• Home
  • News
  • Layanan WhatsApp cs Dibatasi, Antisipasi Penyebaran Isu Pemicu Kerusuhan
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 22 Mei 2019 15:35:00

Layanan WhatsApp cs Dibatasi, Antisipasi Penyebaran Isu Pemicu Kerusuhan

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Jakarta (Pelita Batak):
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan pemerintah membatasi akses media sosial, terutama pada layanan messaging seperti WhatsApp. Yang dipersempit adalah pengiriman dalam bentuk video dan foto.

"Teman teman akan mengalami pelambatan kalau download dan upload video. Karena viralnya yang negatif mudharotnya ada di sana (layanan messaging-red). Pembatasan ini bersifat sementara dan bertahap," sebut dia.

"Fitur-fitur media sosial tidak semuanya dan messaging system juga. Kita tahu modusnya adalah posting di medsos. FB [Facebook], Instagram dalam bentuk video, meme, foto. Kemudian screen capture hoax itu disebarkan melalui WhatsApp. Dan karena viralnya makanya kita batasi," tuturnya.

Sedangkan layanan semacam SMS dan voice tidak bermasalah. Menkominfo menyatakan WhatsApp adalah muara dari berbagai foto atau video yang sebelumnya beredar di media sosial sehingga perlu dibatasi untk sementara.

"Di media sosial Facebook, Instagram, Twitter, kita kadang posting teks video, viralnya selalu di messaging system. Pintu yang kita prioritaskan tidak kita aktifkan adalah video dan foto-foto, gambar," sebut Rudiantara.

"Kenapa? karena video bisa membuat emosi. Jadi untuk sementara itu yang kita lakukan. Saya mohon maaf, ini untuk sementara dan bertahap. Semoga ini cepat selesai," tambah Rudiantara.

Pernyataan itu melengkapi ucapan Menkopolhukam Wiranto sebelumnya mengenai pembatasan akses media sosial, yang dilontarkannya pada kesempatan yang sama.

"Sementara untuk hindari provokasi kita melakukan pembatasan akses di media tertentu agar tidak diaktifkan. Akses media sosial untuk jaga hal-hal negatif yang disebarkan masyarakat," kata Menkopolhukam Wiranto seperti dikutip CNBC Indonesia.(detik.com)
  BeritaTerkait
  • RPX Menyesuaikan Operasional Truk untuk Distribusi Barang

    3 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): RPX, perusahaan penyedia layanan pengiriman ekspres dan solusi logistik terpadu (One Stop Logistics) melalui salah satu pilar bisnisnya yaitu Logistics mengumumkan siap mema

  • Dipastikan Tidak Ada Korban Jiwa Dalam Bentrok di Tanjung Balai

    3 tahun lalu

    "Tidak ada korban jiwa dan luka. Keluarga pemicu aksi massa masih diamankan di Polres Tanjungbalai,"

  • Transformasi Digital Dorong Perkembangan Bisnis

    3 tahun lalu

    Barcelona(Pelita Batak): Huawei, penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) global terkemuka, menjadi tuan rumah Forum Global Digital Transformation yang diadakan pada acara Mobile Wo

  • Mengenali Perang Strategi Antar Restoran Batak

    3 tahun lalu

    Menggunakan label "suku" seperti BPK, Makan Khas Batak, Makanan Muslim, Restauran Padang dan lainnya dalam ilmu Ekonomi Pemasaran disebut kebijakan segmentasi pasar atau konsumen. Tentu t

  • Pembangunan Sistem Informasi Massa Mandiri

    2 tahun lalu

    Presiden RI Joko Widodo di awal pemerintahannya menyatakan kepada seluruh bangsa Indonesia, bahwa Indonesia berada dalam situasi darurat Narkoba. Hal ini dikarenakan penyalahgunaan dan peredaran gelap

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb