• Home
  • News
  • Musrenbang Kecamatan Tarabintang Berjalan Sukses
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 22 Februari 2018 06:03:00

Musrenbang Kecamatan Tarabintang Berjalan Sukses

BAGIKAN:
Abed Ritonga
Musrenbang Kecamatan Tarabintang
Tarabintang(Pelita Batak): Musyawarah Pembangunan Kecamatan Tarabintang Kabupaten Humbanghasundutan berjalan sukses. Rencana pembangunan untuk Tahun 2019 ini dihadiri oleh anggota DPRD dari daerah pemilihan dapil III Timbul Tinambunan, Jaminter H Tumanggor, Mutiha Hasugian, Martini Purba, Candra Mahulae, Moratua Gajah yang meliputi Kecamatan Tarabintang, Parlilitan, dan Kecamatan Pakkat.

Dari unsur Pemerintah Kabupaten nampak hadir Kadis Kesehatan Budiman Simanjuntak, Kadis Sosial Paiman Purba, Kadis Kominfo Hotman Hutasoit. Sedangkan dari unsur Kecamatan nampak dihadiri Camat Tarabintang Halim Sidabutar beserta staf, UPT Kesehatan dan Pendidikan, guru, para kepala desa Se-Kecamatan dan tokoh masyarakat.

Terungkap dalam Musyawarah Pembangunan ini, untuk tahun mendatang Pemerintah Kabupaten Humbanghasundutan merencanakan 88 (Delapan Puluh Delapan) item kegiatan infrastruktur dan ini nantinya akan dibahas untuk dimasukkan dalam skala prioritas pembangunan.

Budiman Simanjutak mengaku dalam bidang Kesehatan, setiap desa yang belum masuk Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menginstruksikan kepada UPT setempat agar segera mendaftar setiap masyarakat yang belum ikut dalam program ini termasuk program Jamkesda. 

Dalam waktu dekat ini juga Budiman memaparkan sesuai dengan program Presiden Jokowi yang terus mendogkrak pelayanan kesehatan maka saat ini Puskesmas yang ada disetiap kecamatan termasuk di Kecamatan Tarabintang akan diprogramkan Pelayanan  Rawat Inap.

"Semua masyarakat yang belum terdata, agar segera mungkin pihak UPT Kesehatan jemput bola dalam pelayanan JKN dan Jamkesda," ucapnya.

Sedangkan Kadis Kominfo Hotman Hutasoit, mengaku dalam perkembangan era digital saat ini sangat penting layanan jaringan internet sebagai bentuk mewujudkan program-program pemerintah hingga tingkat Kecamatan dan Desa. Ia memaparkan pada dasarnya di setiap kecamatan sudah ada layanan jaringan yang telah disediakan. Namun sejauh ini menurut amatannya kalau pelayanan yang belum maksimal sepenuhnya namun ke depan akan  tetap dikembangkan.

"Memang seperti yang ada saat ini, baik di pusat pendidikan seperti sekolah, kantor camat dan kantor kesehatan di kecamatan sudah kita fasilitasi, tetapi belum semua terjangkau karena keterbatasan anggaran kedepan harapan kita semoga bisa lebih kita kembangkan guna menjangkau layanan ini di tiap-tiap lokasi pengembanganya dari yang ada saat ini," katanya.

Pada kesempatan itu, Camat Tarabintang Halim Sidabutar dalam paparanya, dari kecamatan yang ada saat ini Kecamatan Tarabintang merupakan salah satu daerah yang masih sangat membutuhkan sarana infrastruktur seperti jalan dan jembatan. Karena berbagai faktor termasuk anggaran yang belum memadai namun berlahan tapi pasti pemerintah sudah memperbaiki atau membangun tahapan demi tahapan, Termasuk di tahun ini dan rencana di tahun mendatang. 

Halim mengaku, saat ini juga pihaknya dalam mendukung program pemerintah di bidang pertanian jagung. Ia bersama warga sudah menyiapkan lahan pertanian jagung di kecamatan tersebut seluas 40 hektar di Dusun Lae Hundulan. Dalam waktu dekat akan dikerjakan bersama masyarakat(Kelompok Tani) yang langsung dilakukan pendampingan oleh Pendamping Pertanian Swadaya(PPS). Yang sebelumnya diprogramkan 1500 hektar lahan yang ditargetkan di Kecamatan Tarabintang.

"Kendala yang dihadapi para petani kita di sini adalah masalah bibit, bisi 228 dan ketersediaan pupuk subsidi. Mereka mengaku Bisi 228 itu kurang bagus dipakai. Tapi melalui pemaparan dari Ketua KTNA Riski Hasugian tadinya yang cocok di daerah kita ini adalah NK 228 dan Pioner 99-NK. Kita nanti akan carikan solusi yang pas untuk itu," ungkapnya.

Senada disampaikan anggota DPRD yang hadir pada saat itu, Pihak DPRD meyuarakan apalagi bidang infrastruktur jalan dan jembatan agar ke depan Pemerintah Kabupaten Humbanghasundutan dapat segera merealisasikanya guna meningkatkan dan mendorong perekonomian masyarakat. (TIM)
  BeritaTerkait
  • Pilkades Serentak di Humbang Hasundutan Digelar 04 Oktober 2018 Mendatang

    2 minggu lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Kamis 4 Oktober 2018 mendatang, Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) serentak akan digelar di Kabupaten Humbang Hasundutan. Memantapkan Pilkades itu, Pemkab Humbahas melalui D

  • Nikson Silalahi, Membangun Kabupaten Dairi Lewat Pendidikan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak): Sebagai anak dari seorang petani, Nikson Silalahi yang lahir dan besar di Parongil/Dairi merupakan anak kampung tulen. Dia penggemar olahraga bola kaki dan bulu tangkis yang k

  • Warga Jalan Rakyat & Jalan Pelita Minta Wali Kota segera Tertibkan PKL

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Warga Jalan Rakyat dan Jalan Pelita, Kelurahan Sidodame Timur, Kecamatan Medan Perjuangan mengaku sangat resah atas keberadaan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di pinggir jalan. Selain menyebabkan penyempitan ruas jalan sehi

  • Akhyar Nasution Minta Masyarakat Berpartisipasi Dukung Porwil

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi mendukung penuh digelarnya Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) III Kota Medan tahun 2017. Selain menjadi ajang pembinaan atlet-atl

  • Bupati Humbahas:Jambore Kader PKK Harus Dapat Membawa Perubahan Bagi Masyarakat

    11 bulan lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Plt Asisten Administrasi dan Kesra Drs AP Marbun membuka kegiatan jambore kader PKK tahun 2017 yang diselenggarakan di Aula H

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb