• Home
  • News
  • Nommensen Akan Optimalkan Penelitian Sebagai Perioritas Utama 2018
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 10 April 2018 20:10:00

Nommensen Akan Optimalkan Penelitian Sebagai Perioritas Utama 2018

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
ahun 2018 akan kita optimalkan pennelitian sebagai skala perioritas untuk mendorong produktivitas dosen meneliti dan kita harapkan budaya meneliti itu tumbuh sehingga kualitas dan kuantitas hasil penelitian itu kita harapkan lebih baik dan pada akhirnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Demikian ditegaskan Dr. Janpatar Simamora, SH, MH LPPM Universitas HKBP Nommensen saat memberi sambutan pada acara Sosialisasi Panduan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2018 Edisi XII yang menghadirkan pembicara Adi Indra Herman ST, MT dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat di Ruang Dr. Justin UHN, Selasa, (10/04/2018).

Acara ini diikuti oleh para dosen UHN dari lintas Prodi dan Fakultas dan dimoderatori oleh Ir. Rosnawyta Simajuntak, MP dengan beberapa Staf LPPM seperti Alida Simajuntak, SPd dan Mori Rajagukguk, SH. Sebelumnya acara ini secara resmi dibuka oleh Rektor UHN Medan Dr. Ir. Sabam Malau.

Dr. Janpatar Simamora lulusan Doktor Hukum UNPAD ini sangat mengharapkan dengan adanya acara Sosialisasi ini hal -hal yang berhubungan dengan masalah teknis penelitian bisa dipahami oleh semua dosen.

Dengan demikian penelitian yang kita harapkan adalah penelitian yang bermutu dan berorientasi pada pengembangan IPTEK. Kemudian, tidak bisa kita nafikan selama ini masalah administrasi penelitian seringkali tidak bisa dipahami oleh para dosen, dengan adanya sosialisasi ini masalah yang berhubungan dengan administrasi penelitian bisa tuntas. Misalnya lama penelitian dan apa -apa saja yang harus dipersiapkan. Tetapi target kita adalah tetap mendorong tumbuhnya budaya meneliti di kalangan dosen karena dana untuk riset itu sangat banyak disediakan pemerintah saat ini. Peluang itu harus kita tangkap, tegas pakar Hukum Tata Negara ini.

Sementara Adhi Indra Herman  dalam paparannya mengatakan saat ini banyak dana yang disediakan oleh pemerintah dan itu harus kita tangkap dengan baik untuk mengembangkan budaya meneliti di perguruan tinggi. 

Kemudian sisi lain dari penelitian bisa juga menambah income dosen karena memang tugas dosen salah satunya adalah meneliti, Adhi Iidra Herman ST, MT lagi. Adhi Herman juga mengatakan jenis penelitian yang diajukan pada tahun 2018 adalah skema kompetitif nasional dan skema desentralisasi. Skema kompetitif nasional menyangkut penelitian dasar, penelitian terapan, penelitian peningkatan kapasitas, dan peneltiian pascadoktor. 

Adhi INdra Herman mengatakan Edisi XII ini mengalami perubahan substansi yang signifikan jka dibndingkan dengan buku panduan Edisi XI. Perubahan tersebut meliputi jumlah sekema penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi lebih sedikit, pengelopmpokan skema penelitian, tahapan skema, karakteristik skema penelitian dan pengaabdian kepada masyarakat, rancangan pengaturan untuk iuran waijib, dan iuran tambahan dan lain lain, Skema pengabdian dan penelitian kepada masyarakat menjadi tiga kategori, kompetitif nasional, desentralisasi, dan penugasan. Perubahan juga terjadi pada tahapan Selski proposal penelitian, tegas Adhi Herman lagi.  

Adi Herman secara tegas menginspirasi semua dosen bahwa meneliti itu bukan sulit, tinggal lagi kemauan dan komitmen kita bersama. Mengingat dosen UHN banyak tamatan dari perguruan tinggi ternama dari luar negeri dan dalam negeri seperti USA, UI, UGM, ITB, IPB,, UNPAD, dan UNDIP saya yakin tidak akan sulit untuk melakukan penelitian ini, hanya saja akses informasi selama ini mungkin kurang sehingga budaya meneliti itu tidak tumbuh. Tetapi dengan keterbukaan sistem inforamsi penelitian saat ini saya yakin dosen UHN bisa jadi contoh  pengembangan budaya meneliti di Sumut, tegas Adhi Indra Herman ST, MT lagi.(TAp|*) 
  BeritaTerkait
  • Dr. Richard Napitupulu, ST, MT : Modifikasi Motor Listrik PLN akan Kita Optimalkan

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan dalam hal ini Prodi Teknik Mesin dan Teknik Elektro akan mengoptimalkan pengembangan, inovasi, atau modifikasi motor listrik

  • Teologi dan Bahasa Figuratif: "Pendeta Representasi Figur Kristus"? (Bagian Ketujuh)

    2 tahun lalu

    Oleh: Pdt. Dr.  J.R. HutaurukIV. Apa Artinya "Pendeta Representasi Figur Kristus"?1. Kemajemukan Jabatan:  Pendeta pada Urutan KeempatJabatan gerejawi di HKBP adalah beragam, bukan manunggal

  • Kadin Undang Investor Korea Jajagi Potensi Investasi di Sumut

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) Ivan Iskandar Batubara menerima kunjungan rombongan investor dan ahli air asal Korea di RM Jimbaran, Jl. Pattim

  • Bahasa Batak Terancam Punah, GP3 Hadir di Toba Samosir Melestarikannya

    10 bulan lalu

    Tobasa (Pelita Batak): Santabi godang ma loloan nanihormatan, tangan do botohon, ujung nai ma jari jari, molo adong sidohonon jumolo iba marsantabi artinya dengan segala kerendahan hati panitia penye

  • Hype vs Realita di 2019: Para Ahli Menimbang Pernyataan yang Jadi Perdebatan tentang Keamanan Siber

    3 bulan lalu

    Singapura (Pelita Batak):Konferensi RSA, konferensi dan pemaparan keamanan informasi terkemuka di dunia, hari ini mengemukakan pandangan ahli mengenai masalah penting seputar ancaman yang timbul dan t

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb