• Home
  • News
  • KPU Jangan Larut Seremoni, Warga 'Masih Buta' Pilgubsu
KSP Makmur Mandiri
Senin, 30 April 2018 16:59:00

KPU Jangan Larut Seremoni, Warga 'Masih Buta' Pilgubsu

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Minimnya warga yang mengetahui jadwal pencoblosan Pilgubsu 2018 di Sumatera Utara perlu menjadi perhatian khusus bagi KPU Sumatera Utara. Berbagai upaya untuk mendongkrak langsung pengetahuan masyarakat tentang agenda politik lima tahunan tersebut menjadi hal yang harus segera dilakukan mengingat hari pencoblosan tidak lebih dari 2 bulan kedepan.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumatera Utara, Muchri Fauzy Hafiz terkait hasil data hasil survey Lingkaran Survey Indonesia (LSI) medio 11-15 April 2018 lalu yang menyebutkan bahwa hanya 49 persen dari pemilih yang mengetahui jadwal pencoblosan Pilgubsu 2018.

"Hasil survey ini harus jadi salah satu pertimbangan guna evaluasi program yang dilakukan oleh KPU Sumut," katanya, Senin (30/4).

Muhri menjelaskan, titik persoalan atas minimnya pengetahuan masyarakat terhadap jadwal Pilgubsu 2018 ada pada KPU Sumatera Utara. Hal ini karena kewenangan dalam sosialisasi termasuk kampanye pasangan calon, sepenuhnya sudah diatur menjadi kewenangan mereka sesuai aturan UU Pemilu. Dalam hal inilah ia meminta agar KPU Sumatera Utara tidak lagi terfokus pada acara yang sifatnya seremonial, melainkan langsung turun melihat persoalan yang menyebabkan minimnya pengetahuan masyarakat tentang Pilgubsu 2018 tersebut.

"Kalau masih berkutat pada acara seremonial, saya sangat pesimis KPU Sumut akan mampu meningkatkan partisipasi," ujarnya.

Salah satu cara yang tepat menurut Muhri adalah dengan memaksimalkan peran media massa dalam sosialisasi. Namun hal ini menurutnya tidak lagi dalam tataran kegiatan ceremonial melainkan publikasi yang sifatnya on the spot alias dari titik persoalan, sebab pelibatan media dalam tataran ceremonial seperti pembekalan media terkait aturan dan bentuk partisipasi dalam pemilu merupakan tataran yang dari sisi waktu tidak lagi efisien.

"Saya dengar ada media gathering di Mickey Holiday. Kegiatan ini saya kira tujuannya baik, namun dari sisi waktu menurut saya kegiatan seperti ini harusnya jauh hari diawal tahapan Pilgubsu 2018. Kalau sekarang tidak tepat lagi mengingat yang diperlukan saat ini aksi langsung, bukan lagi pada tataran pembekalan materi lagi sifatnya," demikian Muhri.(TAp)

  BeritaTerkait
  • Rindukan Perubahan, Doa Lintas Gereja Digelar untuk Kemenangan Djarot-Sihar

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):200 pendeta dari lintas gereja di Medan hingga Belawan yang selama ini tergabung dalam Sahabat dr Sofyan Tan (ST) berkomitmen memenangkan pasangan Calon Gubernur Sumut Djarot Saif

  • Ini Pendapat Ephorus Emeritus HKBP Pdt JR Hutauruk tentang Pdt Robinson Butarbutar

    2 tahun lalu

    Sipoholon (Pelita Batak) :<br></br> Emeritus Ephorus HKBP (Periode 1998-2004) Pdt Dr JR Hutauruk meminta kepada seluruh warga jemaat dan para calon untuk tetap menjaga semangat kedamaian serta persatuan HKBP dalam melaksanakan Sinode Godang d

  • Khotbah Evangelium Minggu XXIII Dung Trinitatis 19 Nopember 2017 Teks: Zephania 1: 7, 12-18 "Bersiaplah Menyambut Hari Tuhan"

    10 bulan lalu

    Oleh: Pdt Dr Robinson Butarbutar, Parsamean STT-HKBP Pematangsiantar. 1.Bagi komunitas orang-orang yang percaya kepada Allah yang tidak hanya menciptakan umat manusia tetapi  juga menuntunny

  • Ketua FKUB Sumut, Maratua Simanjuntak : Demo Harus Damai, Jangan Sampai Masyarakat Antipati

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumut sebagai salah satu lembaga pemerintah yang menangani kondusifitas umat beragama di Sumut, menganjurkan warga kaum muslimin yang nantinya akan ikut berunjuk rasa menuntut penegakan hukum

  • Gas Bersubsidi Langka, Pemko Padangsimpuan Dituding Tak Peduli

    tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Kelangkaan gas bersubsidi 3 kg di Kota Padangsidimpuan tampaknya menjadi bukti kebenaran penilaian kinerja pelayanan pemda masuk sepuluh besar terendah pemerintahan ko

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb