• Home
  • News
  • Mahasiswa Asal Sumut Di Jakarta Kedepankan Moral Force
Jumat, 11 Agustus 2017 15:41:00

Mahasiswa Asal Sumut Di Jakarta Kedepankan Moral Force

BAGIKAN:
ist|Pelita batak
Jakarta (Pelita Batak) :
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi, meminta mahasiswa asal Sumatera Utara kuliah di Jakarta sekitarnya untuk melakukan perubahan dengan mengedepankan peran kekuatan moral atau moral force, direct of change, agent of change, iron stock, dan social control.

"Peran moral dunia kampus merupakan dunia dimana setiap mahasiswa dengan bebas memilih kehidupan yang mereka mau. Disinilah dituntut tanggungjawab moral sebagai individu untuk dapat menjalankan kehidupan yang bertanggungjawab dan sesuai dengan moral kehidupan ditengah masyarakat," kata Erry dihadapan ratusan mahasiswa pada acara silaturahmi dan ramah tamah di Jakarta, Kamis (10/08/2017) malam.

Acara yang diikuti ratusan mahasiswa asal Sumut ini adalah mahasiswa IPTDN, STIA LAN Jakarta,  STTPD, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, STMKG, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, dan mahasiswa dari Politeknik Sekolah Tinggi Manajemen Industri.

Dalam kesempatan itu, lanjut Erry, mahasiswa harus mampu mengemban dan mengembangkan seluruh sektor potensi baik pertanian, teknologi, perekonomian, sosial dan budaya serta potensi lain yang dapat memanfaatkan sumber daya alam Sumut yang begitu besar.

"Kalian menjadi harapan masyarakat Sumut mengembangkan potensi dengan ilmu yang dipelajari saat ini bisa lebih cakap, kreatif, mandiri, terampil, yang berkompeten dalam menggerakkan laju pertumbuhan ekonomi dan penanganan khususnya di Sumut," sebut Erry.

Masyarakat Sumut menanti kompetensi yang dimiliki mahasiswa dalam peran keikutsertaan membangun dengan ekspektasi dan tanggung jawab yang diemban dapat dibanggakan Sumut.

Selanjutnya kata Erry, peranan intelektual mahasiswa sebagai insan intelek harus dapat mewujudkan status tersebut dalam ranah kehidupan nyata.

"Untuk itu, semua mahasiswa asal Sumut yang ada di Jakarta ini saling asah, asih, dan asuh untuk meningkatkan kualitas, profesional, dalam menjalankan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme dalam keanekaragaman dan kemajemukan Sumut," ucap Erry.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan Jakarta Pemprov Sumut Affan Hasibuan yang menyelenggarakan acara ramah tamah mahasiswa asal Sumut dengan Gubsu menyatakan, acara ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan bertujuan mempererat hubungan Pemprov Sumut dengan mahasiswa yang tengah mengikuti pendidikan dan tugas belajar di Jakarta.

"Dengan demikian Pemprov Sumut dapat turut serta memonitor dan memberikan motivasi kepada mahasiswa tugas belajar agar mereka menyelesaikan pendidikan tepat waktu, dan dapat kembali ke daerah masing-masing untuk mengimplementasikan ilmu yang di dapat bagi pembangunan di Sumut yang lebih baik lagi," kata Affan dalam laporannya sebagai ketua penyelenggara acara kepada Gubsu.

Kegiatan ini guna mendapatkan wawasan dan informasi terkini di Sumut langsung dari Gubsu dan pejabat tinggi Pemprov Sumut, yang dapat bermanfaat bagi mahasiswa dalam perencanaan dan pengembangan karir kepegawaian sehingga ikut berkontribusi dalam peningkatkan kualitas sumber daya aparatur, terang Affan.

Hadir Kadis Pendidikan Sumut Arsyad Lubis, Kepala BKD Kaiman Turnip, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Agus Tripriyono, Kepala Bappeda yang diwakili Kabid Perencanaan Ekonomi, Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Hasmirizal Lubis.

Acara malam tersebut dihibur dengan berbagai penampilan lagu, musik dan tarian suku, etnis dan puak yang ada Sumatera Utara.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Anggota DPR RI Sahat Silaban Minta Gereja Gencar Kampanye Bahaya Narkoba

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Gereja melalui khotbah pendeta setiap kebaktian diminta untuk aktif dan  gencar mengkapanyekan bahaya narkotika dan obat berbahaya lainnya (Narkoba). Hal ini penting un

  • Masyarakat Perantau Harus Menjadi Duta Sumut

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengimbau masyarakat Sumut yang ada diperantauan menjadi duta dalam mempromosikan Sumut.

  • Konser PARKASA Serentak Bernyanyi "O Tano Batak" Mengawali Acara Konser Kolaborasi Ratusan Artis Samosir (PARKASA) di Jakarta

    7 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Persatuan Artis Kabupaten Samosir (Parkasa) dibuka dengan penampilan lagu berjudul "O Tano Batak" secara serantak. Tampak hadir tokoh pemerhati musik asal Kabupaten

  • Olivia Panggabean Siap Bersaing di Ajang Miss Indonesia

    6 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Adalah Friska Olivia Panggabean, 18 tahun, beruntung mewakili Sumatera Utara untuk tahun 2017. Dia lolos dari ratusan peserta untuk mengikuti ajang Putri Indonesia di Jak

  • Dirgahayu ke 14 Humbahas: Sekilas Sejarah Peran Serta Masyarakat yang Ada di Parserahan Atas Berdirinya Kabupaten Humbang Hasundutan

    3 bulan lalu

    Oleh: Gandhi PakpahanPARNADOS (PARSAHUTAON NAHUMALIANG DOLOKSANGGUL)PARNADOS yang berdiri pada tanggal 27 Januari 1995 mempunyai benang merah dengan PERNADOS yang berdiri sebelumnya dan wadah lain set

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online