• Home
  • News
  • Korupsi Patung Yesus Rp6,2 Miliar, Terdakwa Divonis 1,3 Tahun
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 09 Agustus 2017 14:43:00

Korupsi Patung Yesus Rp6,2 Miliar, Terdakwa Divonis 1,3 Tahun

BAGIKAN:
Kompas.com
Medan (Pelita Batak) :
Dua terdakwa yakni Murni Alan Sinaga, dan Sondang M Pane, divonis masing-masing 1,3 tahun, di Pengadilan Tipikor Medan, kasus korupsi pembuatan patung Yesus senilai Rp 6,2 miliar bersumber APBD Kabupaten Tapanuli Utara, Tahun Anggaran 2013.

Majelis Hakim Ketua Nazar Effendi, di Pengadilan Tipikor Medan, Selasa, dalam amar putusannya menyebutkan, kedua terdakwa tersebut, juga membayar denda masing-masing Rp50 juta.

Hal-hal yang memberatkan terdakwa, tidak mendukung program pemerintah, dalam pemberantasan korupsi.

Sedangkan, hal-hal yang meringankan terdakwa mengakui kesalahannya dan berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatan tersebut.

Kedua terdakwa melanggar Pasal 3 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana, kata Hakim Ketua Nazar Effendi.

Sebelumnya, JPU dari Kejaksaan Negeri Tarutung, Simon, dalam tuntutannya di Pengadilan Tipikor Medan, Selasa (18/7) menyebutkan, dua terdakwa korupsi pembangunan patung Yesus senilai Rp6,2 miliar di Desa Simorangkir, Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), dituntut masing-masing 1,5 tahun.

Selain itu, terdakwa Murni membayar denda sebesar Rp50 juta subsider satu bulan kurungan.Sedangkan, terdakwa Sondang membayar denda sebesar Rp200 juta subsider 6 bulan kurungan.

JPU menyebutkan, terdakwa Murni, pelaksana kegiatan pembuatan patung tidak ada membuat dokumen selama pekerjaan proyek tersebut. Terdakwa juga tidak mengetahui dan memahami tentang spesifikasi teknis dari pelaksanaan pembangunan patung Yesus, karena acuannya hanyalah berupa gambar tender.

Kemudian, terdakwa Murni membuat campuran percobaan untuk menentukan komposisi bahan adukan sesuai mutu karakteristik beton dan bersama Sondang Pane membawanya ke Laboratorium USU untuk uji mutu.

Setelah sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan, Murni melanjutkan proses pengecoran.

"Sedangkan terdakwa Sondang bersama dengan Tonggam Hutabarat, pengguna anggaran mengetahui ada pembuatan casing dan rangka patung Yesus yang dikerjakan Luhut L Panjaitan," kata Jaksa Simon.

Pembuatan patung yang dikerjakan oleh Dinas Cipta Karya dan Perumahan Kabupaten Taput hanya selesai 55,88 persen. Sebab, casing patung tidak sesuai dengan pesanan dan spesifikasi yang tertuang di dalam kontrak.

Ditetapkan di dalam dokumen kontrak harus menggunakan pelat tembaga. Namun terdakwa menggunakan sebagian plat tembaga dicampur aluminium, sehingga penyedia barang dan jasa dilakukan pemutusan kontrak.

Bangunan patung Yesus dikategorikan sebagai gagal konstruksi, ucap Jaksa Simon.(Antarasumut)
  BeritaTerkait
  • 7 Anggota DPRD Sumut Kembali Divonis Bersalah, KPK Harus Bawa ke Pengadilan Semua yang Terima Suap

    2 tahun lalu

    Medan(Pelita Batak): Hakim menyatakan tujuh anggota DPRD Sumatra Utara periode 2009-2014 dan 2014-2019  bersalah karena terbukti menerima suap dari mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nu

  • Mantan Gubernur Sumut Dihukum Empat Tahun

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Terbukti menyuap pimpinan dan anggota DPRD setempat periode 2009-2014 dan 2014-2019 sebesar Rp61,8 miliar, mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujonugroho divonis empat

  • Jual Beli Putusan Hakim?

    10 bulan lalu

    Oleh Bachtiar SitanggangBAGAIKAN gempa bumi disertai tsunami menghantam Pengadilan Negeri Medan, Sumatra Utara, Selasa, 28 Agustus 2018.  Ketua, Wakil Ketua dan dua hakim serta dua Panitera Pengg

  • Binca Lubis, Staf Program MM USU Dituntut 9,5 Tahun

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Staf Program Magister Manajemen (MM) Pascasarjana USU, Binca Wardani Lubis, menangis ketika dituntut sembilan tahun enam bulan penjara. Jaksa Penuntut Umum (JPU) menilai

  • Penetapan Tersangka Kasus Patung Yesus di Tapanuli Utara Dinilai Terlalu Dini

    3 tahun lalu

    Taput(Pelita Batak):Penetapan tersangka oleh Polres Tapanuli Utara terhadap MS (rekanan) pembangunan Patung Yesus dan SP (PPK Dinas Cipta Karya) dinilai terlalu dini. Pasalnya Polres Taput belum me

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb