• Home
  • News
  • Konser PARKASA Serentak Bernyanyi "O Tano Batak" Mengawali Acara Konser Kolaborasi Ratusan Artis Samosir (PARKASA) di Jakarta
Selasa, 07 Maret 2017 08:42:00

Konser PARKASA Serentak Bernyanyi "O Tano Batak" Mengawali Acara Konser Kolaborasi Ratusan Artis Samosir (PARKASA) di Jakarta

Kolaborasi Pertunjukan Ratusan Artis Batak Kabupaten Samosir (PARKASA) Jakarta Sukses
BAGIKAN:
Ist
Panitia dan Sejumlah Persatuan Artis Kabupaten Samosir (Parkantas), Jumat 3 Maret 2017 di Mulia Cafe, Jakarta Timur.
Jakarta(Pelita Batak): Persatuan Artis Kabupaten Samosir (Parkasa) dibuka dengan penampilan lagu berjudul "O Tano Batak" secara serantak. Tampak hadir tokoh pemerhati musik asal Kabupaten Samosir di DKI Jakarta, Jautir Simbolon dan Dohar Nainggolan yang juga owner Mulia Cafe, Ketua Umum Persatuan Musik Indonesia (Permindo) Liber Simbolon, M.Kom yang juga Sekretaris Eksekutif Forum Bangso Batak Indonesia, di Gedung Mulia Cafe, Jakarta, Jumat 3 Maret 2017.
 
Salah satu perantau yang cukup sukses, Dohar Nainggolan saat didampingi Ketua Umum Liber Simbolon, M.Kom mengatakan penting bagi kita mengulang kembali sejarah membuktikan kawasan Danau Toba khususnya Pulau Samosir merupakan destinasi tujuan wisata kedua setelah Bali di era tahun 1970 sampai tahun 2000 awal, namun seiring stabilisasi ekonomi global yang kurang positif sangat pengaruh terhadap wisata manca negara maupun lokal. Pembangunan Kawasan Danau Toba khususnya Kabupaten Samosir bisa dilakukan dari berbagai bidang, salah satunya melestarikan budaya dan musik tradisional dan modern. 
 
"Untuk itu kita mengapresiasi terselenggaranya event seperti ini, yang bisa mengangkat nilai-nilai seni budaya dan bahkan memantapkan untuk menurunkan ke generasi muda ke depan. Kita berharap dengan adanya event-event seperti ini, para pecinta seni bisa mengeksplorasi skill dan lebih memantapkan profesionalisme di bidang musik," ujar Dohar yang memotori konser ini.
 
Sementara Liber Simbolon mengatakan kondisi saat ini sangat perlu disikapi, bahwasannya saat ini pemerintah pusat maupun daerah telah memberikan perhatiannya terhadap pembangunan infrastruktur, salah satunya pengembangan kawasan Danau Toba dengan dibentuknya Badan Otorita Danau Toba. Dengan adanya optimisme pembangunan oleh pemerintah, para perantau asal Samosir yang sudah sukses agar peduli untuk membangun kampung halaman atau Bona Pasogit.
 
"Kita Perantau asal Samosir baik mahasiswa, pemuda, wirausahawan atau enterprenuer, legislatif atau yudikatif dan birokrat yang masih aktif di pemerintahan merasa membantin ingin ikut membangun, dan mudah-mudahan  kedepan bisa saling bergandengan tangan pemerintah dan masyarakat tanpa sekat dan saling transparan. Kepedulian kita maksud sudah di depan mata, dan tidak boleh disia-siakan. Masalah NATO (No Action Talk Only) yang selama ini terjadi dan hampir membeo kan kesalahan-kesalahan yang mengakar harus di kesampingkan. Ini ketentuannya untuk akses globalisasi yang sudah ada di depan mata dan tidak bisa di hindarkan," ujar Liber Simbolon yang juga aktivis muda asal Samosir.
 
Ketua Umum Parkasa yang juga Ketua Panitia, Jimmy Simarmata didampingi Wakil ketua B. Sitohang mengatakan penyelenggaran ini wadah silaturahmi artis asal Kabupaten Samosir yang ada se Jabodetabek dan masing-masing  utusan dari 9 kecamatan yang ada di Samosir (Pangururan, Palipi, Nainggolan, Onan Runggu, Simanindo, Ronggur Nihuta, Sianjur Mula-mula, Harian Boho, Sitio-tio).
 
Acara yang dihadiri warga Samosir, di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya yang memadati gedung Mulia Cafe yang menampilkan lagu-lagu khas daerah Sumatera Utara (Sumut) yang ditampilkan sejumlah artis Batak lainnya sebagai undangan.
 
Sejumlah penyanyi Trio undangan yang hadir Embas Trio, Style Voice, Abadi Trio, Simbolon Family Trio. Tampak penonton dan penyanyi menyatu dan berjoget ria. Sejumlah lagu yang dibawakan oleh trio dengan masing-masing kecamatan  Sitio Tio Trio lagu berjudul "Napilu Tulila", Harian Boho Trio lagu " Bulan Parasian, Pangururan Trio "Leleng Sai Hupaima", Palipi Trio lagu "Luahon Damang", Harian Boho Trio feat Eva lagu "Ro Pe Au Inang Mandulo Ho"Simanindo Trio lagu "Trek Tek Tek" dan Janji Raja Trio lagu "Tumba".
 
Penutupan acara seluruh gabungan artis baik trio atapun single menyanyikan lagu "Pulo Samosir". Setelah konser ini, dari panitia mengatakan kedepan akan dilakukan rangkaian acara deklarasi dan menginformasikan juga bahwa penyanyi yang ada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) sekitarnya akan dihadirkan. (rel)
  BeritaTerkait
  • 27 Agustus di Open Stage Tuk Tuk Siadong Digelar Samosir Music International Austrian Batak Rock

    tahun lalu

    Austrian Batak Rock, merupakan suatu nama yang diciptakan untuk menggambarkan jenis pagelaran musik konser yang akan diadakan di Tuk Tuk Samosir, pada bulan Agustus ini. Secara tidak langsung penyebutan itu, telah mengesankan bahwa akan mendatangkan arti

  • Menunggu Karnaval Khatulistiwa di Danau Toba

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) Cerita “Super Volcano Geopark” Danau Toba yang sempat menggemparkan dunia 75 ribu tahun silam lewat ledakan dahsyatnya bakal “terulang.” Kalau zaman

  • Tobatak Festival Kembali akan Digelar di Open Stage Tuk Tuk Siadong

    6 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Tobatak Festival adalah sebuah pagelaran konser musik yang melibatakan beberapa artis baik  dari Eropa maupun daerah dan akan mengutamakan musik/lagu Batak.  Pagelaran

  • Band Batak 'Amigos' Akan Gelar Konser 33 Tahun Berkarya di Balai Sarbini Jakarta

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Grup band Amigos yang telah berkarya selama 33 tahun lamanya, akan hadir dalam konser dengan tema Tembang Lawas pada 12 November 2016 mendatang di Balai Sarbini, Semanggi, J

  • Anak Rantau Humbahas akan Gelar Konser Amal 'Aek Sibundong In Harmony' 'Marningot Huta Marsileanan Tua'

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) :Bagi bangso Batak, tanah leluhur atau tanah kelahiran yang disebut dengan Bona Pasogit memiliki nilai yang tinggi, bahkan menjadi identitas seseorang. Nilai sejarah yang terkandung didalamnya merupakan harga yang mahal.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online