• Home
  • News
  • OJK Apresiasi Pembukaan Kantor Layanan AXA Mandiri di Medan
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 08 Februari 2017 16:16:00

OJK Apresiasi Pembukaan Kantor Layanan AXA Mandiri di Medan

BAGIKAN:
TAp|PelitaBatak
Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Lukdir Gultom (tengah) menyaksikan President Director of AXA Mandiri, Jean Philippe Vandenschrick memotong tumpeng peresmian CCC AXA Mandiri Medan.

Medan (Pelita Batak) :
otoritas Jasa Keuangan mengapresiasi peluncuran layanan AXA Mandiri Customer Care Corner (CCC) di Medan, Rabu (8/2/2017). Kehadiran unit layanan tentunya dinilai sebagai bentuk apresiasi dan sinergi AXA Mandiri dalam meningkatkan layanan keuangan dan perlindungan kepada para nasabahnya.

Demikian disampaikan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Lukdir Gultom usai mengikuti peresmian kantor pelayanan nasabah AXA Mandiri di Medan, Rabu (8/2/2017). "Merupakan upaya memberikan pelayanan keuangan dan perlindungan kepada para nasabahnya sesuai POJK No.1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan, pasal 36," katanya.

Menurutnya, di tengah era digitalisasi yang semakin akrab dengan aktivitas kehidupan masyarakat, tuntutan layanan konsumen berbasis manual dihadapkan pada era pemanfaatan teknologi informasi yang semakin intensif.

Namun, lanjutnya, bukan berarti unit layanan manual harus dihilangkan karena diferensiasi generasi nasabah asuransi tetap membutuhkan perlakuan yang berbeda. "Oleh karena itu, eksistensi pojok layanan konsumen AXA ini menurut hemat kami tetap perlu disediakan. Sementara itu, untuk kepentingan layanan yang lebih ekonomis saat ini transformasi bisnis lebih menuntut layanan konsumen berbasis digital perlu dikedepankan," jelasnya.

Mengingat, hasil riset Global Web Index : Dalam kurun waktu 2008 s.d 2013 saja terdapat 58 juta pengguna internet di Indonesia dan meningkat 430% dalam 5 tahun terakhir, sehingga menempatkan Indonesia diurutan ke-7 dunia.

Selain itu, 28% dari pengguna internet dimaksud mengaksesnya melalui smartphone. Oleh karena itu, tidak hanya eksistensi pojok layanan konsumen yang diapresiasi, tetapi kepemilikan portal layanan konsumen AXA Mandiri dengan berbagai menunya diharapkan semakin memudahkan akses layanan kebutuhan konsumen nasabah AXA Mandiri ke depannya.

"Khususnya dalam membantu memperluas jangkauan nasabah asuransi yang berlokasi jauh dari customer care centre yang jumlahnya terbatas di setiap perwakilan perusahaan asuransi. Bagi OJK, hal ini tentu dinilai sebagai langkah positif untuk mewujudkan akses keuangan yang lebih luas," ujarnya.

Juga dipaparkannya, Indeks Literasi Keuangan Sektor Perasuransian berdasarkan hasil survey literasi keuangan 2016 mengalami penurunan dari indeks 17,84% (survey 2013) menjadi 15,76% (survey 2016). Sebaliknya, Indeks Inklusi Keuangan Sektor Perasuransian menunjukkan perbaikan dari 11,81% (survey 2013) menjadi 12,08% (survey 2016).

"Artinya, bahwa agregasi perusahaan perasuransian nasional dalam mencapai target bisnisnya terealisasi dengan baik, tetapi upaya atau kampanyenya untuk semakin gencar mencerdaskan masayrakat Indonesia agar paham atau kompeten berasuransi masih belum optimal dan perlu ditingkatkan," ujar Lukdir.

Hal itu dikatakannya, mengingat Indeks Inkluasi Keuangan Sumatera Utara (Sumut) merupakan yang terbaik di pulau Sumatera dengan indeks sebesar 75,27% lebih baik dari Kepulauan Riau (74,55%) bahkan lebih baik daripada Jawa Barat (68,31%), Jawa Tengah (66,23%) dan Jawa Timur (73,25%). Meski Indeks Literasi Keuangan Sumut baru 32,36% yang lebih rendah dari Aceh (32,73%), dan Kepulauan Riau (37,09%).

Bisa dikatakan, bahwa peran perasuransian dalam mengayomi kebutuhan keuangan masyarakat dalam berasuransi (khususnya asuransi jiwa dan umum) belum tuntas. Eksistensi unit customer care Sumatera Utara hanya salah satu jawaban yang mendukung upaya perlindungan konsumen yang lebih baik.

"Masih terdapat potensi, peluang dan mitigasinya dalam rangka memberikan perlindungan konsumen yang lebih baik dan tetap sinergis dengan perkembangan zaman yang menuntut financial technology semakin kompleks dan bijak tentunya," katanya.

Namun pada kesempatan itu, Lukdir menyampaikan apresiasi kepada seluruh pelaku industri perasuransian di tanah air atas capaian kinerja tahun 2016. Dimana total aset perusahaan asuransi jiwa di Indonesia mencapai Rp382,61 triliun (tumbuh 16,06% dari realisasi tahun 2015) dengan rasio kecukupan premi terhadap pembayaran klaim terbesar 175,22%. (TAp)
 

  BeritaTerkait
  • KPK Apresiasi Pemprovsu Luncurkan e-Samsat Paten Dan Sumut Go Samsat

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi melalui Sekda Provsu Hasban Ritonga meresmikan soft launching layanan elektronik-Samsat Paten (e-Samsat Paten) dan Sumut Go Samsat di pelataran Kantor Bank Sumut Jalan Imam Bonjol, Medan

  • Layak Diapresiasi, Daftar BPJS Sekarang Bisa di Kantor Camat

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kantor Cabang Utama Medan dengan membu

  • Hadirnya Bank Mantap, Diharap Pacu Ekonomi Daerah

    12 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengapresiasi hadirnya kantor kas Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) kedua di Medan yang terletak di Jalan Gatot Subroto Medan.Di

  • Dispenda Buka Loket Pembayaran Dekat kantor Pos Besar Medan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Dinas pendapatan Kota Medan melalui Unit Pelayanan Teknis (UPT) Wilayah IV membuka loket pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) di Jalan Bukit Barisan, persisnya sebelah Kantor Pos Besar, Selasa (18/10/2016).

  • USAID Bangun Sistem Penyediaan Air Bersih di Sumut

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menyambut baik penyediaan air bersih untuk masyarakat perkotaan yang dilakukan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID). Hal it diseb

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb