• Home
  • News
  • Lagi, KPUD Deliserdang dan Fisipol UDA Medan Sasar Pemilih Pemula di SMAN 1 Kutalimbaru
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 05 April 2018 15:07:00

Lagi, KPUD Deliserdang dan Fisipol UDA Medan Sasar Pemilih Pemula di SMAN 1 Kutalimbaru

BAGIKAN:
Ist
Foto bersama pemateri dan dosen Fisipol UDA Medan dengan siswa yang menjadi pemenang lomba
Kutalimbaru(Pelita Batak): Setelah melakukan sosialisasi pemilihan pilkada serentak bagi pemilih pemula di Sibolangit, KPUD Deliserdang kembali menggandeng Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Darma Agung (UDA) Medan menggelar acara yang sama di SMA Negeri 1 Kutalimbaru, Selasa 3 April 2018.

Kepala SMA Negeri 1 Kutalimbaru Drs Adi Rusdianto MSi menyambut baik acara sosialisasi ini. Dia mengajak siswanya yang sudah memiliki hak pilih agar mengambil keputusan untuk memberi hak pilih dalam Pilkada. "Mari gunakan hak pilih, jangan sia-siakan suara. Silakan pilih siapa yang menurut hati nurani yang layak dan tepat," katanya.

Tampil sebagai pemateri Madin Silalahi MSc MM MIP, dosen Fisipol UDA Medan, dengan topik tentang "Demokrasi dan Pilkada" dan Drs Arifin Sihombing MSi, anggota KPUD Deliserdang yang membahas "Pilkada Serentak 2018 dan Pemilih Pemula". Tampak siswa yang baru memiliki hak pilih tahun ini, dengan tekun mengikuti sosialisasi. Bahkan beberapa guru yang hadir antusias dalam acara yang didesain interaktif tersebut.

Dalam paparannya, Madin Silalahi menyampaikan siswa sebenarnya sudah terlatih sejak kecil menyampaikan pendapat dalam musyawarah keluarga dan ketika berorganisasi  di sekolah seperti OSIS. Demokrasi menurutnya, merupakan proses penyampaian pendapat yang disampaikan rakyat dan bertujuan untuk kemajuan rakyat.

"Demokrasi yang berasal dari kata demos dan kratos. Artinya, rakyat yang memegang kekuasaan atau pemerintahan," ujarnya. Ia menjelaskan apa itu Demokrasi Pancasila dan bagaimana nilai budaya demokrasi yang sehat. Betapa satu suara sangat berharga dan sayang sekali jika tak digunakan, baik dalam Pilkada Serentak 2018, maupun Pemilu 2019.

Komisioner KPUD Deliserdang Arifin Sihombing menjelaskan siswaSMA merupakan pemilih pemula yang suaranya belum tercemar oleh kepentingan-kepentingan tertentu. "Melalui pendidikan politik bagi pemilih pemula seperti ini, ada proses penyampaian informasi untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran pemilih tentang pentingnya pemilihan," jelasnya. 

Pemilih adalah penduduk yang berusia paling rendah 17 (tujuh belas) tahun atau sudah/pernah kawin yang terdaftar dalam pemilihan. Jadi siswa SMA yang berusia 17 tahun sudah memiliki hak untuk memilih. Satu suara menentukan siapa yang akan memimpin Deliserdang untuk lima tahun mendatang.

Arifin juga menjelaskan secara singkat persiapan pelaksanaan dan bagaimana proses pilkada serentak 2018. Ia  menanyakan kepada siswa apakah semua sudah terdaftar sebagai pemilih dan jika ada yang belum agar segera melapor, bisa ke KPUD atau pemerintah setempat.

Di akhir pemaparan kedua narasumber, diadakan debat politik dengan membagi siswa menjadi 3 kelompok. Pertama, kelompok Partai Politik, kedua, Perseorangan, dan ketiga, Pemilih Pemula. Pemenanganya Oktavianus Sihombing, dari Kelompok Partai Politik. Selain itu ada juga lomba yel yel paling meriah, yang juga dimenangkan Kelompok Partai Politik.

Hadir juga dalam sosialisasi tersebut dosen Fisipol  UDA Medan Prietsawenny Simamora MSi dan Elok Perwirawati MIkom. (R3)

  BeritaTerkait
  • KPUD Deliserdang dan Fisipol UDA Medan Sosialisasi ke Pemilih Pemula di SMAN 1 Sibolangit

    2 tahun lalu

    Sibolangit(Pelita Batak): KPUD Deli Serdang menggandeng Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Darma Agung (UDA) Medan melakukan sosialisasi pemilihan pilkada serentak bagi pemilih pem

  • KPU Deliserdang dan Fisipol UDA Medan Sosialisasi Pemilih Pemula ke MAS Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak

    tahun lalu

    Hamparan Perak (Pelita Batak): Komisioner KPU Deliserdang bersama dosen Fisipol Universitas Darma Agung (UDA) Medan menggelar Sosialisasi bagi Pemilih Pemula, di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Tarbiyah

  • Jelang Pemilu 2019 Undangan C6 Belum Diterima, Warga Mulai Resah

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Warga di Kota Medan semakin resah menjelang pelaskanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang akan dilaksanakan pada Rabu 17 April 2019, undangan C6 belum diterima hingga H-7. Dih

  • Jelang Pilgub Sumut, Pemko Siap Dukung KPUD Medan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Menyongsong Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara sebagai rangkaian Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota

  • Balitbang Teliti Rendahnya Partisipasi Pemilih Pada Pemilukada di Medan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Rendahnya tingkat partisipasi pemiih pada pelaksanaan pemilukada serentak di Kota Medan beberapa waktu lalu, menjadi perhatian Pemko Medan melalui Badan Penelitian dan Pengengamb

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb