• Home
  • News
  • Masak Daging Babi? Ini Caranya Agar Tak Hilang Rasa
KSP Makmur Mandiri
Senin, 11 Februari 2019 13:24:00

Masak Daging Babi? Ini Caranya Agar Tak Hilang Rasa

BAGIKAN:
ist
Medan (Pelita Batak):
Ternyata bukan saja di daerah Sumatera Utara dan beberapa daerah di Indonesia, daging babi menjadi bahan masakan khas di negeri Tiongkok. Pada Tahun Baru China atau Imlek, daging babi juga ikut disajikan, bersama mie, kue keranjang dan jeruk.

Jika di acara-acara adat suku Batak, daging babi menjadi seolah sakral. Tidak jauh beda dengan perayaan Imlek, Menyantap daging babi dipercaya dapat membawa keberuntungan dan menjauhkan dari sifat malas-yang dianggap lekat dalam sosok babi.

Jika di daratan Tiongkok biasanya menu berdaging babi disajikan dengan bumbu sederhana yang bercitarasa asin, maka di Indonesia, seperti Bali, biasanya menu ini dimasak dengan bumbu sarat rempah dengan citarasa akhir yang asam serta pedas.

Executive Chef Plataran Canggu Resort & Spa, Resky Tri Anggoro, mengatakan kalau hotelnya menyajikan menu daging babi dengan konsep yang kedua. Salah satu menu daging babi andalan hotel ialah Pork Sambal Matah.

Citarasa Indonesia memang menjadi bukan sekadar slogan atau dekorasi dalam hotel ini, sehingga menu berdaging babi yang disajikan bakal diselipi rempah khas masakan Indonesia, seperti lengkuas, kencur, jahe, kunir, daun salam, kemiri serta pala.

"Biasanya kalo cara masak Chinese itu dengan bumbu charsiu, cara masaknya juga beda. Kalau Chinese setelah di kasih bumbu charsiu langsung dipanggang, kalau di Bali setelah dipotong lalu dibakar bulunya, dipisahkan daging dari bulunya, baru dipanggang," kata Rezky.

Bagi Resky, kunci dari lezatnya menu daging babi bukan cuma dari bumbu namun juga berasal dari ketepatan cara mengolah dagingnya, sehingga rasa asli daging babi yang gurih akan tercecap di lidah.

"Sebelum memasak, saya melakukan marinasi daging babi dulu selama 24 jam. Bumbunya garam, gula, bubuk kayu manis, dan bubuk rempah-rempah. Bisa ditambahkan perasan air jeruk nipis atau lemon untuk menghilangkan bau amis. Setelah 24 jam baru siap disajikan, mau langsung dibakar atau direbus," kata Resky.

"Saya biasanya memasaknya lagi dengan teknik slow cooking selama tiga jam dengan suhu oven 100 derajat Celcius agar empuk, baik nantinya dibakar atau direbus," lanjutnya.

Walau terdengar sederhana seperti memasak daging sapi atau ayam, memasak daging babi juga perlu kehati-hatian agar terhindar dari kesalahan memasak yang akhirnya melunturkan rasa khasnya.

"Kesalahan masak seperti terlalu panas biasanya terlalu banyak keluar minyak jadinya kering," ujar Rezky.

Resky lanjut mengatakan kalau banyak orang yang merasa daging babi sama seperti daging sapi atau ayam.

Padahal, ada bagian tertentu yang menurutnya 'sangat babi', yakni daging di bagian perut babi alias pork belly.

Bagian ini sangat kaya daging dan kaya rasa, sehingga orang yang baru pertama kali mencicipi kuliner babi wajib mencoba pork belly.

Khusus Rezky, dirinya mengaku menyukai daging babi bagian babat alias pork tripe.

Selain tak kalah enak dengan pork belly, ia mengatakan kalau bagian itu sangat cantik untuk disajikan di atas piring.

"Pork tripe bakal lebih keluar rasanya saat dipanggang. Tapi ingat, cara masaknya berbeda dengan pork belly atau bagian lainnya. Lebih sebentar, karena kandungannya hanya daging," pungkas Rezky.(CNNIndonesia|TAp)
  BeritaTerkait
  • Polres Karo Bakal Tetapkan Tiga Tahanan Rutan Kabanjahe Jadi Tersangka, Penjual Gorengan Dibebaskan

    3 tahun lalu

    Kabanjahe (Pelita Batak): Tiga orang tahanan bakal ditetapkan sebagai tersangka lagi oleh Sat Narkoba Polres Karo, menyusul diamankannya seorang penjual gorengan  berinisial SF (56) di Rutan K

  • Masak So Pola Dilompa: Peru Punya Ceviche, Batak Punya Naniura

    2 tahun lalu

    Danau Toba (Pelita Batak): Kapan terakhir Anda berjalan-jalan ke Danau Toba atau Sumatera Utara? Sudah sempat merasakan masakan spesial ini? Dimakan mentah namun tanpa bau amis sedikit pun. &nb

  • Pascapembunuhan di Medan Barat, Menteri Sosial Jenguk Kinara

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa yang didampingi oleh Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution berkunjung ke Rumah Sakit Adam Malik Medan untuk melihat kondisi Kina

  • Diduga Langgar Hukum, Pengunjukrasa di Perayaan HUT Humbahas Diboyong ke Kantor Polisi

    2 tahun lalu

    Doloksanggul,Humbahas (Pelita Batak): Aksi unjukrasa puluhan orang yang mengaku dari mahasiswa pada saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-14 kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) di Tanah Lap

  • Ephorus HKBP Pimpin MBO - Jubileum 75 Tahun dan Resmikan Gereja HKBP Sarimatondang

    tahun lalu

    Oleh: Pdt. Alter Pernando Siahaan, S.Th (Sekretaris Khusus Ephorus)Sarimatondang(Pelita Batak): Peletakan batu alas gereja dan Jubileum 75 Tahun HKBP Sarimatondang dipimpin Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb