• Home
  • News
  • Pemko Bangun Program e-Office di Medan
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 23 Desember 2016 17:01:00

Pemko Bangun Program e-Office di Medan

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak

Medan (Pelita Batak) :
Pemko Medan tengah merancang sistem elektronik office (e-office) pada tatanan sistem pemerintahan di Kota Medan. Aplikasi yang akan dibangun nantinya akan diterapkan untuk mendukung pelaksanaan sistem administrasi perkantoran, manajemen kinerja, serta manajemen pelayanan publik.

Perkembangan sistem teknologi informasi yang semakin tidak terbendung, menyebabkan kebutuhan akan teknologi informasi di dunia pemerintahan terus meningkat. Pemko Medan terus menggenjot penggunaan teknologi dalam tata kelola pemerintahan.

“Saat ini Pemko Medan melalui Balitbang Kota Medan sedang mempersiapkan kajian program e-office sebagai bagian dari e-governnace tidak terelakkan untuk dilaksanakan sebagai respon tuntutan era informasi dewasa ini,” ujar Walikota Medan Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si yang diwakili oleh Kepala Balitbang Kota Medan, Drs. Hasan Basri, MM dalam pembukaan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) “Penerapan E-Office di Pemerintahan Daerah, Menuju Medan Kota Kelas Dunia, Jumat (23/12) di Ruang Rapat II, Kantor Walikota Medan.

Hal ini sesuai dan sejalan dengan visi mis Walikota Medan Drs. H T Dzulmi Eldin, yang tertuang dalam RPJMD Kota Medan 2016-2021 dimana salah satunya menjalankan program Smart City sebagai langkah menuju Medan Kota kelas Dunia.

Menurutnya aplikasi E-Office ini nantinya akan memperkaya aplikasi-aplikasi online yang telah terlebih dahulu diterapkan di Kota Medan seperti SIMPEG, SIMDA, SIRUP, E-Billing, Perpustakaan Digital I-Medan, serta aplikasi Medan Rumah Kita. Untuk itu ia berharap melalui kegiatan FGD ini akan dihasilkan pemikiran-pemikiran dari peserta forum untuk disampaikan kepada pimpinan sebagai persiapan pematangan rancangan sistem aplikasi E-Office ini.

Dalam FGD ini bertindak sebagai narasumber akademisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU, Tetty Yuliaty, SE, M.Si, Baihaqi Siregar dari Ilmu Teknologi Komunikasi USU, serta Sajadi Sembiring dari Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kota Medan sebagai pembanding.

Dihadapan peserta yang terdiri dari akademisi serta seluruh SKPD lingkup Pemko Medan, Tetty Yuliaty menyebutkan E-Office ini sebagai salah satu indikator menuju World Class City melalui perbaikain sistem birokrasi di pemerintahan daerah.

“Umumnya saat ini aplikasi E-Office di Indonesia masih kurang dikenal padahal nantinya  aplikasi ini akan mampu membantu meningkatkan produktifitas kerja pegawai dalam administrasi perkantoran serta mempercepat pelayanan publik kepada masyarakat.,” ungkap Tetty.

Sementara itu, Baihaqi menambahkan bahwa program ini harus didukung oleh infratsruktur sistem yang memadai. Hal ini untuk kegagalan sistem yang disebabkan oleh infrastruktur pendukung. Selain itu dirinya menambahkan bahwa Pemko Medan perlu memperhatikan sistem keamanan dari program ini menghindari penyalahgunaan data oleh pelaku cyber war.

Sebagai pembanding, Sajadi Sembiring memaparkan 4 permasalahan yang perlu diperhatikan Pemko Medan dalam mewujudkan Medan kota kelas dunia yakni pelaksana sistem manajemen pemerintahan yang belum berjalan efektif, tingginya praktek pungli dalam sistem pelayanan, penerapan e-service yang belum berjalan, serta dampak penerapan e-government yang belum dirasakan maksimal.

Sebelumnya dikatakan Sekretaris Balitbang Kota Medan, Dra. Siti Mahrani selaku panita, rencananya program ini akan dijalankan 2017 mendatang seiring dengan penerapan kebijakan reformasi birokrasi yang mewajibkan setiap proses kegiatan perkantoran bertransformasi dari sistem konvensional ke sistem otomatisasi. (TAp)

  BeritaTerkait
  • Wirya Alrahman Sekda Kota Medan

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi melantik Kepala Bappeda Kota Medan Ir Wirya Alrahman MM menjadi Sekda Kota Medan menggantikan Ir H Syaiful Bahri Lubis di Balai Kota Med

  • Eldin : Jangan Ada yang Coba Keluar !

    3 tahun lalu

    Pemko Medan menggelar rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan Kota tahun 2016 sampai semester I di Grand Aston Hotel Medan, Senin (15/8/2016). Selain untuk mengetahui secara lengkap apa yang sudah dikerjakan dan belum belum

  • Lagi, Investor Taiwan Siap 'Bermain' di Medan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima kunjungan Director Administration Taipei Economic and Trade Office (TETO) Indonesia, Tseng Wei-ming (Andy) di rumah dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Rabu (31/8). Selain ingi

  • PKK Kota Medan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Pemko Medan menyadari tidak semua program dan kegiatan yang ditetapkan dapat dilaksanakan sepenuhnya, melainkan akan lebih efektif apabila dilaksanakan melalui dukungan dan membangun kerjasama dengan PKK. Sebab, keberadaan dan kip

  • Tahun Baru Islam Momentum Untuk Hijrah

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak seluruh jajarannya di lingkungan Pemko Medan untuk menjadikan peringatan Tahun Baru Islam 1438 H ini, sebagai momentum untuk hijrah (pindah) menjadi yang lebih baik lagi, terutam

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb