• Home
  • News
  • Jelang Bulan Puasa, Produksi Cabai Merah Tapanuli Utara Malah Menurun
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 03 Juni 2016 13:22:00

Jelang Bulan Puasa, Produksi Cabai Merah Tapanuli Utara Malah Menurun

BAGIKAN:
www.tipsberkebun.com
Cabai Merah
Tarutung (Pelita Batak):
 
Produksi cabai merah di Kabupaten Tapanuli Utara mulai mengalami penurunan akibat sejumlah faktor mendasar.
 
Menurut Kepala Badan Penyuluhan Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Kehutanan Pemkab Taput, Sondang EY Pasaribu, penurunan jumlah produksi tersebut terpantau jelas dari pelaksanaan lelang komoditas pertanian yang digelar di Siborongborong.
 
“Produksi cabai merah, saat ini mengalami penurunan. Hal tersebut terjadi karena berbagai faktor,” jelas Pasaribu, seperti dikutip dari antarasumut.com, Rabu 1 Juni 2016.
 
Disebutkan, faktor pertama penyebab penurunan jumlah produksi tersebut disebabkan oleh faktor cuaca dengan curah hujan yang cukup tinggi di seluruh wilayah Taput sehingga mengakibatkan penurunan kuantitas dan kualitas cabai.
 
“Selanjutnya, pelaksanaan panen padi sawah di sebahagian besar wilayah Taput, juga menjadi salah satu faktor. Sebab, tentu saja waktu untuk memanen cabai merah menjadi tersita,” ujarnya.
 
Namun, kata dia, alasan mendasar yang mengakibatkan penurunan produksi adalah rentang waktu panen cabai merah yang sudah sebulan berlalu. Sebab, panen puncak atas komoditas pertanian tersebut terjadi pada bulan April 2016.
 
“Itu merupakan alasan mendasar, dimana imbasnya secara langsung terlihat pada pelaksanaan pasar lelang cabai merah di Siborongborong yang hanya membukukan jumlah produksi cabai sebanyak 652,5 Kg,” terangnya.
 
Kepala Kantor Ketahanan Pangan Pemkab Taput, Sofian Simanjuntak juga mengungkapkan hal senada terkait penurunan produksi cabai merah yang terjadi di Tapanuli Utara.
 
"Penurunan jumlah produksi Cabai merah saat ini murni karena masa produksi cabai sudah menurun, namun begitu kegiatan pertanaman baru sedang marak saat ini.  Dari kondisi lapangan diperkirakan akhir Juni 2016 ini petani cabai sudah akan mulai panen kembali," tukasnya.(PB2)
 
  BeritaTerkait
  • Jelang Puasa, Penimbun Sembako Ditindak Tegas

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Jelang masuki bulan suci Ramadhan akhir Mei mendatang, pemerintah melakukan antisipasi terjadinya lonjakan harga bahan pokok yang kerap memberatkan masyarakat setiap kali m

  • Jamin Stok Sembako, Wali Kota Himbau Warga Tidak Belanja Berlebihan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Dalam rangka menghadapi bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi selaku Dewan Ketahanan Pangan Kota Medan menghimbau  

  • Rendang Kangkung Ala Gubsu Pada Peringatan Hari Pangan Sedunia

    2 tahun lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak) :Rendang daging, ayam dan telur mungkin sudah biasa didengar. Namun, kaliini, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mencoba memasak rendang kangkung.Tengku Erry

  • Stok Bahan Pokok Diklaim Cukup Selama Ramadhan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Jelang memasuki bulan suci Ramadhan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengunjungi lokasi pasar tradisional dan modern di Kota Medan, Rabu (16/5/2018). Dari panta

  • Menelusuri Liku-liku Jalan di Bonapasogit dan Merajut Semangat Leluhur

    3 tahun lalu

    Pulang ke kampung saya, Sigolang di lereng pebukitan Bukit Barisan di deretan Tapanuli Selatan sangat berkesan. Keberangkatan kali ini, diawali dihari Kamis, tanggal 27 April 2017 dengan bangun san

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb