• Home
  • News
  • Masuk Tahun 2018, Warga Tambiski Silangkitang Sudah Nikmati Aliran Listrik
Rabu, 15 November 2017 13:37:00

Masuk Tahun 2018, Warga Tambiski Silangkitang Sudah Nikmati Aliran Listrik

BAGIKAN:
Saut Ritonga
PLTMH

Tapsel (Pelita Batak) : Pada Januari 2018, diharapkan listrik di Desa Tambiski Silakkitang, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) sudah menyala. 

"Pembangunan PLTMH sudah mencapai 75 persen. Sehingga sekitar 152 kepala keluarga warga, tersebar di 8 Dusun tak lagi kegelapan," ujar Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu SH, saat meninjau pembangunan PLTMH tersebut, Minggu 12 November 2017 lalu.

Dikatakan, melalui PLTMH tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kesejahteraan warga di desa itu dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki, dan terpenting, warga harus kompak, dan secara bersama dapat merawat dan menjaga PLTMH ini, terutama kelestarian hutan di sekitarnya.

Dikatakan, PLTMH merupakan anugrah bagi warga, sebab akan menjadi jawaban dari keterbatasan penerangan listrik yang selama ini dirasakan. Apalagi ketahanan pembangkit itu sendiri, sangat tergantung dengan warga. Tentunya harus mampu menjaga dan memelihara hutan, dengan cara tidak sembarangan menebangi kayu didalamnya.

Bupati juga menegaskan, agar Kepala Desa, Ketua BPD, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta masyarakat seluruhnya, segera menyusun Perdes tentang pemeliharaan hutan. Dan secepatnya membentuk panitia pengurus yang bekerja merawat dan memeiliha PLTMH itu nantinya.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian Helmi menjelaskan, dari 15 unit  PLTMH yang dibangun di Tapsel, PLTMH Tambiski merupakan yang terbesar dan memiliki potensi air yang berlimpah. Dan diyakini debit air dari Aek (Aliran air) Silaiya, terjaga selama 12 bulan untuk menggerakkan pembangkit.

"Berdasarkan pengalaman, debit airnya sangat terjaga karena tangkapan air di hulu, merupakan hutan yang masih terjaga. Dan sesuai harapan bupati, masyarakat harus lebih menjaga hutan agar PLTMH ini awet nantinya," ungkapnya.

Diterangkan,  karena kondisi jarak antar dusun yang relatif berjauhan, pembangkit tersebut juga memakai kabel Tegangan Menangah (TM) dengan panjang sekitar 5 km, dari total sekitar 12 km panjang jaringan yang direncanakan.

"Jaringan kabel untuk menyuplai energi keseluruh rumah warga diperkirakan mencapai 12 km. Dan sekitar 5 km menggunakan Tegangan Menenangah (TM), dan sisanya Tegangan Rendah (TR), dan selanjutnya dipasang kerumah warga, termasuk instalasi didalamnya dan juga terpasang masing-masing tiga bola lampu. masyarakat tinggal centak tanpa dipungut biaya," terangnya.

Saat ini sambung Helmi, telah selesai dibangun bendungan, dan saluran air. Juga instalasi diseluruh rumah warga. Sedangkan pembangunan Power House dan pipa serta turbin serta jaringan kabel dengan tiang besi sepanjang 12 km lebih kurang, sedang berjalan.

"Sesuai rencana, pembangkit ini menggunakan heat 30 meter, dan pipa dengan diameter 57 cm, sepanjang 200 meter dan  akan mendorong air memutar turbin dengan jenis Cros Flow atau arus silang," ujarnya.

Dedi sef Manejer dari PT KIara Ide Bersama Bandung yang merupakan pihak ketiga dari pembangunan PLTMH tersebut mengatakan, diperkirakan pada pertengahan Desember 2017, pembangunan PLTMH Tambiski telah rambung.

Pihaknya akan terus mengebut progres kerja untuk mewujudkan harapan masyarakat untuk menyalanya listri di Desa yang memiliki 8 Dusun itu pada Januari 2018.

"Kendala selama ini adalah pemindahan barang dan peralatan yang dibutuhkan, apalagi kondisi cuaca dan medan yang relatif sulit, namun kami optimis pertengan Desember telah rampung," sebutnya.

Kepala Desa Silakkitang Tambiski Irwan Desember Ritonga mengatakan, masyarakat selalu siap membantu dan mendukung percepatan pembangunan PLTMH tersebut sesuai kemampuan masing masing.(Saut Togi Ritonga)

  BeritaTerkait
  • PLTMH Gunting Pege Mulai Dikerjakan

    3 bulan lalu

    Tapsel(Pelita Batak): Sekitar 150 Kepala Keluarga (KK) warga Gutting Pege dan Huta Tonga, Desa Gorahut, Kecamatan Aek Bilah diperkirakan bakal menikmati saluran listrik sehubungan dengan pembangunan P

  • Ini Lokasi Wisata Bagus di Humbahas

    tahun lalu

    Kabupaten Humbanghasundutan menyimpan panorama alam yang luar biasa untuk dunia pariwisata. Wisata alam, kuliner, wisata air dan yang lainnya bisa memberikan sentuhan pengalaman yang alami dan spektakuler.

  • Jokowi: Listrik, Bandara dan Ringroad Proritas Nias

    tahun lalu

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Hj. Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja perdana di Kepulauan Nias, Jumat (19/8/2016). Jokowi juga didampingi sejumlah pejabat negara antara lain,  Menteri Sekreta

  • Spider Excavator Diturunkan Ke Sungai Bederah

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Setelah Sungai Selayang, kini giliran Sungai Berderah yang dikeruk Dinas Bina Marga Kota Medan, Kamis (6/10/2016). Dalam pengerukan ini, Dinas Bina Marga kembali menurunkan alat berat terbarunya, Spider Excavator untuk mengeruk Sun

  • Ditemukan, Uang Nangkring di Luar Negeri Berjumlah Rp 11.000 Triliun

    12 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak) :Mengejutkan, ternyata setelah dilakukan pendataan seluruh uang warga negara Indonesia yang berdomisili di negara asing mencapai Rp 11.000 triliun. Jumlah yang sangat seksi ketika sata ini bangsa ini mengalami kondisi ekonomi yang s

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online