• Home
  • News
  • Menteri PPN/Kepala Bappenas Apresiasi Kiprah RSU Sari Mutiara Medan dan USM Indonesia
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 13 April 2018 13:10:00

Kembali Layani Pasien BPJS Kesehatan

Menteri PPN/Kepala Bappenas Apresiasi Kiprah RSU Sari Mutiara Medan dan USM Indonesia

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
KUNJUNGAN Menteri PPN Kamis (14/4) ini, dilakukan tiga hari pasca-Rumah Sakit Umum (RSU) Sari Mutiara Medan kembali melayani peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sejak 9 April 2018 lalu.

Menteri juga hadir ke Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia yang letaknya berdekatan dengan RSU Sari Mutiara Medan yang memiliki motto Kini Lebih Baik. 

Menteri berjalan kaki melihat ruang perawatan pasien BPJS Kesehatan di lantai III RSU Sari Mutiara Medan dan perguruan tinggi tersebut. Kedatangan tokoh nasional yang pernah menjadi Menteri Keuangan pada Kabinet Kerja dan Wakil Menteri Keuangan pada Kabinet Indonesia Bersatu II di institusi kesehatan dan pendidikan disambut antusias tim medis, pasien dan keluarga, dosen dan mahasiswa.  

Karenanya, silaturahim menteri di Sari Mutiara meski hanya berlangsung sekira 30 menit namun sangat terkesan dengan keberadaan dua lembaga yang dikelola Yayasan Sari Mutiara tersebut.

Didampingi Ketua Yayasan Sari Mutiara/Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba SH MM, Pengawas RSU Sari Mutiara Medan dr Tuahman F Purba MKes SpAn dan Rektor USM Indonesia Dr Ivan Elisabeth Purba MKes, menteri yang lahir di Jakarta pada 3 Oktober 1966 ini langsung mengutarakan apresiasi.

''RSU Sari Mutiara Medan dan USM Indonesia berada dikawasan perkotaan strategis yang memudahkan masyarakat datang. Demikian pula dengan fasilitas, luas tanah dan keasrian dengan banyak tanaman,'' kata menteri PPN yang dijabatnya sejak 27 Juli 2016.

Menteri yang meraih magister dan doktor dari University of Illinois di Urbana-Champaign Amerika Serikat juga pernah menjadi Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. 

''Saya juga pernah jadi dekan, namun tak berhasil jadi rektor,'' kata Prof Dr Bambang PS Brodjonegoro saat mengawali pembicaraan dengan Rektor USM Indonesia Dr Ivan Elisabeth Purba MKes.

Dalam wawancara khusus dengan Sumut Pos, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Prof Dr Bambang PS Brodjonegoro menegaskan apresiasi terhadap rumah sakit dan universitas yang dikelola pihak swasta oleh Yayasan Sari Mutiara.

''Pemerintah tentunya sangat mengapresiasi karena melalui rumah sakit membantu pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan. Melalui universitas, tentunya Sari Mutiara berperan mencerdaskan kehidupan bangsa terutama dalam memenuhi kebutuhan sarjana dan magister yang dibutuhkan Indonesia,'' ujarnya.

Terkait derajat kesehatan masyarakat di Sumut, menteri mengutarakan kondisinya sudah cukup baik. Namun ia berharap kedepan dapat lebih baik lagi. ''Partisipasi pihak swasta semacam ini sangat dibutuhkan. Sebab tidak hanya pemerintah yang bertanggung jawab terhadap masalah kesehatan,'' urainya.

Kepada Gubsu dan Wagubsu baru hasil Pilgubsu 2018, menteri juga punya pesan. ''Harapannya agar gubernur dan wakil gubernur dapat membuat Sumut makin mampu menyejahterakan masyarakat. Juga menjadikan Sumut menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia,'' ujar menteri. 

Ketua Yayasan Sari Mutiara/Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba SH MM, Pengawas RSU Sari Mutiara Medan dr Tuahman F Purba MKes SpAn dan Rektor USM Indonesia Dr Ivan Elisabeth Purba MKes mengapresiasi kunjungan menteri ke Sari Mutiara.

Pengawas RSU Sari Mutiara Medan dr Tuahman F Purba MKes SpAn menegaskan komitmen rumah sakit dengan motto Kini Lebih Baik dalam mengurangi angka kesakitan dan kematian. 

''Bapak Menteri melihat langsung melihat dan tanya jawab kepada pasien. Beliau senang karena RSU Sari Mutiara telah memberikan pelayanan kepada pasien. Kita berharap dapat terus meningkatkan pelayanan,'' jelasnya.

Dengan motto Kini Lebih Baik, Tuahman Purba mengutarakan mulai dari pintu depan rumah sakit harus dapat memenuhi semua harapan dan kemauan pasien yang disesuaikan dengan standar. Kita berorientasi pada kepuasan pelanggan,'' sebut pengawas RSU Sari Mutiara Medan. 

Kehadiran menteri, menurut Rektor USM Indonesia, juga menambah semangat dan motivasi untuk berkembang lebih baik dalam berkontribusi bagi bangsa dan negara. ''Ini momentum bagi USM Indonesia yang baru berusia lima tahun agar universitas ini mampu menjadi kebanggaan Sumut dan Indonesia,'' katanya.

Rektor juga berharap pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dapat lebih memperhatikan perguruan tinggi. ''Berbagai masukan dan penelitian yang dilakukan dosen dan mahasiswa di daerah mudah-mudahan berguna dan diperhatikan pemerintah,'' imbuhnya. (*)
  BeritaTerkait
  • Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Kunjungi Kampus USM Indonesia

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak)' Di sela-sela kunjungannya di Provinsi Sumatra Utara Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Prof. Dr. Bambang Permadi Soemantri Bodjonegoro, SE, M.UP, Ph.D menyempatk

  • Menteri Lantik Persatuan Pedagang Sumut

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo memerintahkan Kementerian Perdagangan bersama pemerintah daerah untuk memperbaiki, merenova

  • Kepala BPS Provinsi Sumatera Utara Beri Kuliah Umum di Kampus USM-INDONESIA

    2 hari lalu

    Medan(Pelita Batak): Guna menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa, Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia mengadakan Kuliah Umum bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera U

  • Parlindungan Purba : Bencana di Sumut Berbeda

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Bencana alam yang terjadi di Sumut khususnya bencana gunung api, sangat berbeda dengan daerah lain di Indonesia. Belajar dari bencana Gunung Api Sinabung yang berlangsung sejak 2

  • USAID Bangun Sistem Penyediaan Air Bersih di Sumut

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menyambut baik penyediaan air bersih untuk masyarakat perkotaan yang dilakukan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID). Hal it diseb

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet