• Home
  • News
  • Martin Manurung Harapkan BPJS Bijak Terkait Polemik RSU HKBP Balige
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 15 Maret 2019 20:40:00

Martin Manurung Harapkan BPJS Bijak Terkait Polemik RSU HKBP Balige

BAGIKAN:
IST|pelitabatak
Martin Manurung
Tobasa (Pelita Batak):
Polemik Rumah Sakit Umum (RSU) HKBP Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) yang sejak Januari 2019 lalu tidak menerima pasien yang terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) diharapkan segera berakhir. Pasalnya, Bupati Darwin Siagian, Jumat (15/03/2019) telah memediasi kedua pihak.

Mediasi antara pihak RSU HKBP Balige dengan pihak BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar berlangsung di ruang rapat mini kantor Bupati Toba Samosir. Dari pihak RSU HKBP, dihadiri langsung oleh Plt Direktur HKBP Balige, Nelson Siburian. Sedangkan dari pihak BPJS Kesehatan Pematangsiantar dihadiri langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan Pematangsiantar, Windharian Siallagan.

Kabag Hukum Pemkab Tobasa, Lukman Siagian, mengatakan, Bupati Tobasa menjadi fasilitator mediasi kedua belah pihak agar masalah yang selama ini berlarut-larut segera teratasi.

"Pintu kerjasama telah kembali dibuka. Pihak BPJS Kesehatan meminta Yayasan HKBP untuk melengkapi akte yayasan," katanya.

Plt Direktur RSU HKBP Balige, Nelson Siburian menyatakan akan segera melengkapi semua persyaratan yang diminta pihak BPJS, sehingga pelayanan kesehatan untuk pasien BPJS dalam bulan ini dapat berjalan.

Menanggapi hal ini, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Martin Manurung menyambut baik langkah Bupati Tobasa Darwin Siagian yang menjadi fasilitator mediasi ini.

Caleg DPR RI nomor urut 1 dari Dapil Sumut 2 ini juga berharap, BPJS segera mengambil kebijakan yang terbaik, agar permasalahan ini segera terselesaikan.

"RSU HKBP Balige sangat dibutuhkan oleh masyarakat Tobasa dan umumnya sekitar kawasan Danau Toba. Kedepannya mari kita utamakan kepentingan masyarakat banyak," ungkapnya.

Martin juga menjelaskan, pemutusan kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan RSU HKBP Balige selama ini sangat merepotkan masyarakat. Sebab, selain karena tidak adanya pilihan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, jarak dari satu daerah ke daerah yang memiliki fasilitas kesehatan juga sangat jauh.

Martin berharap BPJS memahami perbedaan ketersediaan layanan kesehatan di Jawa dan luar Jawa. Bila BPJS memutus layanan terhadap satu atau beberapa rumah sakit di Jawa, tambah Martin, masyarakat masih memiliki puluhan, bahkan ratusan lagi rumah sakit yang tersedia.

"Sementara di luar Jawa, seperti di Toba, penghentian layanan BPJS di satu rumah sakit saja, bisa berdampak luas karena ketersediaan fasilitas yang terbatas. Jadi, kita harapkan BPJS dapat mengambil kebijakan yang terbaik untuk masalah RSU HKBP Balige ini," pungkasnya.(TAp|*)
  BeritaTerkait
  • Khotbah Natal Pemprovsu, 19 Desember 2018 di Hotel Danau Toba, Medan, pkl 17.00: "Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita" (1 Korintus 1:30)

    3 bulan lalu

    Oleh: Pdt Dr. Robinson Butarbutar, Ketua Rapat Pendeta HKBPHP/WA: 0812-62472015Sub Tema: "Dengan Perayaan Natal Pemprovsu Berhikmat Melayani Masyarakat Menuju Sumut Lebih Bermartabat."PengantarSaudara

  • Ephorus HKBP Pastikan Medis dan Pegawai Rumah Sakit HKBP Balige Terima hak Gaji

    3 minggu lalu

    Balige(Pelita Batak): Pimpinan HKBP Ompu i Ephorus Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing mengunjungi Rumah Sakit HKBP Balige yang didampingi Praeses HKBP Distrik XI Toba Hasundutan Pdt. Donda Simanjuntak, S.Th

  • Ketua Umum, Yasonna H Laoly : Kalau Kita Bersatu, Kita Bisa!

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pembina Yayasan Umat Kristen Sumatera Utara (YUKSU) Pdt Dr Bonar Napitupulu melantik Kepengurusan YUKSU yang baru, Sabtu (17/2/2018) di Christian Centre YUKSU Jl Bunga Rampe IV,

  • 120 Murid Angkatan XXIX Yasop SMA N 2 Balige Dikukuhkan

    8 bulan lalu

    Balige (Pelita Batak):Pendidikan merupakan jendela masa depan untuk dapat meningkatkan derajat dan martabat manusia. Dengan pendidikan manusia dapat melakukan dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik

  • Dengarkan Suara Rakyat! Terkait SK 579. Martin Manurung Siap Membantu Warga Samosir

    3 bulan lalu

    Samosir(Pelita Batak ): Kampanye dengan  berdialog langsung dengan masyarakat merupakan cara yang efektif untuk meraih dukungan dari para pemilih. Seperti yang dilakukan Caleg NasDem DPR RI Daera

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb