• Home
  • News
  • Parit Sepanjang Jalan HM Jhoni Dikorek, Warga Diharap Jaga Kebersihan
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 15 Juni 2019 05:19:00

Parit Sepanjang Jalan HM Jhoni Dikorek, Warga Diharap Jaga Kebersihan

BAGIKAN:
IST|pelitabatak
Petugas melakukan pengorekan saluran parit di sepanjang jalan HM Jhoni
Medan (Pelita Batak):
Wali Kota Medan Drs H T dzulmi Eldin S MSi MH kembali menyahuti keluhan warga. Kamis (13/6), orang nomor satu di Pemko Medan itu memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan mengorek parit di sepanjang Jalan HM Jhoni Medan. Pengorekan dilakukan untuk mengatasi genangan air yang acap kali menggenangi jalan maupun rumah warga ketika hujan deras turun.

Selain menggunakan peralatan manual seperti cangkul dan penggaruk, sejumlah alat berat juga diturunkan guna mendukung kelancaran pengorekan parit yang tersumbat akibat masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan sehingga sering menjadikan parit sebagai lokasi pembuangan sampah. Akibatnya parit tersumbat sehingga tidak mampu menampung dan mengalirkan debit air hujan.

Dalam pengorekan yang dilakukan mulai sejak pagi hari itu, Dinas PU juga dibantu personel Petugas Penanganan Sarana dan Prasarana Mmum (P3SU) Kecamatan Medan Kota. Seluruh petugas langsung memasuki parit dan kemudian bahu membahu membersihkan sampah yang menutupi permukaan parit. Perlahan-lahan sampah diangkat, sedangkan bagian yang sulit dan tak terjangkau, pengorekannya dengan menggunakan alat berat.

Sampah dan lumpur hasil pengorekan selanjutnya diangkut dengan menggunakan truk untuk selanjutnya di buang ke loaksi pembuangan. Sebab, Wali kota tidak ingin sampah dan lumpur hasil pengorekan ditumpuk di pinggir parit karena dapat masuk kembali ketika hujan turun.

Proses pengorekan berjalan dengan lancar, tanpa kesulitan, baik petugas Dinas PU maupun P3SU Kecamatan Medan Kota berhasil mem,bersihkan parit dari sampah yang ditengarai sengaja dibuang masyarakat ke dalam parit. Berkat kerja sama yang dilakukan, parit pun bersih sehingga air lancar mengalir kembali.

Kadis PU Kota Medan Isa Ansyari menjelaskan, pengorekan yang dilakukan ini merupakan perintah langsung Wali Kota karena mendapat laporan dari masyarakat. Diharapkan dnegan pengorekan yang dilakukan, parit tidak tersumbat sehingga air dapat mengalir dengan baik. Dengan demikian ketika hujan deras turun, parit dapat menampung debit air dan mengalirkannya menunju pembuangan.

"Semoga dengan pengorekan yang kita lakukan ini, keluhan warga terkait genanangan air dapat diatasi. Bagaimana jalan maupun rumah warga tidak digenangi air, orang paritnya tersumbah sampah selama ini. Dengan pengorekan yang kita lakukan ini, insya Allah mampu meminimalisir terjadinya genangan air kembali," kata Isya.

Selanjutnya usai dilakukan pengorekan, Isya pun mengajak warga sekitar untuk turut serta menjaga kebersihan parit dengan tidak buang sampah sembarangan, terutama ke dalam parit. Pasalnya seingat dia, sebulan silam, parit  yang mereka korek ini telah dikorek. Namun kembali parit tersumbat akbat  kurangnya kesadaran masyarakat sehingga membuang sampah ke dalam parit.

"Apabila pengorekan yang kita lakukan ini tidak didukung penuh warga dengan menjaga kebersihan parit, tentunya akan sia-sia. Parit akan kembali tersumbat sehingga airnya meluap kembali. Untuk itu marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan parit," harapnya. (H|KU|TAp)
  BeritaTerkait
  • Ini Instruksi Akhyar Nasution Atasi Genangan Air di Sepanjag Jalan HM Joni

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau parit di sepanjang Jalan HM Joni, Medan, Selasa (11/6). Meski telah dilakukan pengorekan sebulan silam namun parit kembali

  • P3SU Berjibaku Korek Parit Jalan Denai

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Puluhan personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) Kecamatan Medan Area harus berjibaku untuk membersihkan tumpukan sampah dan lumpur dari dalam parit di Jalan D

  • Ikuti Gotong Royong Kerukunan

    11 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasutuion Msi bersama Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto ikut gotong royong bersama dengan para tokoh lintas agama, jamaah masjid mau

  • Akhyar Ajak Komunitas Peduli Lingkungan Jadi Garda Terdepan Jaga Kebersihan

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi MH mengajak seluruh komunitas peduli lingkungan untuk menjadi garda terdepan sekaligus jembatan penghubung antara Pemko Medan dengan

  • Giliran Sungai Kera yang Dibersihkan

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Aksi bersih-bersih Pemko Medan dengan Kodam I/BB kembali berlanjut, Kamis (28/3). Setelah Sungai Bedera, kali ini yang menjadi fokus  pembersihan adalah Sungai Kera. Pasalnya

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb