• Home
  • News
  • Nommensen Dan DPRD Samosir Jajaki Kerjasama Penyusunan Ranperda Tanah Ulayat
KSP Makmur Mandiri
Senin, 27 November 2017 11:05:00

Nommensen Dan DPRD Samosir Jajaki Kerjasama Penyusunan Ranperda Tanah Ulayat

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau merasa bangga atas kepercayaan lembaga pemerintah kepada pihaknya. Khususnya dalam upaya pembangunan daerah lewat perumusan-perumusan degulasi dari sisi akademisi.

"Kami sangat bangga atas kepercayaan institusi pemerintah seperti Pemerintah Kabupaten/Kota dan DPPRD kepada Universitas HKBP Nommensen sebagai institusi pendidikan tinggi yang bisa memberikan jasa konsultasi secara akademik, dan untuk itu kami sangat berterima kasih kepada Bapak/Ibu dari DPRD Kabupaten Samosir atas kepercayaan ini," tegas Rektor saat memberikan sambutan pada acara khusus pertemuan DPRD Samosir dengan Pihak UHN di Ruang Dr. Justin dalam hal konsultasi dan koordinasi untuk penyusunan Naskah Akademis (NA) Ranperda Tanah Ulayat dan pemanfaatannya di Samosir  yang merupakan inisiatif DPRD Samosir, Jumat (24/11/2017).

Rektor mengatakan, saat ini UHN juga sangat dipercaya menyelenggerakan Bimbingan Teknis (Bimtek) DPRD dari berbagai Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Utara. Ini membuktikan bahwa di UHN banyak para akademisi yang sangat kompeten di bidangnya untuk memberikan pengetahuannya demi kemajuan Sumatera Utara yang kita cintai ini. 

Dikatakan Rektor, dengan segala upaya akan mendorong para dosen -dosen UHN untuk terlibat  dalam hal pemikiran yang membangun Sumatera Utara ini, karena kehadiran UHN memang harus bermanfaat untuk bangsa ini.

Sementara Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata, Dipl. Hotlier sangat senang dengan dukungan UHN sebagai institusi pendidikan tinggi terhadap peninngkatan kinerja DPRD Samosir.

"Kami sebagai politisi sangat butuh dukungan akademisi bagaimana membangun Samosir yang lebih baik. Kami akan tetap komit melakukan fungsi penagwasan, fungsi anggaran, dan fungsi legislasi kami dengan baik agar Samosir bisa menjadi daerah percontohan bagi daerah lain, khususnya fungsi legislatif yang baik dan terukur," tegas Rismawati lagi. 

"Khusus menyangkut Penyusunan Naskah Akademik Ranperda Tanah Ulayat dan Pemanfaatannya ini, ini sangat penting karena Tanah Ulayat di Samosir sangat banyak. Demi keberhasilan pembangunan Samosir maka kami DPRD punya inisiatif agar Ranperda ini bisa mendukung dan menjadi payung hukum pembangunan tanpa menimbulkan berbagai masalah di kemudian hari," tegas Rismawati lagi.

Untuk itu, lanjut Rismaqati, konsultasi dengan akademisi UHN sangat kami harapkan bisa membuat Ranperda ini bagus dan cepat selesai, sehingga target kita dalam Prolegda bisa terwujud dengan baik. Kita sebagai DPRD akan memberikan yang terbaik untuk itu.

Sementara WR IV Bidang Kerjasama Dr. Hilman pardede, M.Pd mengatakan UHN akan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Sumut dan saat ini mitra Kerja kita dari DPRD dan Pemkab sudah sangat banyak, tegas WR IV lagi. Adapun perwakilan Dari UHN yang hadir adalah Rektor, WR IV Dr. Hilman Pardede, M.Pd, Kepala Biro Kerjasama Drs. Poltak Panjaitan, M.Pd, Dosen FH UHN sekaligus pakar Hukum Tata Negara Sumut Dr. Janpatar Simamora, SH, MH, Staf LPPM Mori Rajagukguk SH, dan Alida Simanjuntak, S.Pd. Sementara dari DPRD Samosir yang hadir adalah Ketua DPRD Rismawati Simarmata, Dipl. Hotlier, Wakil Ketua DPRD Numerita Sitorus, Ketua BP2D DPRD Junjungan Situmorang, SE, Wakil Ketua BP2d, dan para anggota BP2D lainnya  Ir. Mardan Sihotang, Rosintan Sitanggang, AMd, Fernando Sinaga, S. Sos, Nasib Simbolon.(TAp|*)
  BeritaTerkait
  • Nommensen Dan DPRD Samosir Teken MoA Penyusunan Ranperda Tanah Ulayat

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Universitas HKBP Nommensen melalui Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat  (LPPM UHN) melasanakan penanadatangan aksi (MoA) dalam rangka penyusunan Rancangan Peratura

  • LPPM Nommensen Paparkan Konsultasi NA Ranperda Tentang Tanah Ulayat di Depan DPRD Samosir

    12 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Sebagai salah satu PTS yang punya nama dan mutu dengan dukungan para pakar yang snagat berkompeten di bidangnya, DPRD Samosir melakukan konsultasi publik dngan Lembaga Penelitian

  • Masyarakat Pandumaan Sipituhuta Pertanyakan Perda Hak Ulayat

    2 tahun lalu

    Humbahas(Pelita Batak): Masyarakat Desa Pandumaan dan Sipituhuta mempertanyakan keberadaan Perda tentang perlakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat (hak ulayat) yang sudah dilakoni leluhurnya se

  • Akhirnya Bupati Humbahas Sampaikan Nota Pengantar RPJMD Tahun 2016-2021

    2 tahun lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE sampaikan nota pengantar atas Ranperda Kabupaten Humbang Hasundutan tentang perubahan atas Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2016 tentan

  • Komisi A DPRD Sumut Gelar RDP Bersama Bupati Tobasa, Direksi BODT, Dishut Provsu Bersama Masyarakat Adat Marga Butarbutar Sigapiton

    11 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Menindaklanjuti aspirasi masyarakat terkait sengketa lahan seluas 500 hektar antara masyarakat adat Desa Sigapiton, Sibisa dan Motung sekitarnya dengan Badan Pelaksana Otorita Par

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb