• Home
  • News
  • Kapolda Sumut Perintahkan Propam Polrestabes Medan Cari Kebenaran, Aksi Demo Mahasiswa
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 21 September 2018 06:32:00

Kapolda Sumut Perintahkan Propam Polrestabes Medan Cari Kebenaran, Aksi Demo Mahasiswa

BAGIKAN:
cnni
Medan (Pelita Batak):
Demo yang dilakukan Mahasiswa Pro Kontra terhadap kinerja Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) di depan kantor DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, berujung bentrok, Kamis (20/9) sore.

Adapun aksi tuntutan yang disampaikan sejumlah elemen Mahasiswa mengatakan saat kami bersamaan datang dengan Polisi dengan arah yang berbeda. Polisi yang melihat keributan berusaha melakukan penghadangan. Namun sayang usaha petugas gagal dan bentrok semakin meluas. 

Akibatnya, beberapa Mahasiswa dan anggota Kepolisian terluka. Tak hanya itu saja, kerumunan Mahasiswa sempat menyandera mobil Patroli Lantas milik Polrestabes Medan. Beruntung mobil yang disandera berhasil dibebaskan. 

Menurut mantan Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) Boby Panggabean, sangat setuju Polisi melakukan pemukulan kepada Mahasiswa, agar mereka lebih mengerti dalam lebih mendalam apa kegunaan seorang Mahasiswa. Karena tidak ada Mahsiswa untuk berdemo apalagi bentrok terhadap Kepolisian. 

Jadi tidak ada tugas Kepolisian yang salah, seharusnya Mahasiswa itulah yang berpikir. Jangan Mahasiswa itu, gampang terprovokasi dari siapapun," kata mantan alumni 2012 di USU.

Boby juga menjelaskan alasan Mahasiswa berdemo, karena kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), dan seharusnya Mahasiswa itu kuliah lah yang baik bukan berdemo. Agar Mahasiswa tersebut dapat mengharumkan nama bangsa bukan malah mau menjatuhkan Kepala Negaranya,"katanya.

Sebenarnya, tugas Polisi hanya mengamankan demo saja, agar tidak terjadi pemukulan terhadap Mahasiswa USU. Mungkin perbuatan salah seorang Mahasiswa yang tidak ingin menghentikan pemblokiran jalan di daerah Bundaran SIB, maka pihak Kepolisian mengambil sikap untuk melarang mereka. Dan akhirnya, disitulah terjadi debat terhadap Mahasiswa dengan Polisi, sehingga terjadi pemukulan,"ucap Boby Pangabean.

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto saat dikonfirmasi melalui via Whatsapp, Propam Polrestabes Medan yang akan mengecek kejadian di lapangan depan kantor DPRD Sumut.

Kemudian Propam Polrestabes Medan akan melakukan pengecekkan kejadian seperti apa. Karena Mahasiswa berdemo di depan kantor DPRD Sumut untuk menuntun kenaikkan harga BBM, sehingga terjadilah bentrokan antara Mahasiswa dengan Kepolisian. Mahasiswa juga  sempat menyandera mobil Patroli Lantas Polrestabes Medan. Makanya, saya sudah perintahkan Propam supaya mencari kebenarannya,"tegas mantan Wakapolda Sumut.(Arman)
  BeritaTerkait
  • Kapolda Sumut Perintahkan Kasus Penembakan Wanda Segera Diusut Prompam Polda Sumut

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Sumatera Utara (Sumut) melaporkan ke Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw terkait kasus Wanda Gunawan Pasa

  • Polisi Terlibat Narkoba, Kapolda Sumut Tegaskan untuk Dipecat

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Dalam bulan Agustus sampai September Polrestabes Medan dan BNNP Sumut menangkap tiga oknum Polisi. Ketiga oknum Polisi yang terlibat mengonsumsi Narkotika jenis sabu yakni :1

  • Mardiaz Khusin Dwihananto Kembali Bertugas di Sumut

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Perjalananerwira lulusan Akpol tahun 1993 ini berpengalaman bertugas di bidang Reserse, sudah sekian lama bertugas di Sumut. Setelah Mardiaz Khusin Dwihananto lulus dari Sespim Po

  • Polestabes Medan Ditunjuk Jadi Satker Zona Integritas Bebas KKN

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Kapolrestabes Medan Kombes Pol H Sandi Nugroho, SIK,SH,MHum bertindak sebagai Inspektur Upacara Penandatanganan Deklarasi Fakta Integritas dan Pencananangan Pembangunan Zona Inte

  • Kelompok Cipayung Plus Sumut Silaturrahmi dengan Irjen Drs. Paulus Waterpauw

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Kelompok Cipayung Plus Sumatera Utara yang terdiri dari HMI, PMII, GMNI, GMKI, IMM, HIMMAH, KAMMI bersilaturrahmi dengan Kapolda Sumatera Utara yang baru Irjen Drs. Paulus Waterp

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb