• Home
  • News
  • Kemenhub Fokus Bangun Infrastruktur Transportasi untuk Kemajuan Warga Sumut
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 05 Juli 2018 12:08:00

Kemenhub Fokus Bangun Infrastruktur Transportasi untuk Kemajuan Warga Sumut

BAGIKAN:
IST|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Beberapa proyeksi besar akan segera dilakukan oleh Kementerian Perhubungan di wilayah Sumatera Utara. Sebagai benteng Ekonomi Selat Malaka, maka Infrastruktur Sumut harus dikembangkan. Ini adalah bagian dari membangun infrastruktur transportasi yang Indonesia sentris.

Beberapa bandara dan pelabuhan akan ditingkatkan kapasitasnya oleh Kemenhub, seperti bandara Kualanamu target Kemenhub untuk kedepan adalah 17 juta/tahun. Untuk Bandara Silangit sebagai pembuka konektivitas Danau Toba kapastiasnya akan dinaikan menjadi 50 ribu/pertahun sekaligus perpanjangan runway dari 1200 m x 30 m menjadi 1700 m x 30 m.

"Pelabuhan dan jalur kereta juga akan kita kembangkan. Seperti Kuala Tanjung kita akan tingkatkan kapasitasnya menjadi 700 ribu Teus/tahun," kata Menhub Budi Karya Sumadi di Medan, Kamis (5/7).

Kemudian Menhub mengatakan jalur kereta Bandar Tinggi-Kuala Tanjung akan segera terealisasi sebagai pembuka akses ekonomi dan mobilitas. Dan KA Layang Medan- Bandar Khalipah akses mobilitas dan mengurai kepadatan. "Jalur KA Binjai-Besitang salah satu akses mobilitas ekonomi menuju Aceh Sepanjang 78,4 Km," ungkapnya.

Tidak hanya itu, ada beberapa pelabuhan di Danau Toba yang akan segera terealisasi sebagai pemertaaan yang berkafilan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Ada lima pelabuhan yang menjadi fokus utama yaitu Pelabuhan Tigaras, Pelabuhan Ajbata, Pelabuhan Muara, Pelabuhan Ambarita dan Pelabuhan Simanindo.(TAp|*)
  BeritaTerkait
  • Anak Rantau Minta Bupati Taput Bangun Jalan Akses Hutajulu-Sampinur

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Desa Hutajulu yang berada di Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumut, merupakan daerah yang memiliki potensi sumber daya alam yang besar. Sektor pertanian menjadi andalan masyarakat setempat.

  • DPD PIKI Sumut Dorong Kota Medan Sebagai "Role Model" Peradaban

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Kota Medan dengan usia yang ke-427 sudah seharusnya jadi 'role model' peradaban  (ekonomi, politik, budaya, pendidikan, dan keberagaman) dan "icon" Sumatera Utara.

  • Pemko Medan Juga Fokus Benahi Bangunan Sekolah Puskesmas dan Pasar Tradisionil

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Selain perbaikan infrastruktur berupa jalan dan drainase, Pemko Medan dalam tahun ini juga akan fokus membenahi bangunan sekolah, puskesmas serta pasar tradisionil yang ada di Kot

  • Memperkuat Smart Cities

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak): Sistem tarif transportasi kota (Muni Fare) di San Fransisco baru saja di-hack, dan ternyata penyusup itu meng-install ransomware ke dalam sistem, dan meminta uang tebusan untu

  • PP GMKI Sampaikan Sembilan Rekomendasi Pemikiran kepada Kepala Staf Kepresidenan RI

    2 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): "Indonesia saat ini masih menghadapi banyak persoalan yang harus dapat diselesaikan oleh seluruh komponen bangsa. Para mahasiswa yang merupakan generasi penerus bangsa t

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb