalam rangka merayakan Hari Jadi ke-426 Kota Medan.

Menurut Akhyar, membangun bukan pekerjaan yang mudah. Untuk itulah diperlukan dukungan seluruh lapisan masyarakat, termasuk masyarakat Karo Kota Medan guna mewujudkan pemabngunan tersebut Dukungan itu bisa dilakukan dalam bentuk menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan, tertib dalam berlalu lintas serta mematuhi peraturan yang ada.

Di samping itu lagi tambah Akhyar, saling mempererat jaringan ketetangggan agar terwujud masyarakat yang solid di 2001 lingkungan yang ada di seluruh penjuru Kota Medan. “Saya berharap seluruh warga semakin solid dan bersatu. Kemudian harus lebih mencintai kota ini sebagai rumah kita yang harus terus diperindah. Mari kita bersama-sama bergotong royong dalam membangun Kota Medan,” kata Akhyar.

Selanjutnya Akhyar mengungkapkan, masyarakat Karo merupkan salah satu etnis yang terpenting diSumatera Utara, khususnya Kota Medan. Apalagi diketahui bahwa yang pertama kali menemukan Kota Medan adalah orang Karo yakni Guru Patimpus Sembiring Pelawi. Itu sebabnya keteterlekatan antara Medan dengan masyarakat Karo sangatlah erat.

Terkait  dengan pesta rakyat yang digelar DPD PSMS Kota Medan, Akhyar  menyampaikan apresiasinya. Sebab, esensi dari kegiatan ini mengajak untuk mencintai budaya, terutama budaya Karo itu sendiri. “Mari kita cintai budaya dan kota kita ini seperti mencintai diri dan keluarga kita sendiri,” pesannya.

Terakhir Akhyar berharap. Langkah yang dilakukan DPD PMS Kota Medan ini dapat menular dengan organisasi-organisasi lainnya yang ada di Kota Medan. Artinya, masing-masing organisasi yang ada juga membuat kegiatan untuk merayakan Hari Jadi Kota Medan layaknya seperti merayakan Hari Kemerdekaan RI.

Pesta rakyat ini mendapat apresiasi penuh dari warga, terutama masyarakat Karo. Selain digelar di wilayah yang didominasi masyarakat Karo, Merga Silima Arts Culture yang mengusung event ini memfokuskan petunjukan seni berbasis budaya Karo. Selain menampilkan sejumlah penyanyi top Karo seperti Averia Br Barus dan Maharani Br Tarigan, pertunjukan juga dimeriahkan dengan atraksi seni bela diri tradisional Karo serta Tarian Tongkat yang mempu menghipnotis lebih dari seribu pengunjung tersebut.

Ketua DPD IPK Kota Medan, Thoma Purba yang turut menghadiri pesta rakyat tak ketinggalan menyumbangkan dua lagu berjudul Ngarap Gestung Api Bas Lau dan Bento. Malah saat membawakan lagu Bento  yang dipopulerkan Iwan Fals tersebut, aplaus meriah pengunjung cukup tinggi kepada Thomas.

Ketua DPW PMS Sumut, Paham Sebayang memberikan  apresiasi setinggi-tingginya kepada DPD PMS Kota Medan yang telah menggelar pesta rakyat ini.Diharapkannya, termasuk seluruh pihak yang telah mendukung sehingga psta rakyat dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kemudian Paham tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakil Wali Kota Medan yang telah hadir di pesta rakyat tersebut.

"Terima kasih atas kehadiran Pak Wakil Wali Kota. Seluruh pengurus dan anggota PMS siap mendukung penuh seluruh program pembangunan yang tengah dijalankan Bapak Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” tegaas Paham.(TAp)

  BeritaTerkait
  • Wapres Buka Musyawarah Masyarakat Adat Batak 2016

    tahun lalu

    Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengatakan, perbedaan suku, adat istiadat dan agama justeru membuat Indonesia kuat. Perbedaan tersebut juga merupakan kekayaan khazanah bangsa yang tidak dimiliki bangsa lain.

  • Pemuda Masa Kini Dituntut Memiliki Kemampuan Jurnalistik

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Keberadaan pemuda yang sentral saat ini dituntut untuk menjadi agen perubahan dalam merespon perkembangan media dan jurnalistik yang begitu pesat. Untuk itu melalui Pendi

  • Akhyar Nasution Bukber Warga Medan Belawan

    6 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi berbuka puasa bersama dengan masyarakat Medan Belawan, di Masjid Al Istiqomah jln TM Pahlawan, Kec. Medan Belawan, Rabu (31/5).Program

  • Akhyar Nasution Ajak Masyarakat Medan Amplas dukung Program Pembangunan Kota

    6 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi mengajak masyarakat Kecamatan Medan Amplas untuk memperkuat komitmen dan meningkatkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat dalam men

  • Wawako Ir Akhyar Nasution Ajak Warga Medan Tuntungan Tunaikan Zakat

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution Msi melakukan Safari Ramadhan di Masjid Taqwa, Jalan bunga melati, Kelurahan Kemenangan Tani, Medan Tuntungan, Senin (12/6/2017). Selain&

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online