• Home
  • News
  • Pemkab Galakkan Pertanian Tepat Sasaran di Hutaginjang Silando Kecamatan Muara
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 23 Desember 2016 06:02:00

Pemkab Galakkan Pertanian Tepat Sasaran di Hutaginjang Silando Kecamatan Muara

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Bupati Taput dan Ketua DPRD saat melakukan penanaman perdana kentang

Muara (Pelita Batak) :
Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan didampingi Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara Ir. Ottoniyer Simanjuntak dan beberapa SKPD lakukan penanaman perdana kentang jenis Grafika. Kegiatan ini di fasilitasi Perusahaan Daerah Pertanian bagi 28 kelompok tani, di lokasi perladamgan 6 hektar di Desa Hutaginjang Silando Kecamatan Muara, Senin (19/12/2016).

"Jangan sia siakan lahan yang ada, yang telah kita perjuangkan untuk kembali kepada rakyat yang tadinya masih lokasi hutan. Apa yang kita programkan bukan untuk kepentingan saya tetapi untuk masyarakat, jadi manfaatkan dengan baik, baik pupuk bersubsidi bayar pasca panen, handtraktor,bibit, IP 2, pasar lelang. Khusus untuk IP 2 ini, kita canangkan untuk bertambah terus karena kebutuhan beras akan terus meningkat," jelasnya.

Ia mengatakan, sangat mendukung pengembangan bawang merah di kawasan itu, karena kebutuhan akan bawang merah akan terus bertambah seperti halnya cabai merah. "Jadi bekerja keraslah dan pintar melihat permintaan pasar sehingga kita bisa menjadi petani sukses,"ujar Nikson.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa dalam hal ini harus ada sinergi antara Perusahaan Daerah Pertanian, Dinas Pertanian, para Gapoktan dan Penyuluh Pertanian. Petani diarahkan apa kebutuhan pasar yang sangat mempengaruhi inflasi seperti padi, bawang merah dan cabai merah. Jadi ciptakan kebersamaan, bekerja merasakan untuk meraih cita cita bersama mewujudkan Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan.

Ketua DPRD Ir. Ottoniyer Simanjuntak dalam kesempatan itu menyampaikan kepedulian Bupati kepada petani kita sambut dengan bekerja keras. "Lakukan dengan baik, tumbuhkan kepercayaan Pemerintah untuk terus membuat terobosan-terobosan sehingga program pertanian bisa berkelanjutan,"ujar Ottoniyer.

Salah seorang perwakilan Dusun Hutaginjang Welseng Simaremare menyampaikan rasa bangga akan kehadiran Bupati. "Baru pertama sekali kami merasa istimewa diperlakukan Bupati, turun langsung ke ladang kami untuk menanam kentang dan kami yakin ini akan memberikan pencerahan menuju kesejahteraan masyarakat Hutagalung," ujarnya.

Selanjutnya Osten Oppusunggu menyampaikan bahwa penanaman perdana ini merupakan awal kebangkitan bagi pertanian kami. Semua karena motivasi dari bapak, disamping padi, masyarakat sudah semakin giat dalam bertani, baik kopi, kentang dan tanaman lainnya. "Terimakasih pak Bupati, sungguh besar perhatian bapak kepada petani," ujar Osten mengakhiri.

Pada kesempatan itu, Bupati Taput bersama Ketua DPRD juga lakukan penanaman kentang perdana pada lahan seluas 6 hektar.Sekaligus menyerahkan bantuan alsintan, bibit kopi dan bantuan lainnya.


Perusahaan Daerah Pertanian sudah banyak melakukan terobosan, seperti pupuk bersubsidi bayar pasca panen, pengolahan lahan dengan 2 unit traktor telah mencapai 261,5 hektar dan terobosan lainnya.(TAp/rel)

  BeritaTerkait
  • Diduga Milik Pribadi, Proyek APBD Tobasa Melimpah ke Objek Wisata Bukit Holong

    2 tahun lalu

    Tobasa(Pelita Batak): Berbagai proyek pembangunan di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) sejak tahun 2010 hingga 2012 dinilai salah sasaran. Harusnya untuk kepentingan rakyat banyak, namun patut diduga

  • Tambang Emas Martabe Raih Lima Penghargaan CSR Indonesia Awards 2018

    tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe berhasil meraih total lima penghargaan pada ajang CSR Indonesia Awards 2018 di Hotel Savoy Homann Bidakara, Bandung, Jawa

  • Wisata Bangkit, Pertumbuhan Ekonomi Meningkat

    9 bulan lalu

    MASYARAKAT patut berbangga hati, di era pemerintahan Drs Nikson Nababan MSi sebagai Bupati Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) dan Ibu, Sartika Simamora sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dek

  • Melalui Kedaulatan Pangan dan Ekonomi Kerakyatan Menuju Humbang Hasundutan Hebat dan Bermentalitas Unggul

    satu bulan lalu

    PendahuluanKITA patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kini Kabupaten Humbanghasundutan usianya mencapai 16 Tahun setelah terbentuk menjadi daerah pemekaran otonomi daerah baru salah satunya di I

  • Buka FDT 2016, Pagar Betis Siswa Puluhan Kilo Meter Sambut "Karnaval Pejabat"

    3 tahun lalu

    Muara (Pelita Batak) :<br></br> Pembukaan Festival Danau Toba 2016 di Muara, Tapanuli Utara berlangsung dengan "karnaval pejabat". Ratusan siswa/siswi SMA menjadi pagar betis sepanjang jalan dari Bandara Silangit hingga lokasi acara

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb