• Home
  • News
  • Ketua Komite II DPD RI akan Temui Gubsu, Minta Segera Bentuk Komite Keselamatan Konstruksi
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 18 April 2018 17:11:00

Jembatan Widang Rubuh,

Ketua Komite II DPD RI akan Temui Gubsu, Minta Segera Bentuk Komite Keselamatan Konstruksi

BAGIKAN:
Adol Manalu | Pelitabatak
Parlindungan Purba SH MM
Medan (Pelita Batak):
Ambruknya Jembatan Widang Tuban di Kabupaten Tuban, Jawa Timur menjadi perhatian nasional. Untuk menghindari kecelakaan konstruksi lainnya, Pemerintah daerah diharapkan menindaklanjuti kebijakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah membentuk Komite Keselamatan Konstruksi.

Sebagai mana latarbelakang pembentukan komite tersebut merupakan salah satu tindak lanjut dari maraknya kasus kecelakaan konstruksi yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba SH MM, mengatakan hal itu menanggapi peristiwa naas 17 April 2018 yang menimbulkan korban jiwa tersebut. Dikatakannya, untuk provinsi Sumut misalnya sudah dilakukan sebelumnya Forum Group Discussion tentang Keselamatan Konstruksi Pembangunan Infrastruktur yang dibuka Sekda Provinsi Sumut di Ruang Rapat Kantor BBPJN II Medan 13 Maret lalu.

Notulen dan kesimpulan FGD tersebut diharapkan menjadi masukan bagi pemerintah daerah, Sumut. "Sumut kita harapkan menjadi pionir dalam menanggapi kebijakan kementerian tersebut. Mengingat di Sumut saat ini pemerintah maupun swasta mengerjakan sejumlah proyek konstruksi," ujar senator asal Sumut ini kepada media, Rabu (18/4/2018).

Sebagai tindaklanjut FGD dan kondisi kekinian, Parlindungan akan menemui Gubernur Sumut untuk membahas tentang pembentukamn Komite Daerah Keselamatan Konstruksi di Sumut.

"Ini menjadi satu hal yang penting dan segera dilaksanakan, jangan sampai terjadi dulu kecelakaannya, baru kita bergerak," tegasnya.

Ia juga berharap, pemerintah Provinsi Sumut akan segera tanggapi kondisi ini. Sebagai mana disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono komite ini akan barisan terdepan kalau ada kejadian.

Diejalaskan sebelumnya, komite ini terdiri atas tiga subkomite, yaitu Subkomite Jalan dan Jembatan, Subkomite Sumber Daya Air dan Subkomite Bangunan Gedung. 

Parlindungan juga akan mengecek kebenaran informasi yang disampaikan Bupati Tuban Fathul Huda, bahwa pihak Polres Tuban sudah pernah mengingatkan mengenai kondisi jembatan itu namun tidak ada tanggapan dari instansi terkait. Peringatan agar segera dilakukan perbaikan karena sudah waktunya.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Gubernur Minta Kerja Sama Tingkatkan Mutu Pendidikan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Pasca peralihan kewenangan pengelolaan SMA sederajat ke provinsi dari kabupaten/kota, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) berkomitmen menjadikan dunia pendidikan

  • Dorong Pembentukan Komite Daerah Keselamatan Konstruksi, Parlindungan Purba : Infrastruktur Urat Nadi Perekonomian

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Sejumlah masalah atau persoalan masih terjadi dalam proses pengerjaan konstruksi bahkan pasca pengerjaan. Padahal, infrastruktur adalah urat nadi perekonomian yang harus diperhati

  • Parlindungan Purba Temui Keluarga Nelayan yang Masih Ditahan di Malaysia

    6 bulan lalu

    Langkat (Pelita Batak):Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba SH MM didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Langkat, Subianto, mengunjungi para keluarga nelayan di TPI Pangkalan Br

  • Sejumlah Warga Binaan Lapas Tanjung Gusta Dapat Remisi Kemerdekaan RI

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Dalam rangka Hari Kemerdekaan ke72 Republik Indonesia, Sejumlah narapidana Lapas Tanjung Gusta yang memperoleh remisi umum.Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian H

  • Temui Menteri PUPR, Parlindungan Purba : Kordinasi Semua Pihak untuk Pembangunan Infrastruktur Sumut

    3 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Kordinasi semua pihak diharapkan lebih intens, dengan mengutamakan komunikasi dan pertimbangan kebutuhan bersama menjadi kunci keberhasilan pembangunan di Sumut. Demikian disamp

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb