• Home
  • News
  • Lagi, Investor Taiwan Siap 'Bermain' di Medan
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 31 Agustus 2016 18:04:00

Lagi, Investor Taiwan Siap 'Bermain' di Medan

BAGIKAN:

Medan (Pelita Batak) :
Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima kunjungan Director Administration  Taipei Economic and Trade Office (TETO) Indonesia, Tseng Wei-ming (Andy) di rumah dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Rabu (31/8).  Selain ingin membawa sejumlah investor untuk berinvestasi,  kunjungan itu dilakukan untuk menjajaki dilakukannya  Medan dengan salah satu kota di Taiwan dalam bentuk sister city.

Didampingi penasehat Joko Dharmanadi selaku Ketua Ikatan Citra alumni Taiwan Indonesia (IKATI) Sumut dan Tongariodjo Angkasa (penasehat), Tseng Wei-ming mengatakan para investor dari Taiwan selama ini selalu berinvetasi di Pulau Jawa. Untuk itu pria yang sebelumny bertugas di Chicago, Amerika Serikat itu ingin membawa para investor untuk berinvestasi di ibukota Provinsi Sumatera Utara tersebut.

Ketertarikan Tseng Wei-ming membawa investor karena melihat banyak peluang investasi yang bisa dilakukan di Kota Medan, termasuk investor yang telah berinvestasi di Cina dengan memproduksi handphone merek Asus. “Untuk itu saya siap untuk membawa investor Taiwan untuk berinvestasi kemari (Medan),” kata Tseng Wei-ming.


Kemudian Tseng Wei-ming  menyampaikan keinginan Taiwan untuk bekerjasama dengan Kota Medan dalam bentuk sister city. Sebab, dia  mengetahui Medan telah menjalin hubungan sister city dengan beberapa kota dari sejumlah negara. Dengan kerjasama itu diharapkannya dapat memberikan kuntungan bagi kedua kota nantinya.

Menurut Tseng Wei-ming, hubungan kerjasama Taiwan dan Indonesia selama ini sudah terjalin dengan baik baik. Saat ini paparnya, tedapat sekitar 240.000 TKI yang bekerja dari Indonesia, umumnya mereka berasal dari Bandung dan Surabaya. Selain itu ada sekitar 20.000 warga Indonesia yang menikah dengan warga Taiwan. DLalu ada sekitar 5.000 pelajar dari Indonesia yang menimba ilmu di Taiwan dalam program pertukaran pelajaram

"Jika ditotal ada sekitar 300.000 warga Indoneia yang saat ini menetap di Taiwan. Itu sama artinya dengan 1 % dari jumlah penduduk Taiwan. Jadi besar harapan hubungan  kerjasama ini akan lebih baik lagi ke depannya," kata Tseng Wei-ming seraya memuji orang Sumatera Utara, terutama Medan cukup hebat-hebat dan kuliner Kota Medan sangat lezat sekali.

Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi didampingi Asisten Pemerintahan, Musadad Nasution, Asisten Umum, Ikhwan Habibi Daulay, Kadis Perhubungan, Renward Parapat, Kadis Tata Ruang dan Tata Bangunan, Sampurno Pohan menyambut baik tawaran yang disampaikan Tseng Wei-min tersebut.

Selanjutnya Eldin menawarkan kawasan Belawan kepada investor Taiwan, sebab Pemko Medan akan menjadikannya sebagai water front city sehingga banyak peluang investasi yang bisa dilakukan. Guna memudahkan para investor untuk memilih invetasi yang akan dilakukan, Eldin pun menyerahkan profil Kota Medan kepada Tseng Wei-ming.

Terkait dengan tawaran kerjasama dalam bentuk sister city, Eldin pun sangat mendukungnya. Apalagi Kota Medan telah menjalin sister city dengan sejumlah kota seperti Ichikawa (Jepang), Pulau Penang (Malaysia), Gwangju (Korea), Chengdu (Cina), Burgas (Bulgaria) dan Milwaukee (Amerika) serta hubungan Freinship City dengan Kota Bandaraya Ipoh (Malaysia).

"Kita sangat setuju dengan tawaran untuk menjalin kerjasama dalam bentuk sister city. Untuk itu kita akan melihat kota mana di Taiwan yang tepat untuk hubungan sister city dengan Kota Medan. Kerjasama ini tentunya sangat penting, terutama sebagai media saling tukar menukar informasi dalam berbagai bidang pembangunan, kebudayaan maupun sosial ekonomi. Di samping itu mendorong citra positif bagi Kota Medan sebagai kota yang aman, terbuka dan bersahabat,” jelas Eldin. (TAp)

  BeritaTerkait
  • Perwakilan Taiwan untuk Indonesia Siap Promosikan Medan Kepada Investor Taiwan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  menerima kunjungan Representative of Taipei Economic and Trade Office in Indonesia (TETO), Mr Che Chung (Jhon C Chen) di Balai K

  • Alumni MM Nommensen Diterima S3 di CUT Taiwan, Dr. Ir. Sabam Malau : Nommensen Siap Internasionalisasikan Sumut

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Terkait diterimnya dua alumni Magister Manajemen di di Chaoyang University Of Technology Taiwan di Program Doktor (PhD) Departemen Of Busines Administration atas nama  Polin

  • UHN Medan MoU dengan NDHU Taiwan

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Dalam rangka internasionalisasi UHN, maka setiap dosen, mahasiswa harus kita fasilitasi bagaimana agar kemampuannya bisa punya kemampuan akademik internasional yang pada akhirnya

  • UEM Akan Buka Sarjana Diakonia di UHN Medan

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Sebagai universitas milik Gereja HKBP, Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan didirikan untuk mewujudkan visi dan misi Tuhan di dunia ini melalui layanan pendidikan yang berdasark

  • Pedagang Pasar Aksara Datangi DPRD Medan

    2 tahun lalu

    Pedagang yang selama ini berjualan di Pasar Aksara mendatangi kantor DPRD Kota Medan, Kamis (14/7/2016) siang. Mereka meminta agar pemerintah segera menyediakan lokasi penampungan sementara dan dengan tegas menolak alih fungsi Pasar Aksara untuk kepenting

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb