• Home
  • News
  • Kabupaten Nias Minim Calon Panwaslih, Pendaftaran Diperpanjang
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 05 Juli 2017 17:52:00

Kabupaten Nias Minim Calon Panwaslih, Pendaftaran Diperpanjang

BAGIKAN:
ist|PelitaBatak
Medan (Pelita Batak) :
Masa pendaftaran calon Panwaslih untuk Kabupaten Nias diperpanjang. Hal ini disebabkan peminat untuk menjadi panwaslih di kabupaten tersebut sangat minim.

Hal itu disampaikan Tim seleksi calon anggota panitia pengawas pemilih (panwaslih) kabupaten/kota se Sumatera Utara. "Hingga penutupan pendaftaran sampai pada pemeriksaan berkas yang kita lakukan pada hari ini, jumlah pendaftar untuk di Kabupaten Nias belum memenuhi kuota yakni hanya 7 pendaftar saja," kata Sekretaris Timsel Calon Panwaslu Kaupaten/Kota untuk wilayah III, Faisal Mahrawa kepada wartawan, Rabu (5/7/2017).

Dijelaskan, perpanjangan masa pendaftaran ini akan berlangsung sesuai dengan jadwal yang sudah disusun sebelumnya yakni pada 3 Juli hingga 7 Juli 2017 mendatang. Mereka berharap kuota minimal calon panwaslu akan tercukupi selama perpanjangan masa pendaftaran tersebut.

"Idealnya minimal ada 12 orang yang ikut mendaftar, sebab nantinya akan diseleksi hingga menghasilkan 6 nama yang akan diajukan kepada Bawaslu Sumut," ujarnya.

Tim seleksi akan mengumumkan hasil pemeriksaan berkas kelengkapan seluruh calon anggotan panwaslih yang sudah mendaftar nantinya. Yang dinyatakan lulus berkas akan mengikuti ujian tertulis yang akan digelar pada 3 lokasi sesuai wilayah pembagian kabupaten/kota tempat mereka mendaftar.

wilayah I yakni Medan, Deli Serdang, Binjai, Tebing Tinggi, Serdang Bedagai, Pematangsiantar, Karo, Dairi, Langkat, Simalungun dan Pakpak Bharat akan digelar di Kota Medan.

Sedangkan untuk ujian calon panwaslih dari wilayah II meliputi  Asahan, Batubara, Labuhan Batu, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu Utara, Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawasn Utara, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan dan Tanjung Balai, akan digelar di Kota Rantau Prapat.

Kemudian ujian calon panwaslih dari wilayah III meliputi Humbang Hasundutan, Nias, Nias Barat, Nias Utara, Nias Selatan, Samosir, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Gunung Sitoli dan Sibolga akan digelar di Kota Sibolga.

"Soal ujian akan langsung dibawa dari Bawaslu RI, sehingga kami dari tim seleksi hanya mengawasi saja proses ujian tertulis tersebut," demikian Faisal Mahrawa.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Ini Dia 130 Perda yang Telah Dicabut di Sumatera Utara

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak): Pemerintah memberi perhatian serius terhadap peraturan daerah (perda) yang bertentangan dengan aturan yang di atasnya dan yang menghambat investasi. Telah dihapus 3.143 perda.

  • Ini Parpol yang Bisa Usung Calon KDH di Pilkada

    2 tahun lalu

    Dalam UU ini diatur antara lain, bahwa Partai Politik yang dapat mendaftarkan pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, dan Walikota/Wakil Walikota merupakan Partai Politik yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Bima Sakti Simanjuntak Pimpin N4J Tobasa

    4 minggu lalu

    Balige (Pelita Batak):Ketua Umum DPP Nusantara Untuk Jokowi (N4J), Dr RE Nainggolan MM melantik dan mengukuhkan kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) N4J Kabupaten Tobasa, Jumat (24/08/2018). Selur

  • Ephorus Hadiri Wisuda: STT HKBP Pematangsiantar Adalah Anak Emas

    2 minggu lalu

    Pematangsiantar(Pelita Batak): Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing menghadiri dan memberikan bimbingan pastoral di acara Wisuda STT HKBP Pematangsiantar,  Jumat 7 September 2018.&nbs

  • Jokowi: Listrik, Bandara dan Ringroad Proritas Nias

    2 tahun lalu

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Hj. Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja perdana di Kepulauan Nias, Jumat (19/8/2016). Jokowi juga didampingi sejumlah pejabat negara antara lain,  Menteri Sekreta

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb