• Home
  • News
  • Malam Keakraban HIMPA : Perantau Asal Pakkat Solider dan Peduli Kampung Halaman
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 16 Mei 2018 17:32:00

Malam Keakraban HIMPA : Perantau Asal Pakkat Solider dan Peduli Kampung Halaman

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Sibolangit (Pelita Batak):
Himpunan Mahasiswa Pakkat (HIMAPA) mengajak masyarakat perantau asal Pakkat untuk lebih meningkatkan solidaritas dan kepedulian akan kampung halaman.

Ajakan itu disampaikan lewat kegiatan Malam Keakraban yang rutin dilaksanakan. Kegiatan yang menjadi wadah dalam menumbuhkembangkan potensi Mahasiswa/i asal Pakkat untuk menjadi manusia yang benar-benar intelek. Rangkaian acara dilaksanakan mulai dari hari Jumat, 11 Mei 2018 hingga Minggu 13 Mei 2018 di Mess Bumi Perkemahan PTPN VII Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan yang terlaksana oleh dibentuknya tim kerja oleh BPH HIMAPA pada hari minggu tanggal 18 Maret 2018.

Kegiatan yang diisi dengan Dialog interaktif dengan Materi, "Mengulas Kembali Sejarah Pergerakan Mahasiswa Indonesia" yang di moderatori oleh Bernata Manalu, salah seorang senioren. Bernata Manalu dalam materinya mengajak seluruh peserta untuk mengulas rentetan sejarah pergerkan Mahasiswa di Indonesia dimulai dari pergerakan Boedi Utomo tahun 1908 yang berdiri pada 20 Mei 1908, 1928 ada Indonesia Vereneeging, 1945 dimana Kelompok Studi berubah menjadi Partai Bangsa Indonesia hingga peristiwa Rengasdengklok dan proklamirnya kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Dilanjutkan dengan tahun 1966 ada Perserikatan Perhimpunan Mahasiswa Indonesia hingga pada 1998 reformasi dan berbagai sejarah lainya.

"Sejarah adalah fakta, mengetahui sejarah bukanlah suatu keluarbiasaaan melainkan keharusan terlebih di saat sekarang ini, jaman yang serba terbuka. Hanya saja, apakah kita masih memiliki keinginan untuk mengetahui sejarah itu sendiri ? Saya mengajak kawan-kawan semua untuk lebih rajin membaca, karena hanya lewat membaca kita bisa mengetahui apa yang harus kita lakukan untuk melanjutkan perjuangan-perjuanagan pendahulu. Bacalah buku sebanyak-banyaknya, jangan main gadget melulu," kata Bernata.

Pada Sabtu, juga diadakan dialog "Organisasi dan Solidaritas"  yang dibawakan oleh Azari Tumanggor (Sekretaris HIMAPA periode 2017-2018). Kemudian diteruskan dengan "Membumi (menyatu dengan alam)". Kegiatan ini berfungsi untuk mengenal dan berekonsiliasi dengan alam sehingga kader-kader HIMAPA dibentuk menjadi cinta linkungan sosial dan alam sekitar. Peserta HIMAPA berkeliling Bumi Perkemahan Sibolangit sambil bercerita tentang alam dan manfaatnya bagi manusia. Juga menekankan bagaimana kondisi alam dalam efek globalisasi/penduduk yang mulai meningkat. Setelah itu sekitar pukul 17.30. WIB kegiatan dilanjutkan dengan games untuk membubuhi kekompakan serta solidaritas sesama mahasiswa dan senior. Malam hari pukul 20.00 WIB setelah makan malam dan mandi, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tentang "Sejarah Himpunan Mahasiswa Pakkat" yang dibawakan oleh senior HIMAPA, Parno Mahulae.

Kilas Balik Pentingnya Kegiatan

Mahasiswa merupakan kelompok muda intelektual yang harus ditingkatkan dalam pemahaman sosial, lingkungan, dan manusia. Membubuhi mental-mental untuk penduli terhadap kondisi bangsa tentu bukanlah hal instan yang dapat dilakukan sekejap mata. Mahasiswa harus terlebih dahulu mempunyai wadah "organisasi" untuk dikader menjadi manusia yang matang secara kepribadian juga kaya akan wawasan. Langkah demi langkah tentu menjadi pusat perhatian setiap organisasi agar manusia intelektual yang disebut mahasiswa tidak terjerumus dalam ketidak-teraturan perilaku, tapi justru ikut berkontribusi besar menjadi teladan/pengaruh ditengah-tengah masyrakat.

Kehadiran Himpunan Mahasiswa Pakkat juga mempunyai tujuan yang sama. Selain untuk meningkatkan solidaritas, HIMAPA juga menekankan bertapa pentingnya sikap kritis serta mendahulukan pemikiran yang kreatif dan visioner agar nantinya setiap mahasiswa yang bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Pakkat mampu menjadi penggerak dimana pun dia berada. HIMAPA terus berupaya membangun kecakapan komunikasi anggota sebagai alat untuk menumbuhkan sikap toleransi, saling memahami, juga bergerak satu tujuan yang nantinya juga berfungsi meningkatkan solidaritas masyarakat dimana pun dia berada.

Itulah yang menjadi acuan penting mengapa Himpunan Mahasiswa Pakkat (HIMAPA) harus melakukan "Malam Keakraban". Kegiatan yang berlangsung tanggal 11-13 Mei 2018 ini menjadi titik dasar propaganda akan tujuan HIMAPA dan terlebih tujuan manusia dalam berbangsa dan bertanah air. Dengan tema "Membangun sikap kritis dan solidaritas sesama Mahasiswa", setiap anggota HIMAPA diingatkan bertapa pentingnya sikap kritis dalam melihat dan menganalisis setiap kejadian didalam tatanam sosial serta mampu memberikan solusi bahkan dalam situasi mental manusia yang porak poranda. Selain itu ditengah-tengah maraknya intoleransi, melalui kegiatan ini peserta diberi pemahaman tentang pentingnya sikap solidaritas bahwa manusia sebagai mahluk sosial tidak bisa hidup sendirian. Harus saling ketergantungan satu sama lain dengan manusia beragama apa pun dan berasal dari mana pun. Demikian nanti HIMAPA ikut berpartisipasi secara perlahan membangun stabilitas sosial dan politik. (Biro Pers HIMAPA)
  BeritaTerkait
  • Parnados Menyatukan Masyarakat Humbahas Melalui Konser Aek Sibundong In Harmony

    2 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Parsadaan Nahumaliang Doloksanggul (Parnados) sukses menggelar Konser Amal bertajuk "Aek Sibundong in Harmony" di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu malam, 22 Oktober 20

  • Masyarakat Perantau Harus Menjadi Duta Sumut

    2 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengimbau masyarakat Sumut yang ada diperantauan menjadi duta dalam mempromosikan Sumut.

  • Marsiaman Saragih Apresiasai Rondang Bintang Panggung Hiburan Rakyat

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Panggung hiburan rakyat yang menampilkan etnis Simalungun dengan mengusung Malam Simalungun Rondang Bintang di Jalan Bukit Barisan berlangsung dengan suskes, Sabtu (5/11/2016). Ratusan pengunjung ter

  • Konser PARKASA Serentak Bernyanyi "O Tano Batak" Mengawali Acara Konser Kolaborasi Ratusan Artis Samosir (PARKASA) di Jakarta

    2 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Persatuan Artis Kabupaten Samosir (Parkasa) dibuka dengan penampilan lagu berjudul "O Tano Batak" secara serantak. Tampak hadir tokoh pemerhati musik asal Kabupaten

  • Soeara Kita" Djoss Menghimbau Masyarakat Asal Sumut Peduli Kampung Halaman

    7 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Deklarasi 'Soeara Kita' Djoss yang dilaksanakan di Taman Kuliner Landy Jatiwaringin Sabtu, 14 April 2018 dihadiri berbagai kalangan masyarakat dan berbagai ormas di wi

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb