• Home
  • News
  • Koordinator SPAK Sumut Jadi Narasumber Forum ODP Inspektorat Provinsi
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 29 Maret 2018 14:32:00

Koordinator SPAK Sumut Jadi Narasumber Forum ODP Inspektorat Provinsi

BAGIKAN:
tap|Pelitabatak
Koordinator SPAK Sumut Enni Martalena Pasaribu SH MH (4 kanan) bersama narasumber lainnya dan peserta diskusi
Medan (Pelita Batak):
Kordinator Saya Perempuan Anti Korupsi (SPK) Sumatera Utara Enni Martalena Pasaribu SH MH menjadi salah satu narasumber pada acara Forum Organisasi Perangkat Daerah (ODP) Inspektorat Provinsi Sumut 2018. Peran perempuan dinilai dominan dalam upaya pencegahan tindakan korupsi.

"Perempuan mengambil peran penting dalam upaya pencegahan korupsi. Perempuan yang mendidik anak-anak dan menjadi teladan di tengah keluarga," ujar Enni dalam diskusi panel yang diselenggarakan di Tiara Convention, Jl Imam Bonjol Medan, Kamis (29/3/2018). Hadir narasumber lainnya Ketua Ombudsman RI perwakilan Sumut, Komisi A DPRD Sumut, Kepala BPKP Perwakilan Sumut, KPK Perwakilan Sumut, Diskrimsus Polda Sumut, Dekan Fakultas Hukum USU, Aspidsus Kejatisu, Ketua Pelaksana UPP Saber Pungli Provinsi Sumut. Kegiatan ini dibuka dan ditutup oleh Inspektur Provinsi Sumut OK Henry, Anggota Komisi A DPRD Sumut Ramses Simbolon dan sejumlah undangan lainnya.

Enni sebelumnya menyampaikan bahwa SPAK merupakan lembaga swadaya masyarakat yang dibentuk KPK RI sebagai upaya perpanjangan tangan untuk melakukan edukasi bagi masyarakat tentang upaya pencegahan korupsi.

Menurut Enni, ada beberapa sikap yang harus dikembangkan dalam upaya mencegah tindakan koruptif. Diawali dari lingkungan keluarga masing-masing. SPAK melakukan upaya-upaya dengan memberikan pengetahuan bagi para istri pejabat dan perempuan yang terlibat langsung dalam dunia pemerintahan.

Sebagaimana dalam diskusi tersebut disimpulkan, bahwa inspektorat provinsi Sumut membutuhkan dukungan semua pihak termasuk inspektorat kabupaten/kota. Namun untuk selanjutnya, Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) harus melakukan upaya peningkatan pelayanan dengan mengikuti pola pelayanan terkini. APIP juga diharapkan menjadi konsultan bagi OPD dan APIP sangat membutuhkan dukungan anggaran.

Pada kesempatan itu, OK Henry selaku Inspektur Provsu menyampaikan harapan-harapan tersebut dan berterima kasih kepada DPRD Sumut khususnya Ramses Simbolon yang senantiasa memberikan dukungan. "Dari sisi anggaran kita tetap didukung, dan ke depan kita tetap harapkan dukungan dari semua pihak," ujarnya saat menutup acara tersebut. (TAp)
  BeritaTerkait
  • Gubsu dan Wagub Jawab Kritik Soal Pembangunan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi sangat bernyali dan berani hadir dalam forum diskusi yang "menguliti" kinerjanya dalam memimpin pelaksanaan pembangunan di Sumat

  • Asosiasi Auditor Internal Pemerintah Periode 2016-2019 Dikukuhkan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi mengukuhkan pengurus Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Wilayah Sumut Periode 2016-2019 di Hotel Polonia Medan Selasa (27/12/2016).

  • Cegah Pungli Dengan Sistem Elektronik di Sumut

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengaku terus terang bahwa dirinya paling banyak menjadi sasaran kemarahan ketika sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) o

  • Ketua DKSU Apresiasi Diskusi Seni Budaya yang Digelar Disbudpar Sumut

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Ketua Umum Dewan Kesenian Sumatera Utara ( DKSU ) Baharuddin Saputra SH memberi apresiasi kegiatan Diskusi Pemajuan Seni Budaya yang digagas oleh Kadis BUDPAR Sumut Dr Ir Hj. Wan

  • RE Nainggolan: Harus Satukan Sikap dan Tekad Agar UNESCO Akui Ulos

    3 tahun lalu

    Tokoh masyarakat Dr RE Nainggolan,MM mengajak seluruh elemen masyarakat menyatukan sikap dan tekad untuk mengajukan ulos sebagai warisan budaya dunia ke UNESCO. Rencana dan pekerjaan yang mulia, jika masih ada orang maupun kelompok yang mau memperjuangkan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb