• Home
  • News
  • Kasus Pelecehan Seksual, HMI Cabang Medan Desak Rektor USU Pecat Dosen FISIP Inisial HS
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 23 Mei 2019 14:40:00

Kasus Pelecehan Seksual, HMI Cabang Medan Desak Rektor USU Pecat Dosen FISIP Inisial HS

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Ilustrasi
Medan (Pelita Batak):
Belum ada tindakan tegas dari pihak kampus Universitas Sumatera Utara, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Medan meminta dan mendesak Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Runtung Sitepu memecat dosen FISIP USU berinisial HS. Sanksi tegas berupa pemecatan dinilai pantas untuk HS karena sangat menciderai nilai luhur dunia pendidikan dengan melakukan tindakan pelecehan seksual terhadap mahasiswanya.

Sangat disayangkan, kata Ketua Bidang Perguruan Tinggi, Kemahasiswaan dan Kepemudaan (PTKP) HMI Cabang Medan, Putra, institusi pendidikan yang seharusnya menjadi instrumen dalam membentuk nalar logika, etika, dan kreatifitas, justru dalam realitasnya telah mengubah implementasi dan nilainya.

Dalam hal ini, kata Putra, terbukti mulai dari banyaknya kasus pembungkaman hak demokrasi, pembatasan kreatifitas, dan semakin banyaknya fenomena menyimpang yang dilakukan oleh institusi pendidikan. Hal ini membuktikan bahwa institusi pendidikan hari ini telah menghilangkan esensinya secara perlahan.

"Seharusnya dosen mengajarkan nilai moralitas kepada mahasiswanya. Namun, nyatanya di kampus FISIP USU telah terjadi tindakan yang tidak bermoral, yang telah dilakukan dosen kepada mahasiswanya. Hal ini tentunya tidak bisa dibiarkan, kampus harus menindak tegas dosen yang telah melakukan pelecehan seksual tersebut," ujarnya Kamis (23/5/2019).

Dikatakan Putra, kampus yang seharusnya memiliki otoritas dalam menyelesaikan persoalan moralitas, terkesan melakukan pembiaran terhadap kasus pelecehan seksual yang dilakukan dosen pada mahasiswa.

"Jika tidak ada tindakan tegas, maka kampus juga telah menjadi pelaku yang sebenarnya, dengan sikap pembiaran yang telah dilakukannya. Oleh karena itu HMI Cabang Medan menuntut kepada para pimpinan kampus untuk segera mengusut dan menindak tegas pelaku pelaku pelanggaran moral yang tidak bermoral di dalam dunia pendidikan,"ungkapnya.

Putra menegaskan, pihaknya mendesak agar rektor USU segera bersikap tegas dalam menyelesaikan persoalan ini.

"Rektor harus memberikan sanksi moral/akademis secepatnya kepada pelaku (dosen) yang terlibat dalam pelecehan seksual kepada mahasiswanya. Untuk menjaga nama baik kampus, Rektor USU harus segera memecat Dosen HS. Kampus harus segera mengeluarkan kebijakan tentang kode etik tentang tenaga pengajar untuk menjaga nilai dan moral demi terwujudnya substansi dari proses belajar mengajar. Apabila tidak segera diselesaikan kasus ini, maka HMI Cabang Medan akan segera melakukan demonstrasi di kampus," pungkasnya.

Sebelumnya, Rektor USU Runtung Sitepu mengatakan melalui pesan whats app Jurnalis USU, bahwasanya ia telah meminta kepada dekan FISIP dan Ketua Jurusan untuk mengundang mahasiswi yang menjadi korban ataupun penyintas.

"Saya masih meminta kepada Dekan FISIP dan Kaprodi untuk mengundang mahasiswi yang bersangkutan dan jika ada yang lain, yang pernah mengalami hal serupa untuk mengumpulkan informasi yang lengkap sebagai bahan untuk menyelesaikan masalah tersebut," terangnya. (TAp|MH)
  BeritaTerkait
  • Menristek Dikti Apresiasi Mahasiswa Berprestasi Bidikmisi Nommensen

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. Dr. Muhammad Nasir mengapresiasi prestasi mahasiswa Program Bidikmisi dari Universitas HKBP Nommensen atas nama Sarma Ul

  • Oknum Polisi Dilaporkan Aniaya dan Oral Seks Seorang Wanita

    3 tahun lalu

    Saat kejadian, RDGS bersama tetangganya bernama Hariono (30) yang merupakan warga Jalan Bersama, Medan. Penganiayaan dan pelecehan seksual terjadi pada tanggal 6 April dan 7 April 2016 lalu.

  • Maruarar Sirait Politikus Muda Aset Bangsa

    3 tahun lalu

    Maruarar Sirait (lahir di Medan , 23 Desember 1969 ; umur 46 tahun) adalah salah satu politisi asal Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Namanya melambung lantaran kiprahnya di dunia politik cukup berperan penting dalam kemajuan partai be

  • Pengacara Kondang Hotman Paris Hutapea Berbagi Kisah Sukses di Universitas Darma Agung Medan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak): Pengacara kondang Dr Hotman Paris Hutapea SH MHum berbagi kisah suksesnya di Universitas Darma Agung Medan, Jl TD Pardede Medan, Jumat 26 Agustus 2016. Acara yang diramaikan m

  • POM AU Masih Tetapkan Dua Kasus Penganiayaan Jurnalis di Sari Rejo

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Laporan jurnalis korban penganiyaan dan penghalangan peliputan yang dilakukan oknum TNI AU saat meliput bentrok di Kelurahan Sari Rejo, Medan Polonia menemui titik terang. Dalam peristiwa itu,

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb