• Home
  • News
  • Pegawai Puskesmas Dilatih Wujudkan Tata Kelola Pelayanan Prima
Senin, 16 Oktober 2017 19:03:00

Pegawai Puskesmas Dilatih Wujudkan Tata Kelola Pelayanan Prima

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Pemerintah Kota Medan melalui Badan Kepegawaian Daerah Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kota Medan menggelar Diklat Manajemen Puskesmas Bagi ASN Puskesmas Se-Kota Medan, Senin (16/10) di Hotel Grand Kanaya Medan.

Diklat ini didasarkan dengan kondisi kebutuhan masyarakat Kota Medan akan layanan kesehatan semakin tinggi, terutama bagi masyarakat Kota Medan yang aksesnya masih jauh dari rumah sakit.

Hal inilah yang sedang diupayakan Pemerintah Kota Medan untuk meningkatkan layanan kesehatan di seluruh Puskesmas yang ada di Kota Medan.

Walikota Medan Dzulmi Eldin diwakili Staff Ahli Walikota Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Tunggar, SH, ketika membuka diklat mengapresiasi upaya yang dilakukan BKDPSDM Kota Medan, karena diketahui bersama bahwa Puskesmas adalah Garda terdepan dalam pelayanan kesehatan di Kota Medan ini.

Ini juga menunjukkan adanya sinergitas hubungan antara Dinas Kesehatan Kota Medan selaku stakeholder penyedia layanan kesehatan, serta BKDPSDM Kita Medan sebagai penyedia layanan peningkatan SDM ASN dalam mewujudkan standar manajemen Puskesmas yang diharapkan.
Menurutnya diklat khusus seperti ini sangatlah dibutuhkan bagi pegawai yang bekerja melayani di Puskesmas Kota Medan terutama dalam menunjang program kegiatan Puskesmas dalam memberikan layanan kesehatan yang prima kepada masyarakat.

Walikota berharap diklat ini semakin meningkatkan kemampuan Pegawai Puskesmas, khususnya Kepala Puskesmas dalam mengelola manajemen di Puskesmas tempatnya bekerja. Manajemen Puskesmas yang dijalankan nantinya harus mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang selama ini masih dianggap lamban penanganan penyelesaiannya. 

"Manajemen Puskesmas nantinya harus lebih kuat dan berorientasi pelayanan prima. Jangan sampai urusan masyarakat banyak terbengkalai hanya karena sistem manajemen Puskesmasnya yang buruk," ujar Walikota.

Untuk itu Walikota meminta Kepala Puskesmas dan staffnya agar dapat mengikuti diklat ini dengan baik, dan bisa memahami hakikat manajemen Puskesmas yang berorientasi penuh pada pelayanan masyarakat. 

"Keberhasilan tugas Puskesmas sangat tergantung pada Pengelolaan Puskesmas. Oleh karena itu sama-sama kita wujudkan layanan kesehatan yang prima. Yang terpenting melayani dengan ketulusan hati," lanjutnya.

Hadir dalam pembukaan diklat tersebut Kadis Kesehatan Kota Medan, drg. Usma Polita Nasution, Kepala UPT Pelatihan Kesehatan Sumut, Dr. Ahmad Rifai Nasution, serta fasilitator pelatih.

Sementara itu Panitia Pelaksana Kepala BKDPSDM Kota Medan, Lahum, SH, MM, yang diwakili Kabid PSDM, Harun Sitompul mengatakan bahwa diklat ini dilaksanakan sejak tanggal 16 hingga 27 Oktober 2017 dimana akan diikuti sebanyak 60 orang Pegawai Puskesmas yang terdiri dari Kepala Puskesmas dan staff penyusun program layanan kesehatan.

"Narasumbernya kita undang dari Pusat Pelatihan SDM Kesehatan Kemenkes RI, Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, UPT Pelatihan Kesehatan Sumut, Dinas Kesehatan Kota Medan serta BPJS Kesehatan Cabang Utamana Medan," kata Harun.

Output dari diklat ini diharapkan peserta mampu memahami prinsip dasar manajemen Puskesmas yang baik dan melayani, sehingga dalam implementasinya Puskesmas dapat menerapkan sistem tata kelola Puskesmas yang baik dan prima. 
Pembukaan Diklat Manajemen Puskesmas ini ditandai dengan penyematan Kartu Tanda Peserta Diklat kepada perwakilan peserta. (HS|TAp)
  BeritaTerkait
  • APP Pemko Medan Dilatih Jadi Pelayanan Prima

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Sebanyak 102 orang Aparatur Pelayanan Publik (APP) Pemerintah Kota Medan khususnya di Kecamatan dan Kelurahan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pelayanan Prima yang dig

  • Kembangkan Inovasi 'Unit Reaksi Cepat Anti Kekerasan Anak dan Perempuan'

    tahun lalu

    Batu Bara (Pelita Batak) : Untuk ke tiga kalinya Bupati Batu Bara H OK Arya Zulkarnain SH MM meraih penghargaan Kepala Daerah Innovatif dari Koran Sindo tahun 2016 di Bandung, Jawa Barat. Sebelum nya Bupati Batu Bara meraih penghargaan Kepala Daerah Inov

  • Terjadi OTT di Dinas Kebersihan, Pemkab Jepara Belajar ke Pemko Medan

    12 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Meski baru saja Pemerintah Kota Medan dihebohkan dengan terjadinya penangkapan terhadap sejumlah pegawai di Dinas Kebersihan yang diduga melakukan Pungutan liar,

  • Disaksikan KPK, Gubsu Erry Nuradi Dan Gubernur Jabar Teken MoU Penerapan Aplikasi PTSP, TPP dan e-Samsat

    12 bulan lalu

    Bandung (Pelita Batak) :Gubenur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (MoU) untuk Pemanfaatan Aplikasi PTSP,

  • Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor sampaikan Nota Pengantar Rancangan APBD TA 2017

    11 bulan lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan dalam rangka penyampaian nota pengantar oleh Bupati Humbang Hasundutan terhadap Rancangan Peranturan Daerah (Ranperda)

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online