• Home
  • News
  • Pelantikan Ketua Apdesi, Wakil Bupati Toba Samosir Minta Tertib Tata Kelola Keuangan Desa Dengan Taat Pajak
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 20 September 2018 13:54:00

Pelantikan Ketua Apdesi, Wakil Bupati Toba Samosir Minta Tertib Tata Kelola Keuangan Desa Dengan Taat Pajak

BAGIKAN:
Maria Sitorus
Wakil Bupati Toba Samosir Hulman Sitorus mangulosi Ketua Umum DPD APDESI Zainun K
Tobasa  (Pelita Batak): Pengurus DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) Kabupaten Tobasa Periode 2018-2023 dilantik oleh Ketua Apdesi DPD Provinsi Sumatera Utara Pelantikan ketua sekaligus pengurus tersebut dilaksanakan di  Gedung Pendopo Kabupaten Tobasa , Kamis 20 September 2018.

Wakil Bupati Tobasa , Hulman Sitorus  dalam sambutannya mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi atas dilantiknya ketua beserta pengurus Apdesi yang baru. Wakil Bupati berharap, dengan dilantiknya pengurus APDESI , bisa menjalankan tugas sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku.

"Saya ucapkan selamat atas pelantikan ketua dan pengurus Apdesi Kabupaten Tobasa.  Semoga kehadirannya di tengah masyarakat selalu menjadi oase dan penyejuk bagi warga masyakat. Saya meminta Ketua DPC Apdesi yang baru dilantik untuk tidak memikirkan bagaimana organisasi Apdesi dibesarkan, tetapi seiring berkembangnya organisasi kepentingan masyarakat juga harus diprioritaskan," kata Hulman. 

Hulman melanjutkan, penyelenggaraan pemerintah desa sebagai mana diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa memiliki peran yang strategis dalam pengaturan masyarakat desa dan keberhasilan pembangunan nasional. Kepala Desa sebagai penanggung jawab harus mampu mengelola keuangan desa seperti mensosialisakan masyarakat untuk  taat pajak. 

Dikatakannya   dalam acara Pelantikan Pengurus APDESI Kabupaten Tobasa Periode 2018-2023. "Dengan adanya Undang-undang tersebut, tentunya harus menjadi sebuah motivasi yang kuat dari para kepala desa dalam meningkatkan pembangunan desa, merangsang pertumbuhan ekonomi, serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa," terangnya.

Bantuan desa yang dialokasikan oleh pemerintah pusat saat ini seperti diketahui mencapai miliaran rupiah. "Saya berharap Apdesi bisa mensinergikan pemerintahan desa dengan pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan pembangunan demi terwujudnya kesejahtraan masyarakat desa khususnya di Kabupaten Tobasa," kata Wakil  Bupati.

Dalam pelantikan Ketua Apdesi tersebut hadir  Wakil Bupati, Sekdakab Tobasa,  Forkopimda Kabupaten Tobasa , para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Kabupaten Toba Samosir, Ketua DPD Apdesi Provinsi Sumut, Kepala Desa Se-Kabupaten Tobasa, beserta tamu undangan lainnya.

Acara berakhir usai pemberian cenderamata kepada lembaga dan instansi yang ikut serta mendukung organisasi APDESI.(Maria) 
  BeritaTerkait
  • Wirya Alrahman Sekda Kota Medan

    4 hari lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi melantik Kepala Bappeda Kota Medan Ir Wirya Alrahman MM menjadi Sekda Kota Medan menggantikan Ir H Syaiful Bahri Lubis di Balai Kota Med

  • Dilantik Bupati, Drs Tonny Sihombing Jabat Sekda Dan Makden Sihombing Plt Asisten 1 Pemkab Humbahas

    6 bulan lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE lantik Sekdakab Humbahas Drs Tonny Sihombing MIP, Jumat 4 Mei 2018, bertempat di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul. Tonny Sihombin

  • Ribuan Masyarakat Hadiri Syukuran Tahun Baru 2018 di Bukit Inspirasi Doloksanggul

    9 bulan lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Ribuan masyarakat dari berbagai elemen hadiri acara syukuran tahun baru 2018 yang dilaksanakan di Perkantoran Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat 12 Januar

  • Ini Dia 130 Perda yang Telah Dicabut di Sumatera Utara

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak): Pemerintah memberi perhatian serius terhadap peraturan daerah (perda) yang bertentangan dengan aturan yang di atasnya dan yang menghambat investasi. Telah dihapus 3.143 perda.

  • Komisi A DPRD Sumut Gelar RDP Bersama Bupati Tobasa, Direksi BODT, Dishut Provsu Bersama Masyarakat Adat Marga Butarbutar Sigapiton

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Menindaklanjuti aspirasi masyarakat terkait sengketa lahan seluas 500 hektar antara masyarakat adat Desa Sigapiton, Sibisa dan Motung sekitarnya dengan Badan Pelaksana Otorita Par

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb