• Home
  • News
  • Kepling Diajak Terus Jaga dan Pelihara Kerukunan Antar Umat Beragama
Kamis, 10 Agustus 2017 13:18:00

Kepling Diajak Terus Jaga dan Pelihara Kerukunan Antar Umat Beragama

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak) :
Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Asisten Umum Sekdakot Medan, Ikhwan Habibi Daulay  membuka Silaturahim dan Pertemuan Kerukunan Dengan Kepala Lingkungan (Kepling) Kota Medan Angkatan I Tahun 2017 di Hotel Dharma Deli Medan, Rabu (9/8). Melalui kegiatan ini, para kepling diharapkan lebih peduli dan terus menjaga suasana kondusif antar umat beragama di Kota Medan.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 150 kepling perwakilan dari 5 kecamatan yakni Medan Tembung, Medan Timur, Medan Marelan, Medan Deli dan Medan Barat. Selanjutnya para kepling mengikuti pembekalan dan pengarahan dari sejumlah nara sumber diantaranya Kasat Binmas Polrestabes Medan, AKBP Dr Ramlan SH MH, Ketua FKUB Kota Medan dan Drs H Palit Muda Harahap MA.

Atas nama Wali Kota, Ikhwan sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar Forum Kerukunan Umat beragama (FKUB) Kota Medan tersebut. Hal ini menunjukkan Kota Medan masih memiliki banyak kepling yang peduli akan suasana kondusif antar umat beragama dan berniat terus menjaganya, sesuai dengan moto FKUB yakni "Menara Harmonitas Kota Medan Menuju Hari Esok Yang Lebih Baik".

Dikatakan Ikhwan, semua perbedaan itu ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Karenanya, perbedaan dicipatakan bukan untuk dijadikan alasan saling membenci, sebab perbedaan diciptakan Tuhan semata untuk menunjukkan kebesaran-Nya.

"Kalau Tuhan mau, maka hal mudah untuk menjadikan kita semua seragam tanpa ada perbedaanLantas kenapa sekarang umat beragama saling bermusuhan karena perbedaan, bukankah itu ibarat kita lancang menentang keagungan Tuhan dengan mengatasnamakan perbedaan?" ungkap Ikhwan.

Mantan Kabag Hukum Setdakot Medan ini selanjutnya mengingatkan, Tuhan itu dekat dengan semua mahluknya dan tidak memandang seseorang berdasarkan warna kulitnya, kekayaannya, status sosialnya maupun  negaranya. Justru yang dilihat Tuhan, jelasnya, ketakwaan hamba-Nya.

Apalagi tambah Ikhwan, Indonesia sendiri menganut paham Bhinneka TunggaTunggal Ika. Nilai luhur ini diwariskan para pendahulu bangsa  karena kayanya Indonesia dengan ragam perbedaan yang dipersatukan dalam satu wadah besar bernama bangsa Indonesia. "Di sini, wadah besar tempat pembaruan atau melting pot itu bernama Kota Medan!" tegasnya.

Atas dasar itulah Ikhwan mengajak semua untuk menyudahi pembicaraan tentang perbedaan yang acap kali malah berujung dengan pertikaian. "Kita harus kembali menghidupkan sikap saling percaya dan toleransi. Ini saatnya kita menjalankan ajaran agama kita  dengan segala dimensi kesalehan sesuai tuntutan agama kita masing-masing dalam upaya melawan kemiskinan, ketidakadilan dan kesenjangan,"  ungkapnya.

Kemudian Ikhwan juga menyampaikan ucapan terima kasih atas suasana kondusif yang terbina dengan baik di Kota Medan selama ini.  Meski kota multikultural dengan perbedaan yang cukup beragam namun semua suku bangsa yang adamenmjunjung tinggi dan menghormati perbedaan yang ada sehingga  hidup berdampingan satu sama lain secara harmonis.

"Selain kerap dijadikan sebagai barometer berbagai suasana politik yang terjadi di Indonesia, Kota Medan juga dianggap sebagai Indonesia mini karena keberagamannya tersebut. Untuk itu saya mengajak semua, termasuk para kepling agar terus memelihara dan menjaga keberagaman yang telah terbina dan terbangun dengan baik selama ini," ajaknya.

Hal senada disampaikan Ketua FKUB Kota Medan, Drs Palit Muda Harahap MA. Dikatakannya, perbedaan yang ada ini merupakan kehendak  Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karenaya dengan perbedaan ini, dia mengajak semau untuk merajut persaudaraa. "Kerukunan antar umat beragama yang sudah terjalin dengan baik di kota Medan harus terus kita pelihara dan kembangkan," ujar Palit.

Untuk mewujudkan hal itu, Palit berharap seluruh kepling yang ada di Kota medan agar membantu terus memelihara dan menjaga kerukunan antar para pemeluk agama. Sebab, Kepling merupakan orang yang paling dekat dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. "Dengan kedekatan inilah, kita berharap agar para kepling terus mengajak warganya untuk terus memelihar dan menjaga kerukunan ini," harapnya. (H|TAp)
  BeritaTerkait
  • Akhyar Nasution : Umat Hindu Berperan Besar Jaga & pelihara Harmonisasi Sosial

    9 bulan lalu

    Medan (Pelta Batak) : Perayaan Deepavali 5118 Kaliyuga yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Medan bekerjasama dengan Parisada Hindu Dgharma Indonesia (PHDI) Kota Medan berlangsung meriah d

  • Dihadiri Dr RE Nainggolan, MM, Christmas Season XII Resmi Digelar di Medan

    9 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin meminta kepada masyarakat Kota Medan khususnya umat Kristiani agar dapat memaknai serta menjiwai makna Natal untuk bisa merefleksikan kehidupannya kedepannya secara berkesinambungan setelah Natal ini,

  • Pesan Pak Wali untuk Seluruh SKPD

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pelaksanaan upacara bukan sekedar rutinitas, tetapi sekaligus merupakan wadah pembinaan untuk menjadi abdi masyarakat yang sejati. Sebab, upacara memiliki spirit, bahkan selalu memberikan sema

  • Kapolres Padangsidimpuan Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas

    3 bulan lalu

    Padangsidimpuan  (Pelita Batak) : Masyarakat Kota Padangsidimpuan diajak untuk meningkatkan keperdulian terhadap lingkungan dengan menciptakan keamanan dan ketertiban di Kota Padangsidimpuan sela

  • Rektor Nommensen Hadiri Buka Puasa Bersama dengan Koordinator Kopertis

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Rektor Universitas HKBP Nommensen Dr. Ir. Sabam Malau (UHN)  menghadiri acara berbuka puasa dengan para pimpinan PTS di lingkungan Kopertis Wilayah I yang dilasanakan di Ged

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online