• Home
  • News
  • KPU akan Seleksi Dukungan Ganda Saat Verifikasi Faktual
Sabtu, 23 September 2017 14:22:00

Pilkada 2018

KPU akan Seleksi Dukungan Ganda Saat Verifikasi Faktual

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Benget Silitonga
Medan (Pelita Batak) ;
Proses Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018 akan dimulai sejak November 2017. Khususnya untuk pasangan calon yang menyatakan maju dari jalur independen atau perseorangan.

Pasangan calon perseorangan atau tanpa partai politik dipastikan harus mengumpulkan dukungan yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk pendukung sebanyak 764.571 pemilih.

Dari jumlah tersebut, kata Komisioner KPU Sumut Divisi Teknis ir Benget Silitonga, tidak boleh ada yang ganda secara internal maupun eksternal. Jika hal itu terjadi, maka dukungan tersebut akan diuji saat verifikasi faktual. Hal itu dijelaskannya pada saat sosialisasi Persiapan Pelaksanaan Tahapan Penyerahan Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumut tahun 2018 di Le Polonia, Medan, sabtu (23/9/2017).

Dipastikan, bahwa KPU akan menguji dukungan ganda ketika melakukan verifikasi faktual. KPU Juga menggunakan sistem pengujian melalui aplikasi Silon. "Maka itu, kita nanti akan meminta setiap pasangan bakal calon perseorangan untuk menunjuk operator untuk kami latih mengerjakan aplikasi Silon melalui input data yang terkoneksi dengan sistem aplikasi tersebut," ujarnya.

Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, penyerahan dukungan bagi pasangan bakal calon dari jalur perseorangan dilaksanakan pada 22-26 November 2017 dalam bentuk Silon. Selanjutnya akan dilakukan verifikasi faktual pada 12-25 Desember 2017. "Jika nantinya di dalam verifikasi faktual ditemukan adanya dukungan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sehingga mengurangi syarat pencalonan maka Balon masih bisa mendaftar dengan syarat akan memenuhi jumlah dukungan yang TMS itu dua kali lipat pada masa perbaikan," kata Benget.

Misalnya bakal calon A kekurangan dukungan 220 suara maka Balon itu harus mempersiapkan 440 dukungan dimana masa perbaikan itu 8-10 Januari 2017.

Sebelumnya Sosialisasi dibuka oleh Ketua KPU Sumut Mulya Banurea didampingi Komisioner KPU Ir Benget Silitonga, Kabag Teknis Maruli Pasaribu dan jajarannya serta diikuti oleh puluhan peserta sosialisasi.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sumut Mulya Banurea mengatakan tujuan sosialisasi adalah untuk menyebarluaskan informasi tentang Peraturan Komisi Pemilihan umum Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Serta turunannya tentang KKPU Provinsi Sumut Nomor 86/HK.03.1-Kpt/12/Prov/VIII/2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018.

Sekretaris KPU Sumut DR Abd Rajab Pasaribu, Kabag Teknis dan Hupmas Maruli Pasaribu, Kasubag Humas Harry Dharma MSi, perwakilan sejumlah Tim Sukses (TS) diantaranya, Job Purba mewakili Abdon Nababan, Willy Pratama mewakili Irjen Pol Purn Wisnu Amat Sastro dan Zul Fadly Lubis mewakili Syamsul Arifin (TAp)
  BeritaTerkait
  • Ini Parpol yang Bisa Usung Calon KDH di Pilkada

    tahun lalu

    Dalam UU ini diatur antara lain, bahwa Partai Politik yang dapat mendaftarkan pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, dan Walikota/Wakil Walikota merupakan Partai Politik yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Maju Balon Perseorangan, Tidak Dibenarkan Pindah ke Parpol

    4 minggu lalu

    Medan (Pelita Batak):Dengan tegas, disamppaikan bahwa pasangan calon yang menyatakan maju jalur independen atau perseorangan, dan telah mengikuti tahapan awal nantinya, tidak dibenarkan kemudian menda

  • 27 Agustus di Open Stage Tuk Tuk Siadong Digelar Samosir Music International Austrian Batak Rock

    tahun lalu

    Austrian Batak Rock, merupakan suatu nama yang diciptakan untuk menggambarkan jenis pagelaran musik konser yang akan diadakan di Tuk Tuk Samosir, pada bulan Agustus ini. Secara tidak langsung penyebutan itu, telah mengesankan bahwa akan mendatangkan arti

  • Enam Siswa SMP Santo Thomas-I Wakili Sumut ke Manado

    tahun lalu

    Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi menerima kunjungan enam siswa SMP Santo Thomas-I Medan, Jumat (26/8/2016) di rumah dinas Wali Kota Medan. Kunjungan ini dalam rangka mengikuti festival lomba seni tingklat nasional yang digelar Kementerian Pendi

  • AJI: Verifikasi Media Oleh Dewan Pers Jangan Ancam Kebebasan Pers

    8 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak) :Rencana Dewan Pers mengumumkan sejumlah media yang telah lolos verifikasi administrasi dan faktual menuai kontroversi. Sedianya media yang sudah terverifikasi akan diumumkan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online