• Home
  • News
  • PT Pelindo 1 Turut Dukung Pemberangkatan Beras Kemanusiaan ke Suriah
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 21 April 2018 18:16:00

PT Pelindo 1 Turut Dukung Pemberangkatan Beras Kemanusiaan ke Suriah

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 turut memberi dukungan dalam kelancaran pengiriman 1.000 ton beras kemanusiaan ke Suriah yang dikirimkan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) lewat dermaga Belawan International Container Terminal (BICT). 

Seremonial pelepasan kapal kemanusiaan untuk Suriah ini dilaksanakan di Teminal Penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan pada tanggal 21 April 2018, dan dihadiri oleh Ketua MUI Sumut, Prof. Muhammad Hatta, Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution, Staf Ahli Kementerian Pertanian, Dr. Ir Mat Syukur, General Manager Pelabuhan Belawan, Yarham Harid dan General Manager BICT, Aris Zulkarnain.

"Pelindo 1 memberi dukungan penuh dalam memfasilitasi pengiriman bantuan 1.000 ton beras Indonesia untuk korban kemanusiaan di Suriah yang diprakarsai oleh ACT," ujar Aris Zulkarnain, General Manager BICT dalam sambutannya. Bentuk dukungan yang diberikan Pelindo 1 adalah dengan menyediakan fasilitas dermaga untuk sandar kapal MSC Maria Pia yang memiliki Length Over All (LOA) sepanjang 198 meter, serta pelayanan pemanduan dan penundaan di dermaga BICT.

Lebih lanjut Aris menjelaskan, persiapan pelayanan kapal kemanusiaan ini dilakukan sesuai dengan Standar Operasional dan Prosedur (SOP) pelayanan kapal yang berlaku di BICT. 

"Ini adalah bukti Pelindo 1 tidak hanya profit oriented, tetapi juga social oriented. Kegiatan ini bisa berjalan dengan baik karena adanya sinergi dari semua instansi yang ada dan kami berharap kerjasama ini dapat semakin ditingkatkan lagi," jelas Aris.

Pengiriman 1.000 ton beras melalui Kapal Kemanusiaan Suriah ini untuk merespon kriris kemanusiaan yang masih melanda pengungsi Suriah hingga saat ini. "Hari ini, beras terbaik dari Indonesia dikirimkan untuk Suriah. 1.000 ton beras ini dipanen oleh petani Aceh saat panen raya pada awal Maret lalu," tutur Imam Akbari selaku Senior Vice President ACT.

Pelabuhan Belawan dipilih menjadi titik bertolak, karena kapal besar yang bakal digunakan untuk pelayaran cukup untuk bersandar di dermaga BICT. "Kapal Kemanusiaan untuk Suriah berangkat dari Pelabuhan Belawan menuju Pelabuhan Iskenderun, Turki, hampir sebulan perjalanan. 

Yang artinya beras ini akan tiba di awal Ramadhan dan diharapkan dapat menjadi hidangan berbuka puasa maupun sahur bagi warga Suriah.

Setibanya di Turki, bantuan beras ini akan didistribusikan kepada para pengungsi Suriah yang tinggal di sepanjang perbatasan Turki - Suriah.

ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami menjelaskan bahwa Pelindo 1 mengapresiasi langkah-langkah dan bantuan-bantuan yang sudah disampaikan oleh ACT baik di dalam negeri serta berbagai penjuru dunia. 

"Pelindo 1 juga akan terus mendukung kegiatan yang bersifat sosial, untuk memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat," tutup Fiona.(*)
  BeritaTerkait
  • Kapal Kemanusiaan untuk Somalia, Angkut 225 Ton Beras dari Sumut

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Bencana kekeringan yang parah mengakibatkan jutaan warga Somalia dilanda kelaparan. Kondisi ini menggerakkan hati masyarakat untuk bergabung dalam gerakan kapal kemanusiaan yang

  • Dinilai Dukung Percepatan Pembangunan, WP Patuh Pajak Dapat Penghargaan

    12 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Pemko Medan memberikan penghargaan kepada wajib pajak (WP) Potensial Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebagai bentuk apresiasi sekaligus rasa terima kasih. Sebab, mereka dinilai tela

  • Horas Tapteng Harus Konsisten dan Menarik Agar Menasional

    9 bulan lalu

    Tapanuli Tengah (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi berharap even budaya dan wisata Horas Tapteng (Tapanuli Tengah) bisa menasional bahkan internasional."Horas Tapteng ha

  • Wali Kota Dukung Munas KAHMI di Medan

    9 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi menyampaikan apresiasinya atas dipilihnya Medan sebagai tempat penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) ke- 10 Korps Alumni Himpunan M

  • Dukung Ekonomi Lokal, Pelindo 1 Hadir di Aceh Expo PKA VII 2018

    2 minggu lalu

    Aceh (Pelita Batak):Komitmen PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 untuk selalu terlibat dalam upaya memacu mendukung perekonomian lokal dibuktikan dengan hadirnya dua unit Usaha Kecil Men

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet