• Home
  • News
  • KPU Tapsel Layani Pindah Memilih Hingga 17 Februari
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 12 Februari 2019 13:27:00

KPU Tapsel Layani Pindah Memilih Hingga 17 Februari

BAGIKAN:
IST|pelitabatak

Tapsel (Pelita Batak) :

Mengurus pindah memilih tidak lagi harus di daerah asal, namun pengurusannya dapat dilakukan di daerah tujuan, Sehingga pemilih tidak harus pulang kampung untuk mengurus pindah memilih dan untuk itu KPU Tapsel siap melayani sampai tanggal 17 Februari 2019.

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Tapsel Efendi Rambe, Senin 11 Februari 2019 mengatakan hal itu berdasarkan PKPU nomor 37 tahun 2018, perubahan atas PKPU nomor 11 tahun 2018 dan petunjuk teknis (juknis) penyusunan daftar pemilih khusus dan daftar pemilih tambahan, nomor 227/PL.02.1-kpt/01/KPU/I/2019, KPU Tapanuli selatan, melayani pindah memilih paling lambat tanggal 17 Februari 2019.

Dijelaskan nya, jika seseorang pindah memilih, maka surat suara yang diterima oleh pemilih di TPS tujuan tidak sama dengan surat suara yang diterima apabila menggunakan hak pilih di TPS asalnya. Jadi tergantung asal seseorang itu pindah memilh.

"Contoh, untuk surat suara DPR RI, apabila pindah memilih dari luar Dapil Sumut 2 yaitu 19 Kabupaten dan Kota, maka dipastikan tidak dapat memilih DPR RI, misalnya warga Kota Medan pindah memilih ke Sipirok, maka surat suara DPR RI tidak diterimanya lagi karena sudah beda daerah pemilihan (Dapil)," terangnya.

Dirincikan, seperti contoh lain, apabila warga Kelurahan Pasar Sipirok, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel pindah memilih ke Sigalangan Batang Angkola, Kabupaten Tapsel, maka surat suara DPRD Kabupaten tidak dapat digunakan si pemilih, karena sudah beda daerah pemilihan (Dapil).

Intinya adalah apabila pindah memilih masih dalam daerah pemilihan yang sama, maka surat suaranya sama seperti bila memilih di Tps asal.

Diutarakan, selain layanan pindah memilih, KPU Tapsel beserta jajarannya juga tetap memperhatikan warga yang sama sekali belum terdaftar didalam DPT. 

Dimana, warga yang tidak terdaftar di DPT manapun akan dimasukkan ke dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) sesuai dengan domisili KTP elektronik yang bersangkutan dengan syarat, harus memiliki KTP elektronik atau Surat Keterangan (Suket) dari Dinas Catatan Sipil Daerah Tapsel.(Saut Togi Ritonga)

  BeritaTerkait
  • Sebelumnya Diancam Demo, Bupati Tapsel Diminta Pindah Ke Sipirok

    tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Walau perkantoran pemerintah kabupaten Tapanuli Selatan telah berada di Dano Situmba Kecamatan Sipirok, namun hingga kini Bupati Tapanuli Selatan masih mendiami rumah

  • Menelusuri Liku-liku Jalan di Bonapasogit dan Merajut Semangat Leluhur

    2 tahun lalu

    Pulang ke kampung saya, Sigolang di lereng pebukitan Bukit Barisan di deretan Tapanuli Selatan sangat berkesan. Keberangkatan kali ini, diawali dihari Kamis, tanggal 27 April 2017 dengan bangun san

  • Teologi dan Bahasa Figuratif: "Pendeta Representasi Figur Kristus"? (Bagian Ketujuh)

    2 tahun lalu

    Oleh: Pdt. Dr.  J.R. HutaurukIV. Apa Artinya "Pendeta Representasi Figur Kristus"?1. Kemajemukan Jabatan:  Pendeta pada Urutan KeempatJabatan gerejawi di HKBP adalah beragam, bukan manunggal

  • Dewan Mangaraja Adat Batak dan Lembaga Adat Budaya Batak Berdiri, Catat Sejarah Baru

    8 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Terbentuknya Dewan Mangaraja Adat Batak (DMAB) dan Lembaga Adat Budaya Batak (LABB), menjadi catatan sejarah baru bagi masyarakat Batak di Indonesia, bahkan Mancanegara. Be

  • Peran Politik Warga dan Pelayan HKBP Tinjauan Perspektif Alkitabiah 2

    5 bulan lalu

    Oleh Pdt Dr. Robinson Butarbutar, Ketua Rapat Pendeta HKBPII. Peran politis warga HKBP: Tinjauan AlkitabiahA. Luasnya ruang tinjau, pembatasan bahasSecara defenisi apa yang dikandung dalam kata politi

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb