• Home
  • News
  • Kata Sambutan Djalan Sihombing di Perayaan Natal Naposo Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan Sejabodetabek
KSP Makmur Mandiri
Senin, 18 Desember 2017 11:50:00

Kata Sambutan Djalan Sihombing di Perayaan Natal Naposo Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan Sejabodetabek

BAGIKAN:
Ist
Djalan Sihombing SH
Ada 4 hal yang perlu kami sampaikan kepada  Naposo Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan, Boru Bere Sejabodetabek dan semua naposo yang hadir saat ini yaitu : kompetensi SDM, penyalahgunaan narkoba, penggunaan medsos, dan masalah waktu atau kesempatan.
 

1. KOMPETENSI

Mempersiapkan SDM dalam era globalisasi yang semakin pesat, maka Naposo Borsak Sirumonggur harus siap bersaing. Tantangan era globalisasi sudah berada di antara kita. Kalau kita tidak siapkan diri, paling tidak sejajar atau menjadi pemenang dalam kompetisi di dunia yang semakin terbuka. 
 
Caranya adalah pengembangan SDM dengan pendidikan dan pengembangan karakter.

Knowledge (Ilmu pengetahuan),  Skill (keterampilan) dan Attitude (sikap). Ketiga hal ini mungkin sudah tidak asing kita dengar.

Knowledge, skill, dan attitude, adalah tiga kompetensi yang sudah seharusnya dimiliki oleh setiap orang. Namun apa jadinya jika ketiga hal tersebut tidak semuanya dimiliki oleh setiap individu.

Ketiga hal diatas sangat penting perannya dalam perkembangan sebuah perusahaan. Diantara ketiga hal tersebut, mana yang lebih penting dimiliki oleh sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan? Pertanyaan ini bisa dijawab dengan pemikiran sebagai berikut. Bayangkan, anda memiliki karyawan dengan pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni, selalu mengerjakan segala pekerjaan dengan cepat dan tepat namun tidak memiliki sopan santun, relasi dengan teman kerja buruk, atau lebih parah lagi karyawan tersebut tidak menghormati anda. Orang tua akan sedih melihat anaknya yang pintar, trampil tapi tidak bersosialisasi. Dia lebih suka menyendiri di kamar.

Memiliki kompetensi, yaitu yang memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan, dan kualitas individual yang meliputi sikap, motivasi, nilai-nilai pribadi, serta tingkah laku yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan/kegiatan. 

Dari pernyataan tersebut dapat dikatakan bahwa pengetahuan saja tidaklah cukup bagi seseorang dalam dunia usaha atau dunia kerja. Pengetahuan juga harus disertai dengan  skill dan sikap/karakter yang baik. Hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan tidaklah cukup. Seseorang yang berada di dunia usaha atau dunia kerja tentu juga harus memiliki kejujuran, bertanggung jawab, menepati janji, disiplin, taat hukum. suka membantu, komitmen dan menghormati, serta mengejar prestasi.

Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa ketidakseimbangan dari knowledge, skill, dan attitude yang dimiliki oleh sumber daya dapat menghambat kemajuan perusahaan anda. 

Sumber Daya Manusia naposo yang berkualitas, yaitu SDM yang memiliki keseimbangan knowledge, skill, dan attitude.

2. PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Salah satu kejahatan luar biasa, adalah penyalahgunaan narkoba. Narkoba berkaitan dengan  HIV/AIDS.  Saat ini sangat ditakutkan oleh orang tua. Seorang anak bahkan membunuh ibunya karena narkoba. Hal ini terjadi karena pamakaian zat adiktif, dimana si anak mengira bahwa ibunya mau membunuhnya, sehingga dia langsung bertindak membunuh ibu kandungnya. Pemakai narkoba menjadi tidak berguna untuk dirinya sendiri, untuk orang lain. Orang yang ketergantungan kepada narkoba menjadi beban keluarga, beban masyarakat. Tidak mempunyai harapan ke depan, karena mengurus dirinya sendiri tidak bisa lagi, apalagi mengurus orang lain. Bila sudah ketergantungan narkoba, maka hidup akan sia-sia dan menjadi sampah masyarakat.

3. PENGGUNAAN MEDSOS

Kita mengharapkan agar Naposo Borsak Sirumonggur menggunakan medsos dengan baik, dan berguna untuk dirimu sendiiri dan orang lain.  Jangan memberitakan yang tidak benar.  Jangan suka mengeluh melalui medsos, karena karaktermu yang sebenarnya terbaca di medsos. Rekam jejakmu bisa dilihat dari medsos yang digunakan selama ini. Jaga etika dan sopan santun. Ketika sudah masuk ke ruang publik, sudah susah bagi kita untuk minta maaf, atas kesalahan yang kita buat di medsos.

Pada suatu waktu kelak, bisa saja medsosmu menjadi referensi untuk bisa diterima di perusahaan, bahkan dipakai sebagai dasar untuk penilaian menjadi pemimpin bangsa ke depan. Hati-hatilah menggunakan medsos. Ikuti undang-undang dan aturan yang berkaitan dengan medsos. Jangan cengeng di medsos.

4. WAKTU

Waktu berjalan terus menerus. Pemilik waktu adalah Tuhan Sang Pencipta semesta. Karena kita tidak bisa kembali ke masa lalu, maka pergunakan waktumu sebaik mungkin. Kemarin adalah sejarah, hari ini kenyataan, besok adalah misteri yang tidak kita tau. Waktu adalah berkat Tuhan. Saya kurang setuju dengan time is money, karena segala sesuatunya dihitung dengan uang. Itu sangat materialis. Kesempatan yang ada tidak bisa diulang.

Apabila keempat hal tersebut dilakoni Naposo Borsak Sirumonggur dan naposo yang datang pada perayaan Natal ini, maka kalian berguna untuk diri sendiri, berguna untuk orang lain dan menjadi kemuliaan bagi Tuhan.(Djalan Sihombing adalah Ketua Komisi Hukum DPP PIKI; Sekjen DPP FBBI; Pendiri dan Wakil Bendahara Persekutuan Intelegensia Sinar Kasih-PISKA)
  BeritaTerkait
  • Perayaan Natal Naposo Borsak Sirumonggur Boru/bere Se-Jabodetabek Meriah: Para Anak Muda Diharapkan Menjadi Anak Yang Penuh Kasih

    10 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Perayaan natal Naposo Borsak Sirumonggur  (NBS)  Se Jabodetabek berlangsung meriah dengan mengambil tema natal Ibrani 13:1 Peliharalah kasih persaudaraan (Heber 13:1

  • Perayaan Natal Persatuan Muda-mudi Kecamatan Lintongnihuta (PMKL) Se-Jabodetabek Berjalan Meriah dan Penuh Sukacita

    11 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Perayaan Natal Persatuan Muda-mudi Kecamatan Lintongnihuta (PMKL) Se-Jabodetabek berlangsung meriah dan penuh sukacita, Sabtu, 02 Desember 2017 di Gedung Kampus IBN Jakarta.Ibad

  • Malam Kasih Parsadaan Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan Boru Bere Jakarta dan Sekitarnya Meriah Dipandu Vanda Hutagalung

    6 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Dalam rangka penggalangan dana pesta Parolop-olopon dan Rapot Bolon yang akan dilaksanakan hari Minggu, 11 November 2018 di Gedung Maria Convention Hall Kelapa Gading Jakarta,&

  • Pesta Parolop-olopon PBSS Tahun 2018 Dihadiri Pengurus Pusat Parsadaan BSSLT Jakarta dan Sekitarnya.

    5 bulan lalu

    Sipultak(Pelita Batak): Pesta Parolop-olopon Perhimpunan Parsadaan ni Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan Boru dan Bere Saportibi (PBSS) yang dilaksanakan di Sipultak, Kecamatan Pagaran, Tapanul

  • PBSS Siapkan Calon Pemimpin yang Memahami Budaya Batak

    2 tahun lalu

    Pelita Batak : Pengamat Politik dan Peneliti Senior LIPI, Prof. Siti Zuhro mengatakan Pomparan ni Borsak Sirumonggur Sihombing (PBSS) harus mempersiapkan generasi muda yang memahami budaya 

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb