• Home
  • News
  • Munson dan Lyman Diusulkan Jadi Nama Bandara di Tanah Batak
KSP Makmur Mandiri
Senin, 19 September 2016 10:31:00

Munson dan Lyman Diusulkan Jadi Nama Bandara di Tanah Batak

BAGIKAN:

Tartung (Pelita Batak) :
Keberadaan Bandar Udara Silangit yang berada di Desa Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara menjadi perhatian pemerintah pusat akhir-akhir ini. Khususnya dalam upaya mendukung pengembangan kawasan wisata Danau Toba, dibutuhkan moda transportasi yang semakin mantab. Seiring dengan itu, kini muncul usulan untuk mengganti nama Bandara Silangit menjadi salah satu nama misionaris yang pernah datang ke tanah Batak.

Diantaranya, misionaris asal Amerika Serikat, Samuel Munson dan Henry Lyman yang datang menyebarkan agama kristen di tanah Batak. Namun saat menyebarkan Injil, keduanya dibunuh.

Kini, nama keduanya dinilai layak diabadikan untuk mengingat pengorbanan mereka. Kabupaten Tapanuli Utara berencana mengabadikan Samuel Munson Lyman menjadi nama bandara.

Seperti diberitakan Kompas.com, nama bandara Silangit akan diubah menjadi Bandara Munson Lyman Silangit. Hal tersebut disampaikan Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan saat berbincang dengan sejumlah media di Kantor Bupati, Sabtu (17/9/2016) malam.

"Sejak bulan lalu kami mengusulkan perubahan nama bandara kepada DPRD. Semoga nama bandara yang baru bisa digunakan mulai Desember 2016, sekaligus diresmikan oleh Presiden Joko Widodo," kata Nikson.

Dijelaskan Nikson, nama Munson Lyman diabadikan menjadi bandara karena tak ingin melupakan sejarah.

"Kan 'Jas Merah'. Jangan lupa sejarah. Dengan perubahan nama ini, minimal orang Amerika Serikat bisa datang ke sini karena ada unsur kekeluargaan," tuturnya.

Saat ini, Bandara Silangit sedang dikembangkan seperti memperluas landasan pacu (runway) dari panjang 2.250 meter dan lebar 30 meter saat ini menjadi panjang 2.650 meter dan lebar 45 meter.

Tujuannya agar bandara tersebut dapat didarati pesawat sekelas Boeing 737-800 mulai tahun 2017.

"Kami sudah menyiapkan lahan seluas 156 hektar yang akan dipinjam Angkasa Pura II. Semoga Desember 2016 bisa rampung. Jika sudah selesai, Sriwijaya Air katanya mau bikin rute Singapura ke Silangit dan Malaysia ke Silangit," ujarnya.

"Untuk mewujudkan itu, perlu pesawat berbadan lebar sehingga runway-nya harus diperpanjang," lanjutnya.

Pengembangan Bandara Silangit bagian dari upaya meningkatkan wisata ke Danau Toba. Hal itu sesuai keinginan Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang diprioritaskan untuk dikembangkan oleh Kementerian Pariwisata. (TAp/kompas)

  BeritaTerkait
  • Jargon Minoritas-Mayoritas Keagamaan Belum Hilang

    3 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) Masa Bakti 2015 – 2020, Baktinendra Prawiro,MSc,MH mengatakan persoalan politik di I

  • Jokowi Resmikan Jalan Tol di Sumut

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) didampingi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi, Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan

  • Pemprov Sumut Diminta Segera Ambil Alih Lahan di Bandung

    3 tahun lalu

    Santer disorot publik Sumut kini adalah adanya tanah seluas 3.000 meter persegi, di jalan Batu Tulis III, Kelurahan Batu Nunggal, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, yang terdaftar sebagai aset pemerintah provinsi Sumut. Terkait tanah ini, Komisi C menda

  • Nikson Silalahi, Membangun Kabupaten Dairi Lewat Pendidikan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak): Sebagai anak dari seorang petani, Nikson Silalahi yang lahir dan besar di Parongil/Dairi merupakan anak kampung tulen. Dia penggemar olahraga bola kaki dan bulu tangkis yang k

  • Friedrich Silaban Disebut "By the Grace of God" Oleh Soekarno

    3 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Lahir di Bonandolok, Sumatera Utara, 16 Desember 1912, Friedrich Silaban hanya bersekolah di HIS Narumonda, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, dan Koningin Wilhelmina School, sebuah sekolah teknik di Jakarta.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb