• Home
  • News
  • Lepas Rindu, Paguyuban Batak Sawahlunto Gelar "Semalam di Bona Pasogit"
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 01 November 2016 05:41:00

Lepas Rindu, Paguyuban Batak Sawahlunto Gelar "Semalam di Bona Pasogit"

BAGIKAN:
Humas Pemko Sawahlunto
Paguyuban Batak Sawahlunto Sukses Digelar WALIKOTA Sawahlunto, Ali Yusuf menerima ulos dari Paguyuban Batak Dos Ni Roha dalam pentas seni" Semalam di Bona Pasogit".
Sawahlunto(Pelita Batak): Pan’s Trio dari Jakarta sukses hibur warga paguyuban Batak dan warga Sawahlunto dalam pagelaran pentas seni budaya yang digelar oleh Parsahutaon Dos Ni roha Sawahlunto bertajuk "Semalam di Bona Pasogit" atau "Semalam di Ranah Batak", Sabtu 29 Oktober 2016 lalu.
 
Meski hujan membasahi " Kota Arang" Sawahlunto, namun melalui tembang-tembang Batak, Pop Indonesia dan lagu Minang yang dilantunkan Pan’s Trio mampu menghipnotis warga Batak perantauan untuk ikut berdendang dan berjoget.
 
Ketua Paguyuban Batak Dos Ni roha Sawahlunto, P Simatupang menyebutkan, bentuk sumbangsih masyarakat Sawahlunto yang berasal dari Tapanuli mendukung program pemerintah setempat dalam pengembangan dan pelestarian seni budaya Indonesia.
 
"Sebagai bagian dari keberagaman multietnis Sawahlunto, kami warga Batak ingin berpartisipasi mendukung peslestarian itu dan mendukung pengembangan bidang kepariwisataan melalui pentas seni dan budaya," sebutnya.
 
Senada dengan itu, Ketua Pelaksana, J Simanjuntak manambah, kegiatan ini pembuktian dukungan dan kepedulian etnis Batak Sawahlunto terhadap pembangunan kota. Selain itu diberikannya ruang yang sama dengan semua etnis yang ada untuk berkreasi, semakin menguatkan keluarga Batak yang telah menjadi warga Sawahlunto untuk bersama-sama memajukan kota ini mencapai visi dan misinya.
 
"Mendukung pemerintah agar seni dan budaya tanah leluhur ini terus lestari tak lekang dimakan waktu, sekaligus ajang silaturahmi dan pelepas rindu perantau Batak akan kampung halamannya," sebut Simanjuntak.
 
Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf, yang hadir mengungkapkan apresiasinya atas keaktifan paguyuban Batak Dos Ni Roha dalam setiap even seni budaya di kota ini. Hal itu menunjukkan bentuk dukungan kuat seluruh warga Sawahlunto dalam mendukung pelestarian seni dan budaya di kota ini.
 
"Pemko sendiri akan terus mendukung dan mengakomodir seluruh paguyuban etnis yang ada termasuk paguyuban Batak, sehingga kesenian dan budaya yang telah menjadi bahagian kearifan lokal Sawahlunto yang terkenal dengan keberagaman suku dan budayanya senantiasa terjaga sepanjang masa," ungkapnya. (haluan)
  BeritaTerkait
  • Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) Gelar Acara Senandung Rindu Bona Pasogit Jilid Pertama

    2 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) menggelar Acara Senandung Rindu Bona Pasogit Jilid Pertama di Lapo Codian, Jakarta, Sabtu 8 April 2017.   Para pendukung aca

  • Hebat ! Festival Budaya Batak di Kalbar Dihadiri Ribuan Orang

    3 tahun lalu

    Kalbar (Pelita Batak) : Merantau jauh dari kampung halaman, bukan berarti harus terlepas dari akar budaya dan kebersamaan dengan kerabat. Hal itu tampaknya yang ingin dibuktikan ribuan orang

  • Taput Gelar Pagelaran Kesenian di PRSU, Dr RE Nainggolan MM : Tidak Ada Pemimpin yang Sempurna

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Bupati Tapanuli Utara periode 1999-2004, Dr RE Nainggolan MM, mengatakan tidak ada pemimpin atau manusia yang sempurna. Namun dengan dukungan semua masyarakat, pemimpin aka

  • Partandang na Bitik

    2 tahun lalu

    Adong do sada boru ni Ama ni Panukkunan, margoar si Lastiar Christina Margareth. Biasa dijou si Lastri. Na burju do Si Lastiar on jala pargaul. Nang pe boru siampudan. Unduk marnatua tua. Uli rupan

  • Naposo Parsadaan Situmorang Sipitu Ama Beri Tali Asih Kepada Korban Bus Sekolah di Parmonangan Simanindo

    2 tahun lalu

    Samosir (Pelita Batak):Naposo Parsadaan Situmorang Sipitu Ama boru bere ibebere (NPSSAB) Sumatera Utara melakukan kegiatan tali kasih di Parmonangan,  Kecamatan Simanindo,  Kabupaten Samosir

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb