• Home
  • News
  • Kapolda Sumut Hadiri Pesparani Tapteng
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 18 Oktober 2018 16:44:00

Kapolda Sumut Hadiri Pesparani Tapteng

BAGIKAN:
Arman|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto bersama pejabat utama menghadiri pembukaan Pesparani (Pesta Paduan Suara Gereja ini  Katolik) Katolik Tapanuli Tengah 2018 di Komplek Gereja Paroki Santo Yosef Pandan.

Kehadiran orang nomor satu di Polda Sumut disambut Uskup Agung Medan sekaligus Administrator Apostolik Keuskupan Sibolga Mgr. Anicetus B Sinaga, Kamis (18/10).

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan kehadirannya ke Kabupaten Tapanuli Tengah merupakan Kunjungan Kerja (Kunker). Ia juga melihat kemajemukan antar umat beragama ada di Kab Tapteng - kota Sibolga.

Saya melihat toleransi antar umat beragama sangat kuat di daerah ini. Saya harap ini terus berlangsung dan jadi nilai yang baik dalam menjaga NKRI,"katanya.

Pembukaan Pesparani diawali dengan tarian Tor Tor yang disaksikan ratusan undangan.

Keuskupan Agung sekaligus Administrator Apostolik keuskupan Sibolga Mgr Anicetus B Sinaga Of M Cap dalam sambutannya menyampaikan sangat berterimakasih kepada Kapolda Sumut yang hadir dalam pembukaan Pesparani 2018 yang sekaligus menyaksikan penandatanganan pembangunan Katolik Center di Komplek Gereja Katolik Paroki Santo Yosef Pandan. 

Anicetus Sinaga melihat kerukunan umat beragama di Sumut sudah terjalin lama dan toleransi ini harus tetap dijaga.

Saya tidak pernah khawatir dengan agama lain, karena mereka bagian dari saudara kita dalam membangun dan menjaga NKRI,"ucapnya.

Ia bercerita, pernah suatu ketika ada pembangunan gereja di Tapteng, pembangunan tersebut dibantu dan dikawal oleh umat Islam, dimana kunci gereja pertama kali diserahkan oleh wanita berhijab dan bercadar. Itu menandakan bahwa semua umat beragama di Indonesia ingin Indonesia damai, aman dan sejahtera.

Di Sumut ini semua agama bersaudara, jadi jangan ada yang merusak nilai - nilai persaudaraan tersebut," terang Uskup Agung.

Sementara itu, Bupati Tapanuli Tengah Ahmat Bachtiar Sibarani menambahkan kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang sudah hampir 20 tahun tak pernah dilakukan. 

Pemkab Tapteng sangat berkomitmen untuk bekerjasama dengan semua tokoh agama yang diakui dalam tataran Hukum di NKRI. "Saya juga akan memberikan bantuan 500 juta untuk kegiatan umat Katolik dalam pembangunan gedung Katolik center," ujarnya.

Usai membuka Pesparani, Agus beserta rombongan meninggalkan lokasi menuju bandara Pinang Sori untuk mengikuti kegiatan selanjutnya memberikan bantuan kepada warga Tapteng.(Arman)
  BeritaTerkait
  • Dihadapan Pelajar Tapanuli Tengah, Jokowi Minta Bantuan KIP Tidak Untuk Beli Pulsa

    2 tahun lalu

    Tapanuli Tengah (Pelita Batak) : Dalam kunjungan kerja di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan menyerahkan bantuan Kartu Ind

  • Gubernur Hadiri Apel Gelar Pasukan Sambut Presiden di Medan

    3 tahun lalu

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengajak pengusaha dan milyarder Sumut untuk memanfaatkan Tax Amnesti untuk membangun kekuatan perekonomian di Sumut. Pertumbuhan ekonomi di Sumut akan berdampak positif atas pertumbuhan ekonomi

  • Ketua Yayasan Sopo Marpingkir Turut Hadiri Pesta Syukuran Awal Tahun HKBP Distrik X Medan Aceh

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Ketua Yayasan Sopo Marpingkir HKBP, Edwin P. Situmorang SH., MH., menghadiri pesta syukuran awal tahun HKBP Distrik X Medan Aceh tahun 2019 dilaksanakan di HKBP Sei Putih Jalan Ra

  • Gubernur akan Bentuk Satgas Penanggulangan Narkoba Terpadu

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi mengapresiasi kinerja polisi dan BNN dalam hal memberantas narkoba khususnya di Sumatera Utara.

  • Pasca Pilkada, Gubernur Minta Paslon Jaga Situasi Terutama Saat Proses Penghitungan Suara

    2 tahun lalu

    Tapanuli Tengah (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel meninjau pelaksanaan pemungutan suara di Tapanuli Tengah

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb