• Home
  • News
  • Medan Amplas Terus Gencar Bersihkan Parit dan Drainase
Rabu, 11 Oktober 2017 22:51:00

Medan Amplas Terus Gencar Bersihkan Parit dan Drainase

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Jajaran Kecamatan Medan Amplas  terus gencar melakukan pembersihan dan pengorekan parit guna mengantisipasi terjadinya banjir menyusul tingginya intensitas hujan belakangan ini. Selasa (11/10), giliran parit inpres di Kelurahan Amplas yang selama ini tersumbat menjadi objek pembersihan.

Camat Medan Amplas Khoiruddin rangkuti menurunkan puluhan personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) untuk membersihkan  dan mengorek parit inpres tersebut. Selain banyak sampah, parit juga  dipenuhi semak belukar sehingga menyebabkan penyumbatan.

Di samping itu parit juga mengalami penyempitan sehingga  membuat  air sulit mengalir. "Kondisi inilah yang membuat parit tidak berfungsi. Akibatnya bisa ditebak, setiap kali hujan deras turun, air parit langsung meluap dan menggenangi halaman maupun rumah warga," kata Khoiruddin.

Untuk mengantisipasinya, Khoiruddin pun langsung memimpin pembersihan dan pengorekan parit inpres. Seluruh personel P3SU langsung memasuki parit dan memulai beraksi. Dengan penuh semangat mereka pun membersihkan parit dari semak belukar. Setelah itu dilanjutkan dengan pengorekan sampah dan lumpur.

Kemudian diteruskan dengan mengorek pinggiran parit untuk mengatasi penyempitan yang selama ini terjadi. Walaupun hanya mengandalkan cangkul dan penggaruk saja namun personel P3SU mampu menjalankan tugas dengan baik. Selain bersih, air parit juga mulai mengalir dengan lancar.

Khoiruddin pun merasa puas dengan hasil kerja personel P3SU.  Untuk itu dia mengajak seluruh warga sekitar menjaga kebersihan parit inpres agar tidak tersumbat kembali. "Marilah kita jaga bersama kebersihan parit inpres dengan tidak membuang sampah sembarangan ke dalamnya. Apabila parit ini tersumbat, masyarakat sekitar juga yang akan merasakan dampaknya," pesannya.

Sehari sebelumnya, Senin (10/10), Khoiruddin juga mengerahkan sebanyak 35 personel P3SU mengorek drainase di Jalan Garu IV, Kelurahan Harjosari I. Pengorekan ini dilakukan mulai depan kantor Samsat Jalan Sisingamangaraja  hingga tembus Jalan Garu I. Normalisasi ini dilakukan  untuk menjaga kebersihan drainase sekaligus sehingga dapat menampung debit air ketika hujan deras turun.

Ketika melakukan pengorekan, pesonel P3SU pun menerobos masuk gorong-gorong yang selama ini dipenuhi sampah. Mereka berhasil membersihkan seluruh sampah maupun lumpur yang selama ini menghambat kelancaran arus air. Bekat kerja keras personel P3SU, gorong-gorong pun kini bersih dari sampah sehingga membuat air lancar mengalir.

"Kami sangat mengharapkan dukungan penuh dari warga sekitar untuk menjaga kebersihan drainase dan gorong-gorong ini. Ingat, tanpa dukungan penuh seluruh warga sekitar, pekerjaan yang kita lakukan ini akan sia-sia. Kalau bukan kita, siapa lagi yang menjaga kebersihan parit dan gorong-gorong ini," ujar Khoiruddin. (H|TAp)
  BeritaTerkait
  • Eldin Libas 'Biang Kerok' di Amplas

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Dinas Bina Marga Kota Medan kembali melanjutkan pengorekan parit, Selasa (30/8). Kali ini giliran parit Sulang-Saling di Jalan Garu III, Kelurahan Harjo Sari I, Kecamatan Medan Amplas yang dikorek. Pengorekan ini dilakukan untuk me

  • ASN Kelurahan Sitirejo II & P3SU Bersihkan Drainase Depan SDN 100

    2 minggu lalu

    Medan (Pelita Batak):Pembersihan drainase terus gencar dilakukan mengantisipasi terjadinya penyumbatan yang berdampak menimbulkan genangan air maupun banjir pada saat hujan deras turun. Kali ini  

  • Eldin Minta Diberi Kesempatan Oleh Warganya

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Saat warga Medan semakin resah dengan kondisi pembangunan di ibu kota provinsi Sumut itu, Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi kini meminta diberikan kesempatan untuk membenahi yang tertinggal. Kini ia sibuk turun memantau pen

  • Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Syiar Islam

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Asisten Umum Setdakot Medan, Ikhwan Habibi Daulay meletakkan batu pertama tanda dimulainya pembangunan Masjid Syiar Islam di J

  • P3SU Medan Petisah Bersihkan Bantaran Sungai Putih

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Puluhan petugas buser yang tergabung dalam Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) diturunkan untuk membersihkan bantaran Sungai Putih di kelurahan Sei Putih tengah,

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online