• Home
  • News
  • Kemenpar Kembangkan Potensi Aek Silang
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 10 November 2018 14:07:00

Kemenpar Kembangkan Potensi Aek Silang

BAGIKAN:
IST|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Aek Silang bakal lebih terkenal. Sungai di Baktiraja, Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, ini akan dikemas sebagai salah satu atraksi wisata di Danau Toba. Selama ini, Aek Silang hanya dimanfaatkan untuk olahraga arung jeram.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Aek Silang memiliki potensi luar biasa. Potensi yang sayang jika dibiarkan begitu saja.

"Lokasi arung jeram ini sangat unik. Finish-nya di Danau Toba. Bukan di tengah sungai seperti di tempat lain. Jadi ini satu-satunya di dunia, arung jeram yang finish di sebuah danau," ungkapnya.

Kecamatan Baktiraja sendiri berada di Lembah Bakkara. Sudah lama dikenal sebagai tempat kelahiran dan basis pemerintahan Raja Sisingamangaraja. Tak heran, banyak situs peninggalan Raja Sisingamangaraja yang ditemukan. Seperti Istana Sisingamangaraja, Tombak Sulu Sulu sebagai goa tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja I, serta makam raja ke-X dan XI.

Menurut Arief Yahya, Aek Silang sudah lama dikenal sebagai lokasi arung jeram. Sering pula digunakan untuk perlombaan atlet profesional. Pertandingan eksibisi pun kerap dilakukan di sini.

"Selama ini Aek Silang belum masuk dalam paket wisata. Padahal, ini bisa dikemas dan ditawarkan sebagai atraksi paket wisata untuk wisatawan," jelasnya. 

Untuk itu, Kemenpar mendorong adanya operator arung jeram di Baktiraja. Tahap awal, saat ini sedang digelar Workshop Pelatihan Pemandu Arung Jeram. Kegiatan ini dimulai pada 3 November lalu, dan berakhir tanggal 10 November 2018. 

"Dengan adanya pelatihan ini, para pemuda Baktiraja dapat menjadi operator wisata arung jeram," tandasnya.

Sementara itu, Asdep Pengembangan Destinasi Regional I Lokot Ahmad Enda menambahkan, Kementerian Pariwisata sudah memberikan dukungan homestay di Baktiraja. Wisatawan sudah bisa menginap di homestay milik penduduk. Penghasilan warga pun bertambah.

Hal senada disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Dadang Rizki Ratman. Menurutnya, arung jeram Aek Silang semakin memperkuat Danau Toba. Makin banyak atraksi wisata yang bisa dinikmati. Tak hanya sebatas pemandangan Danau Toba yang indah.

"Kini wisatawan bisa merasakan sensasi arung jeram di Aek Silang dengan latar belakang pegunungan, persawahan, kebun bawang, dan finish di Danau Toba. Itu sangat luar biasa," tegasnya. (TAp|*)
  BeritaTerkait
  • Kembangkan Inovasi 'Unit Reaksi Cepat Anti Kekerasan Anak dan Perempuan'

    3 tahun lalu

    Batu Bara (Pelita Batak) : Untuk ke tiga kalinya Bupati Batu Bara H OK Arya Zulkarnain SH MM meraih penghargaan Kepala Daerah Innovatif dari Koran Sindo tahun 2016 di Bandung, Jawa Barat. Sebelum nya Bupati Batu Bara meraih penghargaan Kepala Daerah Inov

  • Danau Toba Siap Sambut Presiden Jokowi pada Perayaan Natal Nasional di Humbahas

    3 tahun lalu

    Medan(Pelita Batak): Menjadi salah satu destinasi prioritas yang ditetapkan Presiden Joko Widodo dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar), membuat Danau Toba semakin banjir acara. Jumlah wisatawan yan

  • PTPN Holding Pacu Kinerja di Tahun 2017

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Tradisi di awal tahun bersalam-salaman di PTPN II Tanjung Morawa masih terus dilaksanakan antar sesama karyawan PTPN II,

  • MUI Kota Medan Diminta Fokus Program Pemberantasan Pasar Gelap Narkoba  

    3 tahun lalu

    Pemerintah Kota Medan meminta kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan meletakkan salah satu focus program kerjanya ke depan yakni pemberantasan peredaran dan penggunaan Narkoba,  karena dinilai ulama jauh lebih dikenal luas oleh

  • Yayasan Pencinta Danau Toba Kritisi Kinerja Badan Otorita yang Belum Hasilkan Rencana Induk

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak): Sejak dicanangkan pengembangan Kawasan Danau Toba (KDT) sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan terutama setelah dibentuk Badan Otorita Pengelola Kawasan Pari

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb