• Home
  • News
  • Parpunguan Nainggolan Sibatuara (Parnasib) Diajak Miliki Tiga Hal Ini
KSP Makmur Mandiri
Senin, 08 Juli 2019 13:48:00

Parpunguan Nainggolan Sibatuara (Parnasib) Diajak Miliki Tiga Hal Ini

BAGIKAN:
TAp|pelitabatak
Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Direktur Destinasi BPODT Tata Syafaat usai diberi ulos oleh Ketua Umum Parnasib DJ.H. Nainggolan, Dr RE Nainggolan, Lancar Nainggolan, Ketua Panitia Bernard Nainggolan.
Mogang (Pelita Batak):
Pelaksanaan Kongres Nasional Parpunguan Nainggolan Sibatuara (Parnasib) Indonesia berlangsung dengan sukses. Diharapkan, keluarga besar Parnasib untuk menggapai cita-cita bersama, agar memiliki tiga hal yaitu Unity, Subjektif dan Empati (USE).

Demikian dipaparkan Dr RE Nainggolan MM yang merupakan anggota Parnasib yang didaulat menjadi salah seorang dari tiga pembicara dalam kongres yang dilaksanakan di Home Stay Lopez, Jumat (05/07/2019). Bukan semata-mata melakukan pertemuan dan pesta besar, namun harus ada buah dari setiap kebersamaan yang dilakukan.

Unity yang dimaksud mantan Sekda Provinsi Sumut ini, adalah bagaimana seluruh keluarga Sibatuara memiliki kesaman cara pandang tentang Parnasib. Untuk mempererat tali silaturahmi dan juga untuk saling menopang dalam segala aspek kehidupan demi memberikan dukungan bagi generasi yang akan datang untuk tetap bersatu dalam ikatan kekeluargaan. Berbagai latarbelakang, jika disatu padukan akan menjadi satu kekuatan yang besar menyongsong masa depan yang lebih baik.

Kemudian, Subjektif. Secara makna kata, lanjut RE Nainggolan, cenderung bermakna negatif. Namun untuk kebutuhan dan pengembangan Parnasib ke depan sangat dibutuhkan subjektifitas. "Bagaimana kita mengutamakan saudara kita (Sibatuara,red), baik untuk menepatkan di satu posisi, memberi pertolongan atau bantuan, dan berbagai aspek lainnya. Kita mulai peduli dengan saudara kita," ujarnya dalam kegiatan yang digelar dalam rangkaian Partangiangan Nasional Parnasib tahun 2019 di Kecamatan Nainggolan yang dilaksanakan Sabtu (6/7/2019).

Hadir Ketua Umum Parnasib Indonesia Dj.H. Nainggolan, sekretaris Lancar Nainggolan, para ketua wilayah Parnasib se Indonesia diantaranya wilayah Bandung, Robert P Nainggolan; Medan, St Esron Nainggolan; Jakarta Fruddin Nainggolan; Lampung, Lenistan Nainggolan; Palembang, Puddin Nainggolan; Pekanbaru, Maulan Nainggolan; Jambi, Ediman Nainggolan; Siantar, Hasudungan Nainggolan; Surabaya, Marlen Nainggolan, Ketua Panitia Bernard Nainggolan SH, sekretaris Panitia Bungaran Nainggolan, Direktur Destinasi Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Tata Syafaat Ridwanullah.

Kemudian, lanjut mantan Bupati Tapanuli Utara tersebut, anggota Parnasib harus memiliki 'Empati'. Berempati terhadap sesama Nainggolan Sibatuara.

"Maka dengan tiga aspek ini, saya pikir Parnasib akan bisa lebih kuat ke depan," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Rapidin memaparkan rencana pengembangan pariwisata yang dilakukan Pemkab Samosir. Dengan mengintegrasikannya denga  program provinsi bahkan nasional sebagaimana perhatian Presiden Joko Widodo untuk pembangunan pariwisata danau Toba.

Rapidin percaya, dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga 2018 dengan capaian lebih dari Rp 5 miliar, jika program pembangunan pariwisata yang direncanakan terwujud dalam lima tahun ke depan akan mampu meningkat hingga lima kali lipat. "Tidak terlepas dari dukungan semua anak rantau. Termasuk keluarga Nainggolan Sibatuara," katanya.

Menurut Rapidin, kekayaan bangso Batak dimana Samosir sebagai asalnya, menjadi keuntungan tersendiri bagi daerah ini. Dimana setiap marga saat ini tengah melakukan upaya persatuan sebagaimana dilakukan Nainggolan Sibatuara. Ketika setiap marga melakukan pesta persatuan seperti dilakukan Parnasib di Samosir, akan sangat berpengaruh kepada kunjungan ke daerah itu.

"Tapi satu permintaan kami, kalau ada acara pesta seperti ini jangan lagi kami parhuta dibebankan, biarlah kami hanya pelaksana," katanya sembari mengatakan bahwa Pemkab Samosir senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan serupa.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Partangiangan Parpunguan Nainggolan Sibatuara (Parnasib) Indonesia Pecahkan Dua Rekor MURI Sekaligus

    3 bulan lalu

    Samosir (Pelita Batak):Partangiangan Parpunguan Nainggolan Sibatuara (Parnasib) Indonesia tahun 2019 berlangsung meriah dengan dihadiri ribuan keluarga besar di Nainggolan, Kabupaten Samosir, sabtu (6

  • Kongres Nasional Parnasib Indonesia Diawali Ibadah, Pdt Nasib Nainggolan : Kitalah Yang Terpilih

    4 bulan lalu

    Mogang (Pelita Batak):Kongres Nasional Parpunguan Nainggolan Sibatuara (Parnasib) Indonesia diawali dengan ibadah singkat dengan firman Tuhan yang dibawakan Pdt Nasib Nainggolan di aula Home Stay Lope

  • Parpunguan Nainggolan Sibatuara (Parnasib) Kongres Nasional di Samosir, Targetkan Layani 1.000 Warga Lewat Bakti Sosial

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Parpunguan Nainggolan Sibatuara (Parnasib) se-Indonesia akan menggelar Partangiangan dan Kongres Nasional di Kecamatan Nainggolan, Kabupaten Samosir pada tanggal 05-06 Juli 2019.

  • Warga Antusias Ikuti Baksos Parnasib di Kecamatan Nainggolan Samosir

    4 bulan lalu

    Nainggolan (Pelita Batak):Keluarga Besar Parpunguan Nainggolan Sibatuara (Parnasib) menggelar bakti sosial di Kecamatan Nainggolan, Kabupaten Samosir, Jumat (5/7/2019). Warga khususnya para orangtua y

  • Kongres Nasional Parnasib, Bupati Rapidin Simbolon Ajak Anak Rantau Investasi

    4 bulan lalu

    Mogang (Pelita Batak):Bupati Samosir Rapidin Simbolon menghadiri Kongres Nasional Parpunguan Nainggolan Sibatuara dohot Boruna (Parnasib) di Home Stay Lopez Mogang, Jumat (5/7/2019). Anak rantau diaja

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb