• Home
  • News
  • KPU Tapsel Uji Publik Pemetaan Dapil Pileg 2019, Peserta Dominan Usulkan Lima Dapil
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 13 Februari 2018 01:54:00

KPU Tapsel Uji Publik Pemetaan Dapil Pileg 2019, Peserta Dominan Usulkan Lima Dapil

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga
Uji publik pemetaan dapil

Tapsel (Pelita Batak) : Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapanuli Selatan menggelar uji publik pemetaan daerah pemilihan (dapil) Pemilu Legislatif tahun 2019 bertempat di aula hotel Sitamiang Padangsidimpuan, Senin 12 Februari 2018.

Uji publik ini merupakan kali ketiga digelar KPU kab Tapsel dalam rangka menyerap aspirasi pemangku kepentingan yaitu partai politik, tokoh masyarakat, tokoh adat, alim ulama, akademisi dan lainnya.

Hadir dan memberikan penjelasan pada uji publik tersebut empat dari lima komisioner KPU Tapanuli Selatan yaitu Rafika Nawari, Mustar Edy Hutasuhut, Sawaluddin Lubis dan Panataran Simanjuntak, Minus Potan Edy Siregar yang tengah berada di KPU Daerah Provinsi Sumatera Utara.

Terdapat 3 (draf) yang muncul yaitu dengan 6 (enam) dapil, 5 (lima) dapil dan 4 (empat) dapil.

Selain Partai Golongan Karya (Golkar), umumnya parpol yang telah lolos verifikasi mengusulkan opsi 5 (lima) dapil (dapil lama) dengan jumlah 35 kursi DPRD Kabupaten.

Adapun parpol yang hadir diantaranya PDI Perjuangan, partai Demokrat, Gerindra, PKB, PBB, Nasdem, PPP, PAN, Hanura, PKS, Perindo, Berkarya, PSI, PKPI dan partai Garuda. 

Komisioner KPU Sawaluddin Lubis mengatakan ada tujuh butir prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam draft usulan penataan Dapil dan alokasi kursi DPRD Tapanuli Selatan tersebut. 

Menurutnya sebelum ditetapkan semua draft hasil uji publik penataan Dapil dan alokasi kursi DPRD 2019 itu akan dikirimkan ke KPU Provinsi Sumatera Utara untuk diteruskan ke KPU Pusat.

Sementara berdasarkan data agregat kependudukan pada Pemilu 2019 di seluruh 14 kecamatan se Tapanuli Selatan tercatat jumlah penduduknya 303.428 jiwa sehingga alokasi kursi DPRD Kabupaten sebanyak 35 kursi yang sebelumnya hanya 30 kursi atau bertambah sebanyak 5 kursi. (Saut Togi Ritonga)

  BeritaTerkait
  • 8.669 Suara Satu Kursi DPRD Tapsel

    12 bulan lalu

    Tapsel ( Pelita Batak ) : Estimasi untuk menjadi anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan didasari Bilangan Pembagi Penduduk Daerah (BPPD) sebesar 8.669 suara pada pemilu yang akan berlangsung pada 201

  • PSI Yakin Rebut 10 Kursi di DPRD Medan

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Partai Solidaritas Indonesia (PSI) kini menjadi sorotan publik. Debut perdana pada Pemilu 2019 mendatang, PSI banyak mendaftarkan para Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) dar

  • 1.120 Bacaleg Mendaftar ke NasDem Sumut

    9 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sumatera Utara (Sumut) tengah melakukan wawancara terhadap Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang akan maju pada Pemilihan Legislatif 201

  • PDI Perjuangan Tapsel Gelar Rakorda Pemenangan Pilpres Dan Pileg 2019

    2 bulan lalu

    Sipirok (Pelita Batak): Struktural, kader dan simpatisan Partai Demokrasi Indonesia di Kabupaten Tapanuli Selatan diharapkan berbaur dengan masyarakat mengetahui kondisi, keluhan, harapan dan  k

  • Mendaftar Bacaleg DPRD Medan ke Partai Demokrat, Maju Manalu : Saatnya Kaum Profesional Memperbaiki Keadaan

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang, menarik minat sejumlah tokoh muda di kota Medan untuk ambil bagian. Mereka di antaranya Drs Maju Manalu, Dr Lily Siregar, Hari Darmawa

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb