• Home
  • News
  • Pejabat Pemprovsu Dibekali Capacity Building & Teamwork
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 13 Desember 2016 16:51:00

Pejabat Pemprovsu Dibekali Capacity Building & Teamwork

BAGIKAN:
ist|PelitaBatak

Medan (Pelita Batak) :
Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) kian gencar dan berbenah guna mewujudkan pemerintahan yang bersih, bebas dari KKN. Salah satunya dengan memberikan pembekalan Training Capacitiy Building & Teamwork kepada para pejabat eselon II di Pemprovsu. Salah satu penyebab terjadi korupsi karena sistem pelayanan publik yang masih bersifat manual dan juga mental aparatur sipil yang tidak baik.


"Berdasarkan indeks persepsi korupsi Indonesia baru mencapai 36 jauh dibawah malaysia 50 dan Singapura 80 lebih. Dan kondisi yang terjadi saat ini di Indonesia kita lihat juga banyak pejabat yang terkena kasus korupsi. Dan ternyata inti dari permasalah itu adalah sistem yang harus diperbaiki dan mental yang tentu harus diperbaiki lebih baik lagi,"ujar Gubernur Sumatera Utara (Gubsu)  HT Erry Nuradi saat membuka Training Capacity Building & Team Work yang di gelar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut bekerja sama dengan ESQ Leadership Center di Aula Martabe Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan Sabtu dan Minggu (10-11/12).

Hadir dalam kegiatan ini pendiri ESQ Leadership Center Ary Ginanjar Agustian dan tokoh masyarakat Sumut Djohar Arifin Husin dan pejabat eselolan II Pemprovsu diantaranya Plt Kepala BKD Kaiman Turnip, Kadispenda Sarmadan Hasibuan, Kadiskanla Zonny Waldi, Kadis Pariwisata E Marbun, dan Kepala Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Ferlin Nainggolan dan seluruh SKPD.   

Training Capacity Building dan Team Work, kata Gubsu Erry, sangat relevan dengan kondisi di Sumut saat ini khususnya bagi jajaran SKPD di Pemprovsu. Saat ini Pemprovsu lanjut Erry, sedang melaksanakan program Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah). Sejumlah rencana aksi program Korsupgah) telah dan akan dilaksanakan salah satunya dengan menerapkan segala bentuk pelayanan publik berbasis elektronik.

"Oleh karenanya perpaduan ESQ dengan pogram-program Korsupgah yang telah kita laksanakan cukup baik sekali. Jadi ada perubahan sistem yang harus dilakukan dan tentu saja manusianya. Hari ini secara khusus pak Ary Ginajar datang kepada kita. Saya berharap seluruh peserta bisa mengikuti acara ini dengan sebaik baiknya,"harap Erry.

Menurut Gubsu hal terpenting dari pada mengobati adalah melakukan pencegahan. Seperti akibata penyakit kita harus mengeluarkan uang banyak, alangkah lebih baik sebelum sakit dan mengeluarkan uang cukup banyak melakukan pencegahan. Oleh karenanya saat ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama penegak hukum lainnya lebih mengendepankan program pencegahan dari pada penindakan.

"Program Korsupgah harus terintergrasi dengan kegiatan. Mudah-mudahan membawa perubahan yang lebih baik untuk Sumut. Karena kalau kita mau berubah, hari ini harus lebih baik dari kemarin. Hari esok harus lebih baik dari hari ini. Mari kita bersihkan hati kita. Mari tegakan intergritas kita, karena intergritas nilainya diatas dari kujujuran. Mari kita bekerja secara profesional sesuai dengan tupoksi kita masing-masing. Saya yakin kalau ini bisa kita laksanakan, maka Sumut akan berubah, akan bangkit dan paten,"pungkasnya.

Sementara itu Ketua Panitia sekaligus Plt Kepala BKD, Kaiman Turnip mengatakan pelatihan ESQ kepada pejabat struktural eselon II bertujuannya sebagai bahan komunikasi dan interaksi, baik secara emosional, intelektual, yang bermuara pada Emotional Spiritual Quotient (ESQ).

"Tujuannya bagaimana kita mampu membangun karakter tiga potensi yakni intelektual, emosional spritual dan kecerdasan yang kita kenal sebagai ESQ. Kegiatan ini diikuti 65 pejabat eselon I, II dan III. Kita harapkan pejabat terkait dapat implementasikan nilai dan makna yang didapat dari pelatihan ESQ ke dalam SKPD masing-masing,"ujarnya.(TAp)

 

 

  BeritaTerkait
  • Pengajar PAUD Diharapkan Berikan Pendidikan Terbaik

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi meminta dan berharap para pengajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memberikan pendidikan terbaik bagi anak didik atau anak asu

  • Pemprov Sumut Diminta Segera Ambil Alih Lahan di Bandung

    3 tahun lalu

    Santer disorot publik Sumut kini adalah adanya tanah seluas 3.000 meter persegi, di jalan Batu Tulis III, Kelurahan Batu Nunggal, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, yang terdaftar sebagai aset pemerintah provinsi Sumut. Terkait tanah ini, Komisi C menda

  • Marandus Sirait : Hutan Kemasyarakatan Memerlukan Kerjasama

    3 tahun lalu

    Keberhasilan pengelolaan hutan kemasyarakatan memerlukan kerjasama dengan barbagai pihak sehingga tujuan akhirnya berupa peningkatan kesejahteraan masyarakat bisa dicapai.

  • Nabari Ginting Apresiasi Upaya Gubsu Jalin Komunikasi dengan Para Purnabakti Pejabat Pemprov

    3 tahun lalu

    Para Purnabakti Pejabat (mantan pejabat) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (sumut) mendukung kepemimpinan Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi MSi untuk membangun Sumut menjadi provinsi yang lebih baik. Hal itu disampaikan mantan

  • Buka FDT 2016, Pagar Betis Siswa Puluhan Kilo Meter Sambut "Karnaval Pejabat"

    3 tahun lalu

    Muara (Pelita Batak) :<br></br> Pembukaan Festival Danau Toba 2016 di Muara, Tapanuli Utara berlangsung dengan "karnaval pejabat". Ratusan siswa/siswi SMA menjadi pagar betis sepanjang jalan dari Bandara Silangit hingga lokasi acara

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb