• Home
  • News
  • Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel Kunjungi Kampus di Medan
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 11 Januari 2017 21:34:00

Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel Kunjungi Kampus di Medan

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak

Medan (Pelita Batak) :
Kapolda Sumut Irjen Pol. Rycko Amelza Dahniel mengunjungi sejumlah kampus yang ada di Medan. Kampus yang dikunjungi Kapolda Sumut antara lain, Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut, Universitas Negeri Medan (UNIMED) dan Universitas Nomensen.

Dalam kunjungannya Kapoldasu turut didampingi Karo Ops Kombes Pol Imam Prakoso, Karo SDM Kombes Pol Adi Kuntoro, Dirintelkam Kombes Pol Dedy Kusuma Bakti, Dirpamobvit Kombes Pol Hery Subiansauri, Dirbinmas Kombes Pol M Seno Putro, Kabid Humas Kombes Pol Dra Rina Sari Ginting, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandi Nugroho, Koorspripim AKBP Catur.

Di Kampus USU Kapolda Sumut dan rombongan disambut Rektor USU Prof Runtung Sitepu didampingi sejumlah Wakil Rektor USU, Staf Ahli Bidang Akademik, serta Sekretaris Universitas.

Rektor USU Runtung Sitepu mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kapolda Sumut dan rombongan. Rektor juga memberikan gambaran singkat tentang Universitas USU yang memiliki 15 Fakultas, 159 Program Studi dengan jumlah dosen sebanyak 1570 orang."Kita sampaikan pula kepada Bapak Kapolda terkait beberapa asset USU diantaranya Lahan Kampus USU di Kuala bekala dan Perkebunan di Langkat." kata Runtung.

Kapolda Sumut juga menyampaikan rasa terima kasihnya dengan sambutan yang diberikan Rektor beserta Wakil. "Tujuan kedatangan kami kesini adalah untuk mempererat silaturahmi serta ingin membuka komunikasi yang lebih intens untuk mencapai tujuan bersama," ucap Irjen Rycko.

Rycko sempat menjelaskan sejarah berdirinya PTIK yang merupakan kampus tertua di Indonesia dan sebagai perguruan tinggi pertama yang mengajarkan Study Ilmu Kepolisian didunia."PTIK dibangun oleh founding father Polri pada tanggal 17 Juni 1946 dan merupakan kampus tertua di Indonesia. Pada dies natalis ke 69 yang jatuh tanggal 17 juni 2016 yang lalu, Ilmu Kepolisian sudah diakui sebagai ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu jika dberikan waktu maka saya ingin memberikan kuliah umum tentang ilmu kepolisian yang dapat dikaitkan dengan proses demokrasi," ucapnya.

Dalam pertemuan itu juga dibahas rencana kerjasama dibidang penelitian identifikasi dan inventarisir berbagai sumber konflik sosial di Sumut. Untuk selanjutnya, berdasarkan hasil penelitian bersama tersebut dapat diberikan saran dan solusinya kepada para pemangku kepentingan di Sumut.

Hal ini dilakukan untuk dapat melihat dan mengantisipasi lebih awal potensi ancaman kriminal dan konflik yang ada di Sumut.
Pertemuan diakhiri dengan tukar menukar cindera mata dan plakat serta penyerahan Buku Ilmu Kepolisian dari Kapolda Sumut.

Kapoldasu dan rombongan kemudian bergerak ke Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut, Universitas Negeri Medan (UNIMED) dan Universitas Nomensen. Kapoldasu dan rombongan diterima Rektor, sejumlah Wakil Rektor, para Dekan Fakultas serta Direktur Paskah Sarjana.  

Secara keseluruhan, Para Rektor dan Wakil Rektor menyambut baik kedatangan Kapolda Sumut. Diharapkan kegiatan silaturahmi tersebut dapat dilakukan secara berkala dalam upaya membangun pendidikan di Sumut.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Dra Rina Sari Ginting mengatakan, kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi dan kerjasama dalam membangun dunia pendidikan khususnya di Sumut. "Polda Sumut dan sejumlah kampus di Medan melakukan penawaran kerjasama di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat," ungkap Rina.

Ia mengatakan, Polda Sumut dan USU juga akan mengadakan kerjasama dibidang pendidikan untuk membuka kelas bagi Polisi yang belum memiliki gelar sarjana khususnya penyidik untuk belajar di Fakultas Hukum. "Kapolda Sumut juga menawarkan diri untuk memberikan kuliah umum terkait Ilmu Kepolisian kepada Mahasiswa USU. Rencana kerjasama dan kuliah umum bagi Mahasiswa tersebut disambut baik oleh Rektor USU dan direncanakan dalam waktu dekat akan dibuat perjanjian kerjasama atau MOU," katanya. (TAp/Bt)

  BeritaTerkait
  • Kunjungi Sumut, Iriana Jokowi Menortor Bersama Anak-anak PAUD

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama ibu Mufidah Jusuf Kalla mengunjungi Kabupaten Deli Serdang dan Kota Medan Provinsi Sumatera Utara dengan sejumlah rangkaian kegiatan, Rabu (2/11).

  • Konsolidasi Kepemimpinan Polri dan Makna Reformasi Polri Terhadap Nawacita

    tahun lalu

    Oleh : Firman Jaya Daeli (Mantan Tim Perumus UU Polri Dan Anggota Komisi Politik & Hukum DPR-RI)Institusi Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Pol. Prof. Tito Karnavian, MA, Ph.D sudah sem

  • "Politik Kenegaraan Berbasis Pengabdian"

    3 bulan lalu

    SEBUAH Seminar Nasional berlangsung di Kota Salatiga, Jateng, Selasa, 30 Juli 2019. Seminar bertemakan "Politik Kenegaraan Berbasis Pengabdian", yang berlangsung atas Kerjasama Perguruan Tinggi UKSW (

  • Pernah Jadi Ajudan SBY, Kapolri Tunjuk Rycko Amelza Dahniel Pimpin Polda Sumut

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian memutasikan jabatan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) dari Irjen Pol Raden Budi Winarso kepada Irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel. Tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Jenderal

  • Irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel MSi Jabat Kapolda Sumut

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):<br></br> Irjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si, lahir di Bogor, Jawa Barat , 14 Agustus 1966. Kini sudah dijadikan sebagai tokoh Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Sejak Oktober 2016, ia menjabat sebagai Kepa

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb