• Home
  • News
  • Ketua PW JOIN Sumut Tagih Janji Kapolri Soal Polisi Humanis
Senin, 19 Juni 2017 15:29:00

Ketua PW JOIN Sumut Tagih Janji Kapolri Soal Polisi Humanis

BAGIKAN:
Ist
Ilustrasi
Medan(Pelita Batak): Salah satu janji Jenderal Tito Karnavian saat dilantik menjadi Kapolri di bulan Juni 2016 lalu, adalah melakukan reformasi di tubuh Polri. Terutama yang berkaitan dengan kultur dan perilaku anggota, agar lebih humanis.

Janji itu ditagih Ketua Pengurus Wilayah Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Sumut, Lindung Pandiangan SE SH MHum. Sebab kenyataannya sampai saat ini masih banyak ditemui anggota Polri yang bersikap arogan, seperti yang dipertontonkan sedikitnya 6 personil Brimob di gedung JCC, tadi malam.

"Jadi mana janji Kapolri yang katanya menyiapkan beberapa program khusus? Ini bentuk arogansi kekuasaan yang katanya mau direformasi. Tapi kenapa masih banyak anggota yang arogan, tak humanis?" kesalnya.

Kata dia lagi, perlakuan oknum penegak hukum dalam menegakkan hukum harus berdasarkan hukum. Begitu juga dengan perilaku sehari hari, jangan sampai melanggar hukum. Penegak hukum itu harusnya menjadi contoh, sehingga masyarakat juga berperilaku sesuai aturan hukum.

"Saya sangat mengecam perilaku para oknum brimob yang memperlakukan jurnalis seperti penjahat besar dengan gaya-gaya preman seperti yang terjadi pada saat penyelanggaraan Indonesia Open sedang dalam puncak menggelar partai final pertama di Jakarta Convention Centre (JCC ) sekitar pukul 15.00 wib itu," ketusnya.

Dari pengakuan korban yang dibuktikan dengan tayangan audio visual, hasil rekaman sesama wartawan menunjukkan para anggota Brimob itu sangat arogan. "Bagaimana bisa aparat hukum bertindak bergaya seperti preman begitu? Dari tayangan video, rekan-rekannya bukannya melerai, tapi malah ikut terlibat," sesal Lindung.

Pemilik topinformasi.com itu menilai, kejadian ini menjadi tantangan bagi Kapolri untuk makin membina mental anggotanya. Aparat yang tangguh dan profesional itu harus mampu mengatasi permasalahan dengan cara-cara persuasif, bukan dengan aksi yang merusak citra institusinya.

"Kapolri harus penuhi janjinya, salah satu bentuknya yakni dengan menindak para pelaku. Bukan cuma pembinaan mental, tapi harus dijerat hukum. Karena itu pidana murni. Propam harus jemput bola, selanjutnya menyerahkan kasus itu ke Reskrim," kecamnya.(ril)
  BeritaTerkait
  • Tahanan Tewas di Sel Polres Tobasa, Benni Kejar Keadilan Ke Medan

    11 bulan lalu

    Benni Pangaribuan abang kandung almarhum Andi Pangaribuan yang tewas akibat dianiaya dua oknum polisi di Sel tahanan Polres Tobasa November 2015 lalu datang ke Medan mencari keadilan, Sabtu (23/7/2016). "Saya datang dari Toba mencari keadilan atas ke

  • Guru Honor ke DPRD Sumut 'Minta Tolong' Tagih Janji Bupati JR Saragih

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Ratusan massa gabungan dari guru honorer dan aktivis mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara (Sumut), Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (26/4/201

  • Irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel MSi Jabat Kapolda Sumut

    9 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):<br></br> Irjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si, lahir di Bogor, Jawa Barat , 14 Agustus 1966. Kini sudah dijadikan sebagai tokoh Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Sejak Oktober 2016, ia menjabat sebagai Kepa

  • 4 November, Gubernur Sumut Harapkan Demo Berjalan Damai

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi berharap rencana aksi demo besar-besaran ormas Islam pada Jumat, 4 Nopember 2016 untuk menyampaikan aspirasi di sejumlah kota di Indonesia termasuk di Provinsi Sumatera Utara dihimba

  • Ini Pernyataan HMI Cabang Medan Soal Aksi Bela Islam

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :HMI Cabang Medan turut mengawal proses hukum Ahok bersama GNPF MUI dan Gerakan Anti Penistaan Agama Islam (GAPAI) Sumut. Namun menolak apabila dalam aksi terdapat upaya-upaya lain untuk melengserkan Presiden Jokowi.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet