• Home
  • News
  • Ketua Yayasan Sopo Marpingkir HKBP, Edwin P Situmorang Ajak Parhalado Distrik X Medan Aceh Sikapi Tahun Politik
KSP Makmur Mandiri
Senin, 10 Desember 2018 15:20:00

Ketua Yayasan Sopo Marpingkir HKBP, Edwin P Situmorang Ajak Parhalado Distrik X Medan Aceh Sikapi Tahun Politik

BAGIKAN:
Tap |PelitaBatak
Edwin P Situmorang SH,MH memberikan sambutan saat perayaan natal Pangula Na Gok Tingki, Na Pensiun, Parhobas Distrik Dohot Keluarga HKBP Distrik X Medan Aceh di Gereja HKBP Bethesda Jl Sei Asahan Medan, Senin (10/12/2018).
Medan (Pelita Batak):
Ketua Umum Yayasan Sopo Marpingkir Edwin P. Situmorang,SH., MH kembali menjelaskan tujuan pendirian Sopo Marpingkir yang merupakan buah dari perayaan Jubilieum 150 tahun HKBP. Sesuai dengan amanat pimpinan HKBP kepada panitia saat itu, yang bertujuan untuk mengembalikan dan mengembangkan jatidiri Gereja HKBP dan menjadi wadah yang dapat menjadi terang bagi jemaat gereja dan juga kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Demikian disampaikan Edwin P Situmorang SH,MH yang turut menghadiri perayaan natal Pangula Na Gok Tingki, Na Pensiun, Parhobas Distrik Dohot Keluarga HKBP Distrik X Medan Aceh di Gereja HKBP Bethesda Jl Sei Asahan Medan, Senin (10/12/2018). Sopo Marpingkir, menjadi nama yang dipilih dan disetujui oleh para panitia dengan pimpinan Edwin Pamimpin Situmorang yang saat ini menjadi Ketua Badan Pengurus Sopo Marpingkir. "Sopo Marpingkir, saya ambil dari bahasa Batak yaitu rumah tempat bertemu dan berpikir, wadah ini didirikan untuk mengembalikan jati diri HKBP. HKBP saat ini besar dilihat dari sisi usia dan sebarannya, untuk itu jika didepan harus menjadi obor. Kalau dibelakang kan, harus menjadi pendorong," katanya.

Sopo Marpingkir juga menjadi bukti, bahwa HKBP harus terlibat dan bersiap untuk menghadapi perkembangan zaman. Bagaimana saat ini, parhalado sangat berperan memberikan pemahaman dan arah gereja terlibat dalam lingkup politik. "Saya terjun ke Politik bukan karena kepentingan pribadi, namun kita inginkan agar perwakilan atau representasi HKBP ada di Senayan yang akan siap memberikan pelayanan dan menjadi corong informasi bagi seluruh warga gereja," ujar Edwin yang maju menjadi Calon Anggota DPR RI dari Dapil Sumut 1 (Medan, Deliserdang, Serdangbedagai, Tebingtinggi) dari partai Nasdem Nomor urut 4. Untuk itulah, diharapkannya, warga jemaat HKBP di lingkungan Distrik X Medan Aceh bisa mendapat informasi tentang peta politik saat ini.

"Tentu peran parhalado sekalian sangat dibutuhkan untuk itu, dengan demikian, HKBP Nabolon i, bisa memberi warna dalam dunia politik," ujarnya di Sopo HKBP Bethesda usai mengikuti ibadah natal di gedung gereja dengan tema natal 'Mamaritahon Taon Parasirohaon Ni Tuhan i' (Lukas 4:19) dan Sub Tema 'HKBP Tarjou Gabe Siula Parasinirohaon'.

Ibadah natal berlangsung khidmad yang dilakukan dengan kidung pujian, dan liturgi. Sebagai puncak ibadah khotbah dibawakan Pdt Dr Jamilin Sirait yang berpesan kepada seluruh peserta natal untuk senantiasa menjadi sarana penyebaran kasih Tuhan. Sebagaimana dalam tema untuk memberitakan belas kasih Tuhan dan HKBP menjadi pelaku pemberitaan itu.

Turut hadir Praeses HKB Distrik X Medan Aceh Pdt Sunggul P Sirait yang menyampaikan selamat menyambut dan merayakan natal bagi seluruh Pangula Na Gok Tingki, Na Pensiun, Parhobas Distrik Dohot Keluarga HKBP Distrik X Medan Aceh. Suasana natal menjadi berkesan, jika pesan natal bisa tercermin lewat kehidupan para pelayan Tuhan.

Kata-kata sambutan usai makan bersama disampaikan mewakili Partohonan Na Pensiun Pdt T.P.L. Rajagukguk, Parhobas Distrik St. Ir. Hotman Sirait,MM, Pangula Na Gok Tingki Ny. Pdt. Simare-mare br. Simarmata, Mewakili Pendeta, Guru Huria, Bibelvrouw dan Diakones Pdt Maridup Purba,MTh, Na Manamue Pdt. T. Golkaria Nainggolan, MTh.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Ketua Yayasan Sopo Marpingkir Turut Hadiri Pesta Syukuran Awal Tahun HKBP Distrik X Medan Aceh

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Ketua Yayasan Sopo Marpingkir HKBP, Edwin P. Situmorang SH., MH., menghadiri pesta syukuran awal tahun HKBP Distrik X Medan Aceh tahun 2019 dilaksanakan di HKBP Sei Putih Jalan Ra

  • Caleg DPR RI, Ketua Jubelium 150 Tahun HKBP Bertemu Perwakilan Marga Hutabarat Medan Sekitarnya

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Ketua perayaan Jubileum 150 Tahun HKBP, Edwin P. Situmorang, SH., MH bertemu dengan perwakilan dan pengurus Marga Hutabarat dari tiga wilayah se-Kota Medan, Minggu (27/1/2019) di

  • Selamat, Pesta Jubileum 50 Tahun HKBP Bethesda Sukses

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pesta Jubileum 50 Tahun HKBP Bethesda Ressort Medan Sunggal dengan tema "Jahowa do Siparmahan Ahu (Tuhanlah Gembalaku), (Psalmen 23:1)" berlangsung sukses, Minggu (4/6/2017) di J

  • Caleg Nasdem Ajak Tim Berlari, Berjuang dan Bersatu Memenangkan Hati Masyarakat

    satu bulan lalu

    Tanjung Morawa (Pelita Batak):Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang dikenal dengan gerakan restorasi atau perubahan, mengajak masyarakat Tanjung Morawa, Deliserdang untuk berlari, bersatu, berjuang d

  • Ketua Panitia Jubileum 150 Tahun HKBP Ikuti Jalan Santai Menyambut Tahun Kesehatan Distrik X HKBP Medan-Aceh

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Ketua Jubileum 150 Tahun HKBP (tahun 2011), Edwin P Situmorang SH MH turut meramaikan jalan sehat dalam rangka menyambut Tahun Kesehatan Distrik X HKBP Medan-Aceh, Sabtu (3/11/201

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb