• Home
  • News
  • Jelang Akhir Tahun, Ini Harga Sembako di 53 Titik Pasar Murah
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 02 Desember 2016 19:36:00

Jelang Akhir Tahun, Ini Harga Sembako di 53 Titik Pasar Murah

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Wali Kota Medan meninjau titik pasar murah

Medan (Pelita Batak) :
Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi membuka 53 titik pasar murah yang dipusatkan di Lapangan Sepakbola Jalan Beringin, Kelurahan Helvetia, Kecamatan Medan Helvetia, Kamis (1/12/2016). Pasar murah ini digelar dalam rangka membantu  umat Kristiani yang kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok yang berkualitas dengan harga terjangkau dalam rangka menyambut Hari Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Pasar murah ini berlangsung selama 10 hari, dimulai 1 sampai 10 Desember 2016. Ada 8 jenis bahan pokok yang dijual yakni beras, gula, tepung terigu, telur, mentega, kacang tanah, minyak goreng serta sirup. Umumnya kedelapan bahan pokok itu dijual dengan hArga lebih murah dari pasaran karena telah disubsidi Pemko Medan. Karenanya kehadiran pasar murah ini mendapat apresiasi penuh dari umat Kristiani yang bermukim di Kecamatan Medan Helvetia.

Menurut Wali Kota, pengadaan pasar murah ini juga merupakan salah satu upaya Pemko Medan dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, termasuk menjalankan salah satu tugas pemerintah yakni menjaga stabilitas harga,  terutama 9 bahan kebutuhan pokok sehingga terjangkau sesuai dengan daya beli masyarakat.

Melalui pengadaan pasar murah ini, Eldin pun berharap tingkat inflsi di Kota Medan dapat diminmalisir dampak dari kenaikan harga barang, terutama kebutuhan pokok jelang hari besar keagamaan. Dengan demikian  umat Kristiani yang kurang mampu dapat memenuhi kebutuhan pokoknya saat menyambut Hari Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Agar pelaksanaan pasar murah ini berlangsung lancar dan tepat sasaran, Eldin pun mengingatkan panitia penyelenggara dan pihak terkait, khususnya camat, lurah serta kepala lingkungan agar benar-benar berperan aktif dalam mengawasi dan mensuskeskan pelaksanaan pasar murah tersebut.

"Saya mau pelaksanaan pasar murah tepat sasaran dan bahan pokok yang dijual sesuai dengan harga yang telah disubsidi Pemko Medan, sehingga umat Kristiani yang kurang mampu dapat memenuhi bahan kebutuhan pokok yang berkualitas dengan harga terjangkau. Ini merupakan bentuk dan komitmen Pemko Medan dan menjadi program Medan rumah kita,” kata Wali Kota.

Pelaksanaan pasar murah ini, jelas Wali Kota,  terlaksana berkat dukungan Bulog serta distributor maupun produsen bahan pokok lainnya.  Eldin berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi sehingga lebih banyak lagi distributor yang terlibat dalam program sosial ini ke depannya. Sebab, kegiatan ini dapat dijadikan bagian dari program lingkungan guna meringankan beban masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pokoknya.

Wakil Ketua DPRD Medan, Iswanda Nanda Ramli mengatakan, DPRD sangat sangat mengapresiasi digelarnya pasar murah ini. Sebab, kegiatan ini dinilainya sangat membantu umat Kristiani, terutama yang kurang mampu dalam menyambut Hari Natal dan Tahun Baru 2017. Selain itu kehadiran pasar murah ini juga mengandung pesan kebersamaan. “Kita  berharap agar pasar murah seperti terus dilaksanakan rutin setiap tahunnya sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya,” harap Iswanda.

Sementara itu Pdt Yohanes Purba mewakili masyarakat sekitar, mengucapkan terima kasih atas digelarnya pasar murah ini.  Dengan keberadaan pasar murah ini, Yohanses mengaku umat Kristiani, terutama dari kalangan kurang mampu yang bermukim di Kecamatan Medan Helvetia sangat terbantu.

"Tentunya keberadaan pasar murah ini sangat membantu umat Kristiani yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pokoknya. Apalagi  untuk memenuhi kebutuhan untuk merayakan Hari Natal dan Tanun Baru 2017. Untuk itu mewakili warga, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wali kota Medan,” ungkap Yohanes.        

Sebelumnya Plt Kadisperindag Kota Medan, Drs Mussadad dalam laporannya menjelaskan, tujuan digelarnya pasar murah ini untuk membantu masyarakat sejahtera dan prasejahtera untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam  untuk menyambut Hari Natal dan Tahun Baru 2017. Di samping itu berupaya mengendalikan tingkat inflasi di Kota Medan, mengingat harga kebutuhan pokok merangkak naik menjelang hari besar keagamaan.

"Pasar murah ini kita buka di 53 titik yang tersebar di 21 kecamatan Kota Medan umumnya lokasi pasar murah berada di lokasi tinggal masyarakat sejahtera dan prasejahtera khususnya wilayah mayoritas Umat Kristiani. Pasar Murah ini diharapkan dapat meminimalisir dampak kenaikkan harga menjelang hari besar keagamaan,” terang Mussadad.

Pembukaan pasar murah ini turut dihadiri Wakil Ketua DPRD, Iswanda Nanda Ramli, Dandim 02/01 BS, Kol Inf Maulana Ridwan serta perwakilan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan, pimpinan SKPD, camat, lurah, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda.

Usai pembukaan, Wali kota didampingi unsur FKPD selanjutnya melakukan penurunan harga 8 harga kebutuhan pokok yang ditawarkan. Beras IR-64 dijual Rp.8.800/kg, harga di pasaran Rp.10.300/kg. Gula yang pasir yang biasanya dijual Rp.14.000/kg menjadi Rp.10.175/kg, tepung terigu dijual Rp 6.080/kg (harga pasaran Rp.8.500/kg). Lalu, telur dijual Rp.1.000/butir (pasaran Rp.1400/butir), kacang kupas super Rp. 24.500/kg (harga pasaran Rp.26.000/kg).

Kemudian blue band 200 gram Rp.5.250/sachet (pasaran Rp.6.500/sachet), minyak goreng sania 1 ltr Rp.12.000/ltr (pasaran Rp.14.000/ltr), minyak  fortune 1 ltr Rp.11.300/ltr (pasaran Rp.13.000/ltr), minyak goreng madina 1 ltr Rp.11.000/ltr (pasaran Rp.13.000/ltr), sirup kurnia Rp.14.235/btl (pasaran Rp.16.000/ltr), pohon pinang super Rp.17.400/btl (pasaran Rp.23.000/btl),  dan pohon pinang fresh juice Rp.13.000/btl (pasaran Rp.16.000/btl).           

Selanjutnya sirup syukur raspberry Rp.13.400/btl (pasarann Rp.15.500/btl), sarang tawon standard quality  Rp.13.400 (pasaran Rp.16.000/btl), sarang tawon marquisa platinum Rp.11.150/btl (pasaran Rp.14.500/btl), sarang tawaon platinum (aneka rasa) Rp.11.150/btl (pasaran Rp.14.500/btl) dan sarang tawon raspberry lemonade Rp.13.900/btl (pasaran Rp.16.000/btl). (TAp)

  BeritaTerkait
  • Jelang Puasa, Penimbun Sembako Ditindak Tegas

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Jelang masuki bulan suci Ramadhan akhir Mei mendatang, pemerintah melakukan antisipasi terjadinya lonjakan harga bahan pokok yang kerap memberatkan masyarakat setiap kali m

  • Wali Kota Tinjau Operasi Pasar di Pasar Sei Sikambing

    10 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Pemko Medan bekerjasama dengan Perum Divre Bulog Sumut menggelar operasi pasar di Pasar Tradisionil Sei Sikambing Medan Jalan Gatot Subroto Medan, Rabu (6/12). Operasi pasar digel

  • Gubernur Sumut: Jaminan Keamanan Dan Ketersediaan Sembako, Listrik, BBM Cukup

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menyebutkan seluruh komponen masyarakat Sumatera Utara sangat menginginkan kondisi daerahnya senantiasa kondusif, aman dan terkendali.

  • PT TPL Gelar Pasar Murah di Tapsel

    tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : PT. Toba Pulp Lestari Tbk menyelenggarakan Pasar Murah Ramadhan di Kabupaten Tapanuli Selatan, Senin 19 Juni 2017.PT TPL salah satu perusahaan penghasil bubur kertas besar di I

  • Sambut Puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Ini 151 Titik Pasar Murah

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Pemko Medan menggelar pasar murah di 151 titik yang tersebar di 21 kecamatan yang ada di Kota Medan. Kehadiran pasar murah ini untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb