• Home
  • News
  • Parlindungan Purba: PMKRI Harus Terdepan Jaga Nasionalisme
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 10 Juli 2018 18:05:00

Parlindungan Purba: PMKRI Harus Terdepan Jaga Nasionalisme

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Parlindungan Purba SH MM saat Rakernas PMKRI di Medan
Medan (Pelita Batak):
Anggota DPD RI Parlindungan Purba meminta agar seluruh kader Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) menjadi yang terdepan dalam menjaga semangat nasionalisme. Hal ini disampaikannya saat menjadi pembicara pada Rakernas IX dan Seminar Nasional PMKRI Santo Thomas Aquinas 2018 di Katolik Center, Jalan Mataram, Medan, Selasa (10/7).

"Untuk menjaga nasionalisme itu simpel. Kalau anda beragama Katolik jangan katakan agama orang lain itu tidak baik. Jalin persaudaraan dengan mereka," kata Ketua Komite II DPD RI ini.

Parlindungan menjelaskan, menjaga nasionalisme tidak bertentangan  dengan imbauan yang selalu disampaikan oleh pimpinan umat Katolik. Hal ini juga sejalan dengan ajaran Pancasila yang menjadi perekat bagi seluruh keragaman yang ada pada bangsa Indonesia.

"Pimpinan kita selalu mengatakan jangan menjadi bagian dari masalah, namun jadilah menjadi pemecah masalah. Artinya apa, kita harus muncul ditengah berbagai isu yang mencoba menggoyahkan persatuan bangsa saat ini," sebutnya.

Untuk mencapai posisi sebagai "pemecah masalah" ini, Parlindungan mengingatkan agar seluruh mahasiswa khususnya yang tergabung dalam PMKRI agar membekali diri dengan berbagai kemampuan. Salah satu yang penting menurutnya adalah kemampuan dalam menjalin komunikasi dengan diri sendiri, komunikasi dengan orang lain dan komunikasi dengan Tuhan.

"Komunikasi dengan diri sendiri itu namanya motivasi, komunikasi dengan orang lain itu adalah pergaulan ditengah masyarakat dan komunikasi dengan Tuhan yakni sebagai bagian dari pengharapan atas semua upaya baik yang kita lakukan," ungkapnya.

Ia meyakinkan dengan kemampuan komunikasi ini, maka seluruh kader PMKRI akan menjadi sosok yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.

"Itukah jalan untuk mewujudkan PKMRI menuju organisasi yang berbasis, kompetitif dan kontekstual yang menjadi thema seminar ini," pungkasnya.

Parlindungan Purba menjadi pembicara bersama beberapa tokoh alumni PMKRI Barnabas Hura dan Kepala Divisi Infrastruktur Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Antonius Yuwono. Seminar tersebut dihadiri oleh kader PMKRI dari seluruh Indonesia.(TAp|rel)
  BeritaTerkait
  • Dalam Rangka HUT Humbahas, Lomba Paduan Suara Guru-Guru Piala Bergilir Dikuasai Lintongnihuta

    4 minggu lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Dalam rangka menyemarakkan HUT ke-15 Kabupaten Humbang Hasundutan, Pemkab Humbahas melalui Dinas Pendidikan menggelar lomba paduan suara antar guru-guru se-Kabupaten Humba

  • Pembumian Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika serta Penguatan NKRI dan UUD 1945

    2 tahun lalu

    Indonesia Raya selalu berdiri kuat dan semakin bergerak kokoh dari dahulu, kini, dan seterusnya karena memiliki ideologi Pancasila dan konstitusi UUD 1945, yang mengakui, melindungi, memfasilit

  • Kapolda Sumut Berkunjung ke Kantor Gubernur

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menerima kunjungan silaturrahim Kapolda Sumut yang baru Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel di ruang kerja lantai 10 kantor Gubsu, Senin (17/10/2016).

  • Menteri ESDM Ajak Mahasiswa Muhammadiyah Sosialisasikan Energi Berkeadilan Kepada Masyarakat

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menjamu makan malam mahasiswa Muhammadiyah se-Indonesia, dihadiri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

  • Natal, Gubernur Kunjungi Kapolda dan Makodam

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi membawa serta sejumlah SKPD untuk mengunjungi kediaman Kapolda Sumut dan markas Kodam I/BB pada perayaan Natal, Senin (25/12/20

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet